Connect with us

Market

Market Analisis: Pasar Kripto Masih Sideways, Belum Positif Bullish

Published

on

Ilustrasi bear market

Sepekan terakhir pergerakan pasar aset kripto masih cenderung sideways dan sempat terkoreksi. Apa saja sentimen penggerak pasar kripto sepekan terakhir?

Mulai dari sentimen aksi akumulasi MicroStrategy yang cukup menghebohkan. Pada tanggal 5 April 2023, MicroStrategy melakukan pembelian Bitcoin secara bertahap. Pembelian sebesar 1045 Bitcoin dengan total transaksi sebesar Rp 437 Miliar. Dengan ini maka MicroStrategy memiliki total Bitcoin mencapai 138955 dengan valuasi sebesar US$ 4 Miliar. 

Rata-rata harga pembelian Bitcoin oleh MicroStrategy ini berkisar di angka US$ 29.817 dan harga per hari ini Jumat (7/4) adalah US$ 28.000. Maka kerugian yang belum terealisasi sebesar US$ 138 Juta. Kerugian ini masih ditaksir hanya 7%. Namun ada hal unik yang terjadi ketika Michael Saylor mengumumkan pembelian Bitcoin-nya, harga BTC langsung mengalami pelemahan. 

“Saya mengamati perilaku trader dan investor ketika adanya pengumuman ini menunjukan perilaku berlawanan arah dengan Michael Saylor. Penurunan terjadi sebesar 2,91 %. dengan posisi harga US$ 28.600 menjadi US$ 27.850 hanya dalam waktu 3 jam saja. Kasus pelemahan ini bukan hanya sekali terjadi, namun sering kali terjadi. Bahkan muncul jokes ketika Michael Saylor beli, artinya kita jual barang,” Trader External Tokocrypto, Fyqieh Fachrur.

Elon Musk ganti logo Twitter dengan Shiba Inu. Sumber: Screenshot.
Elon Musk ganti logo Twitter dengan Shiba Inu. Sumber: Screenshot.

Kemudian, pada hari Senin (4/4), Elon Musk secara mengejutkan mengganti logo Twitter dari logo burung berwarna biru, menjadi gambar anjing shiba inu yang identik dengan aset kripto Dogecoin (DOGE). Dengan adanya update logo ini membuat harga DOGE langsung melesat sebesar 35,6% capai harga US$ 0.0769, kemudian menguat hingga US$ 0,1048 dalam waktu empat jam. Para trader kripto sangat antusias mendukung dan membicarakan hal ini. Aset kripto Dogecoin langsung menjadi topik pembicaraan yang viral di Twitter, Reddit, serta grup Telegram beberapa komunitas kripto. 

Market Cap Cryptocurrency by Coinmarketcap.com.

Baca juga: Shiba Inu Metaverse Rilis Update Besar, Bakal Dongkrak Harga SHIB?

Berdasarkan total marketcap, Bitcoin (BTC) memiliki dominasi marketcap sebesar 45.81%, Ethereum (ETH) 19,2%, Tether (USDT) 6,78%, Ripple (XRP) 2.21%. Total keseluruhan marketcap hari Jumat (7/4) yaitu sebesar US$ 1,1 triliun. Total keseluruhan aset kripto yang terdaftar di CoinMarketCap sebesar 23.217. 

Bitcoin Fear and Greed Index by Alternative.me.

Berdasarkan Bitcoin Fear and Greed Index, saat ini sedang berada pada poin 63 dalam kategori Greed yang artinya Bitcoin sedang berada pada penguatan yang terkendali. Indikator ini menggabungkan keseluruhan berita sentimen yang terjadi di Bitcoin, selama sepekan terakhir. Walaupun saat ini Bitcoin masih dalam dominasi sentimen baik, secara teknikal Bitcoin masih dalam area sideways-nya, menunggu untuk konfirmasi breakout. Saat ini bisa melakukan akumulasi secara bertahap.

Aksi Harga Kripto

Berikut ini adalah aset kripto yang sudah dianalisa kinerja beberapa aset kripto sepekan terakhir.

HashFlow (HFT)

HFT/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

HashFlow adalah proyek pertukaran terdesentralisasi yang berada di jaringan ERC-20, pada akhir-akhir ini muncul narasi bahwa aset kripto menjadi salah satu aset investasi setelah keruntuhan mata uang fiat. Sehingga narasi ini membuat HFT terdampak dan mengalami penguatan. 

Berdasarkan teknikal analisis, HFT sedang terkoreksi menuju ke harga support US$ 0,535. Perdagangan hari ini US$ 0,57. Potensi penurunan ke harga support nya hingga 7%. Inilah waktu yang tepat untuk melakukan scalping. Setelah mencapai support akan berpotensi untuk membentuk “cup” dengan target kenaikan sebesar 20,5% di harga US$ 0,65 dan melanjutkan penurunan.

Advertisement

Hasil analisa 

HFT/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Teknikal Analisa untuk aset kripto HFT sesuai dengan ekspektasi, walaupun belum mencapai titik entry-nya yang sudah dianalisa. Pergerakan HFT dinilai mengalami penguatan yang cukup tinggi sebesar 21,5% dalam waktu tiga hari. Penguatan ini didukung dengan adanya penjualan NFT Battle Pack milik Hashverse sebesar 1000 unit di Magic Eden. Sehingga permintaan token HFT untuk menjalankan metaverse milih Hashflow juga mengalami peningkatan. 

Untuk saat ini wait and see untuk token HFT, karena sedang berada di Take Profit area. Secara RSI juga sedang di area overbought. Jika ingin melakukan scalping di spot tidak terlalu disarankan karena kemungkinan pergerakan akan mengalami penurunan. 

SingularityNET (AGIX)

AGIX/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

SingularityNET merupakan project AI yang menggunakan blockchain untuk membuat, membagikan dan monetize AI di marketplace. Project ini berdampak sangat signifikan setelah isu narasi beberapa bulan lalu tentang ChatGPT. Semua orang optimis tentang Artificial Intelegence termasuk proyek AI yang berjalan di blockchain.

Untuk saat ini agix cenderung mengalami potensi penurunan yang berkelanjutan, hal ini disebabkan karena FOMO tentang proyek AI beberapa waktu lalu. Saat ini AGIX sudah membentuk dan telah terkonfirmasi bearish penant. Untuk target support terdekat pada harga US$ 0,355 dengan persentase penurunan sebesar 12,93%. Alangkah baiknya untuk menunggu ke harga support-nya.

Hasil Analisa

AGIX/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Hasil dari review teknikal analisa pada Senin (4/7) untuk pergerakan AGIX kembali mengalami potensi penurunan, walaupun sedikit terjadi kenaikan untuk melakukan tes garis resistennya pada harga US$ 0,426 dan tidak membentuk konfirmasi pembalikan arah. AGIX sedang masih dalam sideways. Pada hari Rabu (5/4) SingularityNET mengumumkan bahwa timnya akan ikut berpartisipasi dalam pertemuan “AI for good global summit 2023” Acara ini merupakan salah satu acara penelitian dan pengembangan Artificial Intelegence terbesar di dunia.

Bitcoin (BTC)

BTC/USD by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Baca juga: XRP Jadi Pemenang Altcoin dalam Lonjakan Pasar Kripto Akhir Maret

Bitcoin merupakan salah satu aset kripto yang memiliki kapitalisasi terbesar dengan total dominasi lebih dari 45% dibanding kapitalisasi pasar aset kripto lainnya. Secara teknikal, Bitcoin akan mengalami penurunan hingga ke area support kecilnya yaitu pada harga US$ 27.300, kemudian akan membuat lower high pada harga US$ 28.000. Penurunan yang akan terjadi di minggu ini diprediksi hanya 2,65%. Ada baiknya untuk menunggu konfirmasi pembelian di harga support terkuatnya di harga US$ 26.000. 

Hasil Analisa

BTC/USD by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Pada pergerakan BTC kembali masuk kedalam area sideways-nya. Sudah masuk ke dalam titik entry point namun pada Rabu (5/7) menuju ke titik resistennya namun kembali sideways. Sentimen pada hari rabu dikarenakan Elon Musk mengganti logo Twitter dengan Dogecoin yang menyebabkan aset kripto menjadi perbincangan di seluruh dunia. Namun pergerakan BTC cenderung membentuk doji, yang artinya mengalami sideways parah dan trader secara dominan masih menunggu wait and see.

PancakeSwap Token (CAKE)

CAKE/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

PancakeSwap adalah pasar terdesentralisasi aset kripto yang berjalan diatas jaringan BEP-20 milik Binance. PancakeSwap merupakah pasar terdesentralisasi terbesar di jaringan BEP-20. Banyak proyek aset kripto yang menggunakan pancakeswap sebagai opsi utama untuk mendaftarkan token mereka untuk listing dan menambahkan likuiditas. Namun kelemahan token ini adalah supply-nya yang tidak terbatas sehingga yang beredar kedepannya akan semakin banyak.

Saat ini CAKE sedang berada pada area symmetrical triangel dan belum terkonfirmasi breakout. Namun pergerakan CAKE terpantul dari garis resisten pada harga US$ 3,8 dan akan mencoba tes garis support-nya pada US$ 3,6. potensi penurunan sebesar 5,6% yang akan terjadi. Untuk saat ini lebih baik wait and see.

Hasil Analisa

CAKE/USD Binance by Fyqieh Fachrur – TradingView.com.

Pergerakan CAKE token mengalami bullish disebabkan karena adanya Pancakeswap meluncurkan pancakeswap V3 yang memberikan APR dan APY lebih tinggi dibanding dengan V2 untuk mereka yang menjadi liquidity provider hingga ratusan persen. Tentu ini menjadi sebuah berita baik untuk CAKE token, namun setelah berhasil migrasi, harga koin nya justru kembali mengalami pelemahan.

Kabar baik untuk trader yang memiliki token cake untuk bisa distaking dan bisa dijual pada area stoploss. Namun secara trend, Cake masih tetap berada pada bearish dengan konfirmasi bearish pada harga US$ 3,47. Apabila dalam minggu depan berada di area tersebut maka cake terkonfirmasi mengalami penurunan dengan target ke harga US$ 3,11.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER:Analisa Market ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular