Connect with us

Business

Microsoft Hadirkan Layanan Blockchain Gandeng Ankr, Kripto ANKR Naik?

Published

on

Protokol Decentralized Finance (DeFi) Ankr bermitra dengan Microsoft. SUmber: Ankr.

Raksasa internet, Microsoft, kini menyediakan layanan blockchain node berkat kolaborasi dengan Ankr, layanan infrastruktur web3. Harga ANKR pun terpantau naik lebih dari 6% dalam 24 jam terakhir pada Rabu (5/4).

Menurut CoinMarketCap, Ankr (ANKR) mengalami kenaikan harga sekitar 6,18% dalam sehari terakhir pada Rabu (5/4) pukul 11.00 WIB. Nilai ANKR mencapai US$ 0,03642 dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 351.866.823.

Bersama-sama, kedua perusahaan akan membuat layanan hosting node baru di pasar cloud Azure Microsoft yang akan menampilkan spesifikasi memori dan bandwidth khusus yang dirancang spesial untuk blockchain node.

Sesuai pernyataan dari kedua perusahaan, layanan penyebaran simpul perusahaan akan memungkinkan proyek atau pengembang web3 untuk menerapkan smart contract, mengirimkan transaksi, dan membaca atau menulis data blockchain.

“Kemitraan kami dengan Ankr akan memungkinkan pengembang dan organisasi untuk mengakses data blockchain dengan cara yang andal dan aman saat mereka mengeksplorasi bagaimana Web3 dapat mengatasi tantangan bisnis dunia nyata,” kata Rashmi Misra, Manajer Umum Microsoft untuk AI dan teknologi baru.

Adopsi Blockchain

Ilustrasi layanan infrastruktur Web3, Ankr. Sumber: Ankr.
Ilustrasi layanan infrastruktur Web3, Ankr. Sumber: Ankr.

Baca juga: XRP Jadi Pemenang Altcoin dalam Lonjakan Pasar Kripto Akhir Maret

Kemitraan ini meniru pengumuman lain yang dibuat kurang dari enam bulan yang lalu antara Google dan Coinbase di mana Google mengatakan bahwa perusahaan kripto akan memanfaatkan platform komputasi Google Cloud untuk memproses data blockchain dalam skala besar dan meningkatkan jangkauan global layanan kripto dengan memanfaatkan jaringan serat optik premium Google.

Selain itu, Coinbase akan membangun platform data globalnya pada infrastruktur Google Cloud, serta mengandalkan penyedia data dan alat analitik untuk memperkuat wawasan tentang layanan kripto yang digerakkan oleh machine learning.

Advertisement

Ankr di antara solusi perusahaan lainnya, menawarkan layanan remote procedure call (RPC) yang memfasilitasi koneksi node cloud ke 19 blockchain, seperti Ethereum, BNB Chain, Polygon, Solana, dan Avalanche, memungkinkan pengembang aplikasi dan pengguna untuk mengaksesnya.

Kolaborasi Microsoft

Ilustrasi blockchain.
Ilustrasi blockchain.

Baca juga: Bank Indonesia Dorong Pengembangan CBDC di Asia Tenggara

Setelah kolaborasi ini, pengembang akan memiliki kemampuan untuk menggunakan RPC dan platform middleware Ankr untuk aplikasi terdesentralisasi sekaligus memenuhi persyaratan penskalaan mereka melalui platform cloud milik Microsoft. Misalnya, Azure dapat merampingkan proses transaksi di beberapa proof-of-stake chains dan segera mengarahkan permintaan RPC ke node yang paling sesuai.

RPC node, seperti yang disediakan oleh Ankr, memungkinkan aplikasi terdesentralisasi untuk terhubung ke blockchain dan mengakses data pengguna menjadikannya komponen penting dari infrastruktur sektor blockchain. Vertikal RPC tetap menjadi ceruk penting dalam ruang infrastruktur dan sebagian besar ditempati oleh pemain terpusat dan terdesentralisasi, termasuk Ankr, Infura, QuickNode, Alchemy, dan pesaing lainnya.

“Kemitraan ini, meskipun merupakan tonggak sejarah yang luar biasa bagi Ankr, juga merupakan indikator utama seberapa jauh web terdesentralisasi telah berintegrasi dengan pemain penting di setiap lapisan sistem web. Hasil akhirnya akan menjadi era pembangunan yang sangat produktif untuk aplikasi berbasis blockchain dari proyek Web3 baru serta perusahaan besar yang memasuki ruang angkasa,” kata Chandler Song, Co-Founder & CEO, Ankr.

Popular