Connect with us

Market

Tokocrypto Market Signal 24 Agustus 2022: Kripto Gerak Sideways Menanti Sinyal The Fed

Published

on

Ilustrasi daftar 5 aset kripto bullish dan bearish pekan keempat Agustus 2022.

Pergerakan aset kripto pada Rabu (24/8) siang tampak naik tipis di zona hijau. Sejak awal pekan ini, gerak kripto tergolong sideways dengan rentang naik-turun yang tipis. Hal ini seakan membuktikan market belum menarik bagi investor.

Melansir situs CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB, dari 7 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar atau big cap kompak kumpul ke zona hijau dalam 24 jam terakhir. Nilai Bitcoin (BTC), misalnya naik tipis 0,29% ke US$ 21.337 per keping dan turun 11,35% selama seminggu terakhir.

Sementara, Ethereum (ETH) juga mulus naik 0,66% ke US$ 1.622 di waktu yang sama dan anjlok 14,60% sepekan terakhir. Solana (SOL), Cardano (ADA) dan Dogecoin (DOGE) juga alami penurunan harga masing-masing 1,44%, 0,12% dan 1,25%. Sejatinya, kenaikan tipis ini kemungkinan besar akan berlansung semu.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, melihat pola pergerakan kripto yang sempat naik dan turun dengan cepat membuktikan bahwa market belum stabil. Investor tampak tidak percaya diri melakukan akumulasi di tengah sentimen ekonomi yang masih negatif.

Market aset kripto ternyata tak mampu mempertahankan posisinya di zona hijau lebih lama. Pegerakan market yang cenderung membosankan ini sebenarnya sudah diprediksi. Pasalnya, penguatan harga aset-aset kripto hanyalah technical rebound. Sementara, situasi makroekonomi masih kurang kondusif. Terlebih, data-data ekonomi AS yang baru dirilis kemarin tidak satu pun menunjukkan sinyal-sinyal pemulihan,” kata Afid.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono
Trader Tokocrypto, Afid Sugiono. Foto: Tokocrypto.

Pada hari Selasa (23/8) lalu, sajian data aktivitas manufaktur AS mencetak pelemahan di Agustus. Selain itu, data penjualan rumah di AS mengalami penurunan signifikan 12,6% secara bulanan pada Juli lalu. Aktivitas bisnis di sektor swasta AS turun pada Agustus 2022. Bahkan, penurunan bisnis ini tercepat sejak 15 bulan terakhir atau Mei 2020 lalu.

“Data-data tersebut semakin mempertebal ketakutan investor akan perlambatan ekonomi AS. Investor tentu akan menjauhi pasar aset berisiko, termasuk saham dan kripto ketika prospek ekonomi diramal mendung.” jelas Afid.

Menanti Sinyal Kebijakan The Fed

Investor kripto data ekonomi baru tersebut bisa saja menuntun bank sentral AS, The Fed untuk berpikir ulang mengerek suku bunga acuannya dengan agresif. Oleh karenanya, mereka wait and see tidak melakukan aksi akumulasi.

Investor juga mengantisipasi pertemuan akbar The Fed di Jackson Hole pada akhir pekan ini. Mereka mempertahankan kewaspadaan menjelang pidato Ketua The Fed, Jerome Powell, yang dijadwalkan pada hari Jumat (26/8) waktu setempat tentang arah bank sentral pada kebijakan moneter pada September mendatang.

“Mengingat hal tersebut, pekan ini akan menyulitkan gerak kripto untuk reli. Volatilitas dapat dengan mudah naik, baik sebelum, selama atau setelah simposium selesai. Maka, simposium Jackson Hole adalah kunci utama yang harus diperhatikan dalam beberapa hari mendatang,” tutur Afid.

market kripto bitcoin
Ilustrasi market kripto bitcoin.

Baca juga: Investor Mendadak Khawatir The Fed Bikin Harga Kripto Berdarah-darah

Sementara itu, perdebatan berlanjut tentang The Merge Ethereum yang akan mengubah protokol platform blockchain dari proof-of-work menjadi proof-of-stake yang lebih cepat dan lebih ramah lingkungan. Beberapa pengamat percaya perubahan itu akan berdampak kecil pada harga kripto, meskipun Ethereum mengalami kenaikan dramatis awal bulan ini.

Level support Bitcoin kini pada level US$ 20.701 masih menjadi tahanan terdekat dan penting apabila kembali koreksi, kemungkinan penurunan harga Bitcoin akan berlanjut dan kembali bergerak dibawah US$ 20.000. Tetapi, masih ada harapan untuk harga Bitcoin kembali naik, level resistance-nya pada level US$ 22.370 menjadi target utama.

Sementara, penurunan harga Ethereum (ETH) tertahan support pada level US$ 1.607. Jika support pada level tersebut tertembus, kemungkinan harga ETH akan kembali turun hingga menuju level US$ 1.489.

Di samping anaisis harga Bitcoin, Afid juga memberikan rincian sejumlah aset kripto yang berpotensi bullish dan bearish di pekan keempat bulan Agustus ini. Simak selengkapnya di Tokocrypto Market Signal.

Daftar 5 Aset Kripto Bullish

1. EOS (EOS)

Analisis teknikal EOS (EOS).

EOS membuka daftar aset kripto yang potensi bullish pada pekan ini. EOS merupakan kripto asli untuk mendukung proyek blockchain EOS.IO untuk pengembangan platform smart contract dan aplikasi terdesentralisasi atau decentralized application (DApp).

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan potensi bullish EOS terjadi karena platform itu akan melakukan Mendel 3.1 Upgrade dan EVM Launch yang dijadwalkan pada bulan September mendatang atau akhir Q3 2022.

“Sentimen positif EOS masih kuat dari rumor peluncuran Mendel 3.1 Upgrade dan EVM Launch yang kemungkinan besar terjadi pada September mendatang. Meski terlihat masih lama, investor sudah mulai mengakumulasi. Di samping itu, upgrade ini saat diluncurkan, akan memperingati era baru untuk jaringan EOS,” kata Afid.

Berdasarkan analisis teknikalnya, EOS sedang perlahan bergerak naik. Kemungkinan besar EOS dapat terus bergerak menuju harga US$ 1,85 atau naik sekitar 10% dari US$ 1,73 dalam beberapa hari ke depan. 

Peringkat EOS di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #33, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 1.724.303.142. Pasokan yang beredar 998.718.532 koin EOS dan maksimal pasokan tidak tersedia.

2. The Sandbox (SAND)

Analisis teknikal The Sandbox (SAND).

Aset kripto metaverse, The Sandbox (SAND) kemungkinan besar akan bullish dengan pergerakan harga yang cukup tinggi. Afid melihat dimulainya The Sandbox Alpha Season 3 akan meningkatkan akumulasi token metaverse ini.

“The Sandbox Alpha Season 3 menjadi salah satu acara yang ditunggu para pemain game metaverse ini. Peluncurannya sendiri dimulai 24 Agustus dan akan berlangsung selama 10 pekan ke depan. Di acara tersebut akan ada banyak Alpha Pass dan token SAND, sehingga menguntungkan para holder,” tutur Afid.

Dari analisis teknikalnya, pergerakan nilai SAND selama batas bawah pada US$ 1,03 masih terjaga, kemungkinan besar konsolidasi akan berlanjut dan SAND dapat bergerak naik menuju US$ 1,5 atau naik 21% dalam beberapa hari ke depan. 

Peringkat SAND di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #39, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 1.474.010.389. Jumlah koin yang beredar 1.427.520.110 koin SAND dan maksimal pasokan 3.000.000.000 koin SAND.

3. Optimism (OP)

Analisis teknikal Optimism (OP).

Afid memproyeksikan Optimism (OP) memiliki kesempatan untuk bullish pada pekan ini. Alasannya pada minggu lalu, OP Labs pengembang dari Optimism mengumumkan progres dari EIP-4844 yang memberikan pembaruan pada devnet publik yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi global dari jaringan Ethereum.

Optimism (OP) sendiri adalah blockchain layer-2 di atas Ethereum. Optimisme mendapat manfaat dari keamanan mainnet Ethereum dan membantu menskalakan ekosistem Ethereum dengan menggunakan optimistic rollups.

“OP Labs telah melakukan upgrade pada EIP-4844. Optimism mungkin berada di ambang terobosan setelah merilis beberapa pembaruan besar. Sesuai pengumuman yang diterbitkan oleh OP Labs, organisasi tersebut memperkenalkan sistem transaksinya yang disebut Drippie,” jelas Afid.

Dari analisis teknikalnya, saat ini Optimism (OP) berada di US$ 1,27. Jika polanya berlanjut, harga OP mungkin akan mencapai level resistance US$ 1,75. Jika tren berbalik, maka harga OP bisa turun ke US$ 1,01.

Peringkat OP di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #107, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 297.350.956. Jumlah koin yang beredar 234.748.364 koin OP dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Baca juga: Belajar Kripto dan Blockchain Dapat Sertifikat Gratis di Tokoscholar

4. BTCDOWN (BTCDOWN)

Analisis teknikal BTCDOWN (BTCDOWN).

Bitcoin DOWN (BTCDOWN) sedang mengalami peningkatan pada pekan ini. Menurut Afid, kondisi market kripto sekarang yang secara keseluruhan sedang tertekan dan menurun turut berpengaruh positif pada BTCDOWN.

“Pergerakan BTCDOWN sudah perlahan bergerak naik signifikan. Dari grafiknya menunjukkan sinyal bullish yang mengindikasikan tren peningkatan harga. Harga BTCDOWN bisa naik capai $ 0,03456 dari $ 0,02992,” kata Afid.

BTCDOWN bertujuan untuk menghasilkan keuntungan berlipat kali ketika harga Bitcoin turun. Sedangkan BTCUP bertujuan memberikan keuntungan berlipat kali ketika harga Bitcoin turun. Jumlah keuntungan yang berlipat kali ini ditetapkan di antara 1,25x dan 4x.

Peringkat BTCDOWN di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #2756, dengan trading volume selama 24 jam terakhir US$ 4.907.834. Jumlah koin yang beredar dan maksimal pasokannya tidak tersedia.

5. ETHDOWN (ETHDOWN)

Analisis teknikal ETHDOWN (ETHDOWN).

Ethereum DOWN (ETHDOWN) juga memiliki nasib yang sama dengan BTCDOWN. Afid melihat kondisi market yang sideways dan cenderung menurun, leveraged token sangat diminati sehingga banyak yang mengakumulasi untuk mendapatkan profit.

“Konsep ETHDOWN sama dengan BTCDOWN. Menghasilkan keuntungan leverage 1,5x-3x saat harga Ethereum turun. Setiap token leverage mewakili posisi perpetual contract. Harga token melacak perubahan jumlah nosional dari posisi perpetual contract dan perubahan kelipatan tingkat leverage,” jelas Afid.

Peringkat ETHDOWN di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #3400, dengan trading volume selama 24 jam terakhir US$ 218.280. Jumlah koin yang beredar dan maksimal pasokannya tidak tersedia.

Daftar 5 Aset Kripto Bearish

1. Bluzelle (BLZ)

Analisis teknikal Bluzelle (BLZ).

Bluzelle adalah blockchain untuk GameFi dengan kemampuannya untuk menghasilkan game berkualitas tinggi. Sederhananya, GameFi menggabungkan video game (game) dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). GameFi menggunakan “play-to-earn“, di mana pemain menghasilkan uang menggunakan waktu yang diberikan untuk permainan.

BLZ adalah token yang mendukung platform Bluzelle dan jaringan penyimpanan terdesentralisasi. BLZ dapat digunakan untuk membayar transaksi, penyimpanan, staking, dan voting untuk menentukan masa depan jaringan. Sayangnya, Afid melihat token BLZ masuk dalam daftar kripto bearish pekan ini.

“Skor risiko BLZ saat ini berarti investasi dengan risiko yang relatif rendah. Investor terutama yang peduli dengan penilaian risiko akan menemukan skor ini paling berguna untuk menghindari investasi berisiko. BLZ telah diperdagangkan 11,51% lebih rendah selama 24 jam terakhir ke harga saat ini US$ 0,09,” ucap Afid.

Peringkat BLZ di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #494, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 31.194.186. Jumlah koin yang beredar 335.849.974 koin BLZ dan maksimal pasokan tidak tersedia.

2. BitShares (BTS)

Analisis teknikal BitShares (BTS).

BitShares (BTS) adalah jaringan blockchain proof-of-stake (PoS) yang memberi pengguna akses ke decentralized exchange (DEX) dan token utilitas BTS yang digunakan untuk staking konsensus PoS dan untuk memberikan suara pada proposal jaringan.

Afid melihat pergerakan harga BTS sudah membentuk pola overbought yang kemungkinan besar akan ada penarikan harga. Selama lima hari terakhir, BitShares telah mendapatkan peringkat bullish pada skor sentimen InvestorsObserver. Skor sentimen mengukur kinerja BitShares selama lima hari terakhir berdasarkan volume dan pergerakan harga.

