Connect with us

Altcoin News

Token SUI: Sensasi Kripto Terbaru dan Kontroversinya

Published

on

Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: Decrypt.

Token SUI baru-baru ini menarik perhatian di dunia aset kripto karena lonjakan nilai dan berbagai kontroversi. Meskipun token ini bertujuan untuk menawarkan inklusi dan kemandirian keuangan, token ini telah menghadapi tinjauan dari regulator dan investor.

SUI, aset kripto yang dirancang dengan teknologi blockchain Layer-1 pertama dan platform smart contract yang dirancang dari bawah ke atas untuk membuat kepemilikan aset digital cepat, pribadi, aman, dan dapat diakses oleh semua orang. Token ini telah mendapatkan perhatian yang cukup besar karena peningkatan nilai yang pesat dan kontroversi yang menyertainya.

SUI, singkatan dari “Sui Generis,” adalah token ERC-20 yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Sui Network, blockchain Layer 1, telah mendapatkan daya tarik di komunitas saat mendekati peluncuran mainnetnya yang dijadwalkan pada 3 Mei. Kripto asli Sui Network ini sudah diterbitkan di beberapa bursa kripto, termasuk OKX, Kucoin, dan Bybit, sekali itu ditayangkan langsung di mainnet.

Keunggulan Token SUI

Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.
Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.

Baca juga: Investor Kripto Indonesia Capai 17,14 Juta hingga Q1 2023, Transaksi?

Token SUI diharapkan memainkan peran penting dalam ekosistem blockchain, termasuk berpartisipasi dalam konsensus Proof-of-Stake (PoS), staking, dan on-chain voting untuk peningkatan protokol. Sementara utilitas utama token adalah untuk membayar biaya gas, itu juga akan memiliki kasus penggunaan yang lebih maju, seperti memungkinkan tata kelola, membayar pemrosesan transaksi, dan berpartisipasi dalam aktivitas DeFi.

Setiap bursa kripto yang melakukan penjualan SUI akan menawarkan 225 juta token dengan alokasi maksimum 10.000 per pengguna. Token akan dijual masing-masing seharga US$ 0,1. Perlu dicatat bahwa penduduk AS akan dikecualikan dari partisipasi dalam penjualan.

Setelah diluncurkan, distribusi token akan menjadi sebagai berikut: Setengah dari token akan dialokasikan ke cadangan komunitas untuk hibah, subsidi validator, dan tujuan penelitian dan pengembangan, sedangkan seperlima dari token akan diberikan kepada awal kontributor proyek.

Investor akan menerima 14 persen dari token, sementara 10 persen akan diberikan ke perbendaharaan Mysten Labs, pencipta Sui Network. Selain itu, 6 persen token akan diarahkan ke Program Akses Komunitas (CAP) dan penguji aplikasi.

Advertisement

Awal pekan ini, Binance mengumumkan akan membuat SUI tersedia melalui Launchpool, yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan aset kripto mereka ke dalam kumpulan likuiditas dan mendapatkan hadiah. Pengenalan aset kripto ini di Binance Launchpool menghasilkan banyak minat untuk SUI dalam komunitas kripto.

Komunitas Kripto Incar token SUI?

Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.
Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: Binance.

Baca juga: 45 Nama Calon DK OJK Terpilih Awasi LKM dan Aset Kripto, Siapa Saja?

Menyusul pengumuman tersebut, pendiri Tron, Justin Sun, melakukan deposit besar stablecoin TrueUSD (TUSD) ke Binance, yang diperlukan untuk mengembangkan SUI. Transfer ditangkap oleh Whale Alert, sebuah platform yang melacak transfer aset besar di seluruh alamat blockchain. Setelah transfer menarik perhatian komunitas, Changpeng Zhao (CZ) men-tweet bahwa Launchpool dimaksudkan untuk pengguna ritel dan bukan hanya whale.

CZ mencurigai kemungkinan pengambilan kripto baru ini, memperingatkan bahwa perusahaan akan mengambil tindakan terhadap Justin Sun, jika dia menggunakan TUSD yang disimpan untuk mendapatkan token Launchpool SUI. Justin Sun menjawab dengan menjelaskan bahwa setoran itu untuk memfasilitasi pembuatan pasar antara bursa TUSD terkemuka dan tidak berpartisipasi dalam promosi bursa apa pun.

Keesokan harinya, Justin Sun men-tweet bahwa dia telah mengatur pengembalian dana penuh dari transfer US$ 56 juta ke Binance. Kemudian, bursa kripto men-tweet bahwa mereka akan merealokasi 278.752 token SUI yang dibudidayakan oleh pembuat pasar ke kumpulan likuiditas TUSD platformnya.

Beberapa jam setelah mainnet Sui ditayangkan, Binance menyumbang bagian terbesar dari volume perdagangan token, yang berjumlah lebih dari $941 juta, menurut CoinGecko. Binance menyumbang sekitar 55% dari volume SUI, diikuti oleh Bybit (16%), OKX (11%), dan KuCoin (8%).

Harga SUI pada Rabu (3/5) menunjukkan peningkatan yang mencolok dibandingkan dengan harga pra-penjualan token dan penawaran koin awal (ICO) masing-masing US$ 0,03 dan US$ 0,10.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular