Connect with us

Business

Sam Bankman-Fried Mengaku Tidak Bersalah dalam Kasus Penipuan FTX

Published

on

Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Foto: FTX.

Sam Bankman-Fried (SBF) secara resmi mengaku tidak bersalah dalam kasus penipuan FTX. Pendiri dan mantan CEO FTX itu menolak keterlibatannya atas delapan dakwaan pidana AS di sidang Pengadilan Distrik AS, New York City, pada hari Selasa (3/1).

Sidang itu Bankman-Fried dituntut pidana oleh jaksa Amerika Serikat atas penipuan dan konspirasi. Ia dituduh menggunakan aset pelanggan dari platform FTX yang sekarang bangkrut untuk mendanai permodalan melalui hedge fund Alameda Research.

Ancaman Hukuman

Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Foto: FTX.
Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Foto: FTX.

Baca juga: JPMorgan: Kasus FTX Buka Potensi Regulasi Aset Kripto Dipercepat

Dilaporkan TechCrunch, sebelum pengumuman, Bankman-Fried diharapkan mengaku tidak bersalah. Keputusan ini bisa berubah menjadi pertarungan hukum yang panjang, dan dia bisa menghadapi hukuman 115 tahun penjara jika terbukti bersalah atas semua tuduhan. Tanggal persidangannya telah ditetapkan pada 2 Oktober 2023.

Pengakuan SBF yang tidak bersalah, berbeda dengan tindakan yang diambil oleh dua rekannya CEO Alameda, Caroline Ellison, dan sesama pendiri FTX, Gary Wang. Ellison dan Wang keduanya mengaku bersalah atas tuntutan pidana federal sehubungan dengan keruntuhan FTX.

Keduanya juga menghadapi hukuman perdata dari SEC dan CFTC bersamaan dengan tuntutan pidana. Wang dan Ellison berencana untuk bekerja sama dengan jaksa dan akan menjadi saksi utama mengingat hubungan dekat mereka dengan Bankman-Fried dan FTX dan dana lindung nilai kripto Alameda yang berafiliasi.

Siasat SBF

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.
Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Vitalik Buterin Berbagi Pikiran Tentang Sam Bankman-Fried dan FTX

Bulan lalu, seorang hakim AS membebaskan Bankman-Fried dengan jaminan US$ 250 juta setelah ia diekstradisi ke Amerika dari Bahama. Paket jaminan memungkinkan Bankman-Fried untuk tetap menjadi tahanan rumah di rumah orang tuanya di Palo Alto, California.

Pengacara Bankman-Fried juga mengajukan surat ke pengadilan federal Manhattan pada hari Selasa meminta redaksi nama dua orang yang berniat untuk membantu mengamankan jaminan jutaan dolar dalam upaya untuk melindungi mereka dari perhatian publik.

Advertisement

Popular