“Harga BitShares saat ini berada di atas level resistance. Dengan support yang ditetapkan di sekitar US$ 0,0096 dan resistensi di $ 0,0150, BitShares berpotensi dalam posisi bergejolak jika reli habis. Penurunan bisa mencapai harga US$ 0,010,” kata Afid.

Peringkat BTS di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #447, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 36.456.685. Jumlah koin yang beredar 2.994.550.000 koin BTS dan maksimal pasokan 3.600.570.502 koin BTS.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Bisa Beli Kripto

3. Ooki Protocol (OOKI)

Analisis teknikal Ooki Protocol (OOKI).

Ooki adalah protokol untuk perdagangan margin dan pinjaman tokenized. Ini bisa digunakan untuk layanan pinjaman yang memberdayakan blockchain yang terdesentralisasi, efisien, dan bebas sewa.

Ooki adalah proyek yang dijalankan komunitas, diatur oleh suara komunitas untuk semua perubahan besar pada protokol. Afid menilai OOKI masih akan terus menurun selama beberapa waktu ke depan.

“Di lihat dari grafiknya, meski saat ini sedang jalur bullish, tapi ada kemungkinan terbentuk pola penurunan, ketika aksi akumulasi sudah jenuh. Sekarang masih di area support-nya ya. Tapi kalau ini berhasil tertembus, bisa mengalami penurunan sekitar 13% ke harga US$ 0,0067,” katanya.

Peringkat OOKI di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #555, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 24.922.783. Pasokan yang beredar 3.341.351.880 koin OOKI dan maksimal pasokan 10.500.000.000 koin OOKI.

4. Bitcoin Cash (BCH)

Analisis teknikal Bitcoin Cash (BCH).

Bitcoin Cash (BCH) adalah jaringan blockchain proof-of-work dan aset kripto yang lebih cepat dan lebih murah untuk digunakan daripada Bitcoin (BTC). BCH adalah token yang merupakan fork dari Bitcoin yang dibuat pada tahun 2017. 

Afid memproyeksikan harga BCH akan mengalami fase bearish pekan ini. Sebenarnya, harga BCH telah memicu harapan karena mencoba untuk membalikkan resistensi utama dengan mata tertuju pada US$ 200. 

“Namun, harga Bitcoin Cash dalam beberapa minggu terakhir lebih suram karena banyak altcoin yang reli dan menghasilkan keuntungan dua digit sementara BCH tidak. Candle mingguan BCH ditutup dengan sentimen bullish, dengan candle minggu baru tampak bearish, menunjukkan tanda-tanda kekuatan setelah penolakan dari US$ 135,” jelas Afid.

Peringkat BCH di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #29, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 2.526.048.855. Pasokan yang beredar 19.154.050 koin BCH dan maksimal pasokan 21.000.000 koin BCH.

5. Tribe (TRIBE)

Analisis teknikal Tribe (TRIBE).

TRIBE adalah token berbasis jaringan Ethereum yang mengatur Fei Protocol. Sementara, Fei Protocol mengeluarkan stablecoin terpisah dan terdesentralisasi yang disebut FEI yang berusaha mempertahankan nilai US$ 1,00. TRIBE dapat digunakan untuk memilih peningkatan Fei Protocol dan untuk menyesuaikan kebijakan moneter stablecoin FEI.

Afid menjelaskan masuknya token TRIBE ke dalam daftar kripto bearish salah satunya disebabkan oleh sentimen negatif dari rencana Fei Protocol untuk keluar dari Tribe DAO.

Rencana Fei Protocol untuk keluar dari Tribe DAO telah menciptakan drama baru di ruang DeFi setelah pendiri Frax Finance menuduh bahwa FEI menolak untuk mengembalikan uang mereka yang kehilangan uang dalam kasus peretasan beberapa waktu lalu.

“Sentimen negatif itu membuat harga TRIBE bisa mengalami penurunan. Harga TRIBE diperdagangkan di atas resistance. Dengan level support di US$ 0,192 dan resistance di dekat US$ 0,280,” kata Afid.

Peringkat TRIBE di CoinMarketCap pada Rabu (24/8) pukul 12.00 WIB adalah #185, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 107.877.220. Pasokan yang beredar 453.448.622 koin TRIBE dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin TRIBE.

