Connect with us

Bitcoin News

Beruntung! Penambang Bitcoin Ini Berhasil Pecahkan Blok Dapat Rp 2,2 M

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Seorang penambang Bitcoin (BTC) diberi penghargaan karena menambahkan blok 780.112 ke blockchain Bitcoin. Ia mampu mengalahkan penambang lainnya dengan peluang yang sedikit.

Penambang anonim ini menggunakan layanan Solo CK Pool untuk membuat kumpulan penambangan tunggal, di mana mereka menghasilkan hash yang valid untuk blok tersebut dan menerima hadiah sebesar 6,25 BTC dan hadiah biaya sekitar 0,63 BTCyang bernilai sekitar US$ 148.000 atau RP 2,2 miliar.

Seorang pengguna Twitter menunjukkan betapa beruntungnya penambang tunggal itu menghasilkan hash yang valid, dengan mengatakan bahwa biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk membuat transaksi yang valid mengingat daya komputasi terbatas.

“Seorang penambang sebesar ini akan memecahkan blok rata-rata setiap 10 bulan sekali,” kata pengguna Twitter @ckpooldev. “Mereka baru menambang solo selama 2 hari terakhir jadi sangat beruntung.”

Kesulitan

konsep mining bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Market Watch: Pasar Kripto Bangkit, Harga Bitcoin Kembali Naik

Penambang bekerja dengan kekuatan hashing rata-rata 6,7 ​​PH/s (petahash per detik), menurut @ckpooldev. Sekitar waktu blok ditambahkan, tingkat hash total Bitcoin adalah sekitar 308.262 PH/s, yang berarti tingkat hash 6,7 PH/s penambang tunggal mewakili sekitar 0,002% dari seluruh daya komputasi blockchain.

Sebuah akun di forum Bitcoin bitcointalk.org melangkah maju untuk mengklaim tanggung jawab untuk menghasilkan hash yang valid, dengan mengatakan dia menyewa daya ekstra kurang dari sehari menggunakan layanan yang disebut nicehash.

“Memang, sangat beruntung bisa menangkap blok dengan hashrate seperti itu,” kata pengguna bernama Pineconeeee di forum. “Dalam waktu kurang dari sehari, keberuntungan tersenyum padaku.”

Advertisement

Beruntung

ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Stablecoin USDC Bangkit Setelah Terdampak Krisis Silicon Valley Bank

Penambang solo, yang mengaku berasal dari Rusia, menjelaskan bahwa mereka biasanya menggunakan daya komputasi sekitar 270 TH/s (terahash per detik) tetapi menyewa daya senilai 5 PH/s (petahash per detik) Kamis lalu, menurut miliknya posting .

Blok yang ditambang oleh penambang solo berisi 3.220 transaksi yang terdiri dari sekitar 16.940 volume Bitcoin. Untuk menambahkan blok ke jaringan proof-of-work seperti Bitcoin, penambang terus menjalankan perhitungan untuk menemukan hash yang valid untuk blok tersebut, menggunakan proses yang mirip dengan kekuatan kasar komputasi.

Saat ini, sebagian besar blok baru yang ditambahkan ke blockchain Bitcoin ditambang melalui kumpulan penambangan, tempat penambang menggabungkan kekuatan komputasi mereka untuk meningkatkan peluang mereka membuat hash yang valid.

Secara teknis, mungkin bagi penambang Bitcoin untuk sesekali beruntung dan menghasilkan hash yang valid sendiri, terlepas dari persaingan komputer lain yang berlomba untuk menghitung hash yang valid untuk blok berikutnya di jaringan Bitcoin.

Popular