Connect with us

Crypto

Pengembang Ethereum Konfirmasi Upgrade Shapella Terjadi pada 12 April

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Pengembang Ethereum mengumumkan bahwa pemutakhiran mainnet upgrade Ethereum Shapella akan aktif pada 12 April 2023. Pengumuman tersebut muncul setelah pengembang berhasil menerapkan fork Shapella di testnet Goerli dan Sepolia.

Pemutakhiran Ethereum Shapella akan menggabungkan EIP-3651, EIP-3855, EIP-3860, EIP-4895, dan EIP-6049. EIP adalah standar yang menunjukkan fitur potensial atau proses baru untuk Ethereum.

Pembaruan Shapella menggabungkan perubahan pada Shanghai Ethereum Virtual Machine yang disebut Shanghai dan lapisan konsensus yang disebut Capella. Ini juga mencakup perubahan pada Engine API yang menghubungkan dua lapisan.

Sebelumnya pembaruan terakhir, The Merge, yang menggabungkan Beacon Chain dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), mengubah mekanisme konsensus Ethereum dari proof-of-work menjadi proof-of-stake.

Konsensus Baru

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Burger King Mulai Terima Pembayaran Bitcoin dan Kripto

Mekanisme konsensus baru tersebut menggunakan validator alih-alih penambang untuk mengonfirmasi blok transaksi dan menyiarkannya ke jaringan Ethereum.

Awalnya, validator yang ingin mengamankan jaringan staking atau mengunci 32 ETH dalam smart contract di Beacon Chain untuk mendapatkan hadiah atas ETH yang mereka pertaruhkan.

Dikutip BeInCrypto, beberapa investor yang ingin mempertahankan likuidasi ETH mereka malah dapat mempertaruhkan aset dalam liquid staking protocol. Protokol ini memungkinkan investor untuk mendapatkan hadiah ETH dari validator yang mengonfirmasi transaksi. Selain itu, mereka menerima versi cair dari ETH yang dipertaruhkan yang dapat mereka hasilkan dengan menggunakan berbagai protokol DeFi.

Advertisement

Upgrade Shapella

Sementara upgrade Shapella mewakili tonggak penting untuk jaringan Ethereum, itu masih mengalami throughput transaksi yang rendah. Data terbaru dari Blockchair mematok kapasitas transaksi Ethereum sekitar 10 transaksi per detik.

Ilustrasi pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.
Ilustrasi pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Baca juga: Harga Ripple (XRP) Melonjak Saat Market Kripto Koreksi

Pemutakhiran yang secara signifikan akan meningkatkan kecepatan transaksi melalui proses yang disebut danksharding, Ethereum.org mengungkapkan bahwa mungkin diperlukan beberapa tahun sebelum pemutakhiran ini terjadi.

Oleh karena itu, Co-founder Ethereum, Vitalik Buterin memperkirakan bahwa, dalam jangka pendek hingga menengah, jalan menuju kecepatan transaksi yang lebih besar akan terjadi melalui rollup.

Rollup meringankan kemacetan transaksi di jaringan Ethereum utama dengan melakukan sebagian besar perhitungan sendiri dan kemudian mengirimkan data yang dikurangi melalui rantai utama.

Salah satu jenis rollup tertentu adalah sistem tanpa pengetahuan yang menghasilkan bukti kriptografi bahwa kumpulan transaksi valid. Zk-rollup ini memiliki operator node yang mengirimkan bukti validitas untuk mengubah status rollup pada rantai Ethereum utama. Perubahan status ini sesuai dengan finalitas kumpulan transaksi.

Popular