Disclaimer

Konten ini bersifat informatif, bukan ajakan/anjuran membeli dan atau menjual aset kripto. Segala bentuk perdagangan aset kripto ditanggung pelanggan dengan segala risikonya karena merupakan keputusan pribadi. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi, baik keuntungan maupun kerugian dari perdagangan aset kripto.

Market

NGOBRAS Spesial: Prediksi Market Kripto dan NFT di Akhir Tahun 2022

Published

on

NGOBRAS Spesial: Bahas Prediksi Market Kripto dan NFT di Akhir Tahun 2022.

Tidak terasa tahun 2022 telah memasuki babak akhir. Di Desember ini, diharapkan menjadi bulan yang baik untuk market kripto dan NFT pulih dan menguntungkan bagi investor.

Untuk membahas lengkap mengenai prediksi market kripto di akhir tahun 2022 ini, NGOBRAS hadir dengan video edisi spesial. Kali ini, bukan hanya Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar saja yang membahas soal market, tetapi kedatangan bintang tamu Dennis Adhiswara.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin

Mereka bertiga akan kupas tuntas prediksi market kripto dan token-token apa saja yang menjadi watchlist pekan ini dan diskusi soal masa depan NFT. Tapi, sekali lagi ini bukan rekomendasi atau financial advice. Perlu riset mendalam tentang token atau koin yang disampaikan dalam video NGOBRAS edisi spesial ini.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Market

NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin

Published

on

NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin Pekan Ini.

Dari banyaknya aset kripto potensi bullish pekan ini, ada nama Dogecoin (DOGE) dan MobileCoin (MOB). Keduanya memiliki sentimen positif yang digadang-gadang bisa mendorong harganya meroket.

Kabar potensi Dogecoin dan MobileCoin dikaitkan dengan karena rencana Elon Musk untuk merilis Twitter 2.0. DOGE dan MOB dikaitkan akan masuk dalam ekosistem terbaru dari Twitter tersebut.

Untuk membahas selengkapnya mengenai Dogecoin dan MobileCoin yang potensi bullish pekan ini bisa simak video terbaru dari NGOBRAS Season 2: Episode 7. Selain itu, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar juga akan membagikan watchlist token/koin lainnya yang bisa menjadi pegangan investor maupun trader untuk mendapatkan cuan.

5 Prediksi Dogecoin (DOGE) di Tahun 2022
Ilustrasi aset kripto Dogecoin.

Baca juga: Perusahaan Kripto BlockFi Ajukan Bangkrut Imbas FTX Runtuh

Namun, sekali lagi ini bukan rekomendasi atau financial advice. Perlu riset mendalam tentang token atau koin yang disampaikan dalam video NGOBRAS Season 2.

Afid dan Rian juga bahas berita ter-update lainnya seputar dunia kripto dan blockchain. Perlu diketahui, kabar-kabar ini bisa menjadi sentimen pendorong dari pergerakan market kripto selama sepekan belakang.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Market

NGOBRAS Season 2: Dampak Drama FTX dan Genesis ke Market Kripto

Published

on

NGOBRAS Season 2: Bahas Drama Keruntuhan FTX dan Genesis ke Market Kripto.

Keruntuhan FTX membuat dampak sistemis ke market aset kripto dan perusahaan kripto lainnya. Terbaru platform Genesis Trading Global yang memiliki eksposur di FTX, kabarnya bakal mengajukan kebangkrutan, jika tidak mendapatkan pendanaan baru untuk modal operasional.

Kabar potensi kejatuhan Genesis dan krisis FTX yang sempat bikin market kripto anjlok akan dibahas selengkapnya di video terbaru dari NGOBRAS Season 2: Episode 6. Selain itu, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar akan membagikan cerita dan analisisnya tentang market kripto di tengah drama FTX.

Baca juga: Genesis Terancam Bangkrut Potensi Kirim Bitcoin ke Titik Rendah Baru

Afid dan Rian juga bahas berita terupdate lainnya seputar dunia kripto dan blockchain. Perlu diketahui, kabar-kabar ini bisa menjadi sentimen pendorong dari pergerakan market kripto selama sepekan belakang.

Tak lupa juga ada watchlist token/koin yang bisa menjadi pegangan investor maupun trader yang diproyeksikan mendapatkan cuan. Namun, sekali lagi perlu riset mendalam juga tentang token atau koin yang disampaikan dalam video tersebut.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Popular