Connect with us

Business

Tokoh di Balik Kripto Terra Luna Do Kwon Ditangkap di Montenegro

Published

on

CEO Terraform Labs, Do Kwon. Foto: Woohae Cho/Bloomberg via Getty Images.

Salah satu pendiri dan CEO Terraform Labs, Do Kwon dilaporkan ditangkap pada Kamis (23/3) di Montenegro. Kwon telah didakwa melakukan penipuan oleh jaksa Amerika Serikat di New York, hanya beberapa jam setelah dia ditangkap.

“Polisi Montenegro telah menahan seseorang yang diduga sebagai salah satu buronan paling dicari, warga negara Korea Selatan Do Kwon, salah satu pendiri dan CEO Terraform Labs yang berbasis di Singapura,” kata Menteri Dalam Negeri negara itu, Filip Adzic.

Pihak berwenang Montenegro masih mengonfirmasi bahwa orang yang ditangkap adalah Kwon, berdasarkan klaim bahwa orang tersebut memiliki dokumen palsu saat ditahan. Penangkapan itu terjadi hampir setahun setelah runtuhnya ekosistem Terra pada Mei tahun lalu, sebuah peristiwa yang mendorong industri aset kripto dengan kuat memasuki musim dingin dan berkontribusi pada kegagalan beberapa perusahaan, seperti Three Arrows Capital (3AC).

Tuduhan Penipuan

Menurut laporan surat kabar Pobjeda yang berbasis di Montenegro pada 23 Maret, Kantor Kejaksaan Dasar akan segera mengajukan tuntutan pidana terhadap Kwon dan Joon karena menggunakan dokumen perjalanan palsu dari Kosta Rika, yang menurut mereka pertama kali ditemukan oleh Interpol.

Baca juga: Goldman Soroti Bitcoin Sebagai Aset Berkinerja Terbaik Kalahkan Emas

Dalam pengajuan pengadilan di Amerika Serikat yang ditandatangani oleh Pengacara, Damian Williams, pengusaha berusia 31 tahun itu telah didakwa dengan delapan tuduhan terpisah, termasuk penipuan komoditas, penipuan sekuritas, penipuan kawat, dan konspirasi untuk menipu dan terlibat dalam manipulasi pasar.

Di bawah dakwaan pertama, konspirasi untuk menipu, jaksa AS mengklaim memiliki yurisdiksi atas Kwon karena dia membuat serangkaian pernyataan palsu dan menyesatkan selama wawancara TV yang disiarkan ke — antara lain — Distrik Selatan New York, tentang sejauh mana blockchain Terra telah diadopsi oleh pengguna.

Advertisement

Empat dakwaan lainnya terkait dengan serangkaian pernyataan yang konon menyesatkan tentang keefektifan stablecoin TerraClassicUSD (USTC) untuk mempertahankan pasaknya dengan dolar AS, serta dugaan keterlibatan Kwon dalam strategi perdagangan yang dirancang untuk mengubah harga pasar USTC.

Jadi Buronan

Ilustrasi aset kripto, Terra LUNA.
Ilustrasi aset kripto, Terra LUNA.

Baca juga: Women in Web3: Semangat Inspirasi dalam Industri Teknologi Blockchain

Sebelumnya, Jaksa Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Kwon pada 14 September, yang menghadapi serangkaian tuduhan penipuan dan pelanggaran hukum pasar modal di negara asalnya. Juga, Interpol pada 26 September mengeluarkan daftar pemberitahuan merah untuk penangkapannya, dan Komisi Bursa Efek Amerika Serikat mengajukan tuduhan penipuan sendiri pada 16 Februari.

Tuduhan terhadapnya terkait dengan dugaan perannya dalam runtuhnya US$ 40 miliar Terra Luna Classic (LUNC) token dan stablecoin TerraClassicUSD ( USTC ) Mei lalu.

Sejak keruntuhan, Kwon dilaporkan berpindah-pindah antara Singapura, Dubai, dan Serbia. Kementerian luar negeri Korea Selatan secara resmi membatalkan paspor Kwon pada 20 Oktober setelah ia gagal menyerahkan paspornya menyusul perintah pada 6 Oktober 2022.

Popular