Connect with us

Crypto

Ethereum Kesulitan Capai U$ 1.900: Tiga Faktor yang Perlu Diperhatikan

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Harga Ethereum (ETH) alami kesulitan untuk menembus harga US$ 19.000 atau Rp 28 juta (kurs US$ 1 = Rp 14.863). Hal ini diklaim disebabkan oleh tiga faktor utama. Apa saja?

Harga ETH bisa berada di bawah tekanan jangka pendek yang disebabkan oleh sejumlah faktor mulai dari tren penurunan deposito, pangsa pasar volume Decentralized exchange (DEX) yang berkurang, dan data berjangka yang menunjukkan pedagang dengan bias bearish.

Sejak 12 Mei, harga Ethereum telah kesulitan untuk berjuang untuk mempertahankan level dukungan US$ 1.800, karena investor menghadapi tekanan dari lingkungan peraturan crypto yang memburuk dan biaya gas jaringan Ethereum yang tinggi. Juga berdampak negatif pada ETH yang disebabkan tiga indikator yang menandakan berkurangnya permintaan untuk aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan kurangnya permintaan beli leverage dari pedagang profesional.

Regulator Ketat

Ilustrasi pemerintah Amerika Serika (AS). SUmber: Getty Images.
Ilustrasi pemerintah Amerika Serika (AS). SUmber: Getty Images.

Baca juga: Negara-negara Eropa Setujui Aturan Regulasi Kripto MiCA, Apa Itu?

Dikutip Cointelegraph, menurut dokumen pengadilan yang diajukan pada 15 Mei, Komisi Sekuritas dan Pertukaran Amerika Serikat (SEC) telah memberikan tanggapan resmi di pengadilan sehubungan dengan petisi Coinbase untuk regulasi kripto yang jelas. SEC menyatakan bahwa pembuatan aturan apa pun dapat memakan waktu bertahun-tahun dan tindakan penegakan hukum akan berlanjut untuk sementara waktu.

Pada 16 Mei, Dewan Urusan Ekonomi dan Keuangan Uni Eropa — yang terdiri dari menteri keuangan dari semua negara anggota — menyetujui regulasi Markets in Crypto-Assets (MiCA) yang sangat dinantikan, yang akan mulai berlaku pada pertengahan 2024.

Beberapa berpendapat bahwa MiCA memfasilitasi pertumbuhan bisnis di wilayah tersebut. Lainnya fokus pada risiko privasi untuk data pengguna pribadi dan risiko yang dikenakan pada solusi non-penahanan , termasuk aplikasi keuangan terdesentralisasi.

Penurunan Deposit DApp

Jaringan Ethereum mengalami kesulitan dan masalah yang disebabkan oleh lonjakan biaya gas — biaya yang terkait dengan transaksi, termasuk yang dilakukan oleh kontrak pintar. Selama empat minggu terakhir, biaya transaksi rata-rata telah mencapai di atas US$ 9, yang sangat membatasi permintaan penggunaan DApp.

Advertisement

Total simpanan di jaringan Ethereum dalam istilah Ether jatuh ke level terendah sejak Agustus 2020. Analisis semacam itu mengecualikan efek dari staking Ethereum asli, yang baru-baru ini mulai mengizinkan penarikan.

Menurut data DefiLlama, Ethereum DApps mencapai 14,9 juta ETH dalam total nilai terkunci (TVL) pada 16 Mei. Itu dibandingkan dengan 16,5 juta ETH dua bulan sebelumnya, penurunan 10%. Sebagai perbandingan, TVL pada BNB Smart Chain di BNB istilah pada dasarnya datar pada periode yang sama, sedangkan Poligon (MATIC) simpanan di jaringan Polygon meningkat sebesar 29%.

Trader Pro Berbalik Bearish

Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Meme Coin Pepe Mungkin Beri Sinyal Masalah untuk Bitcoin, Kenapa?

Ether quarterly futures sangat populer di kalangan whale dan meja arbitrase. Namun, kontrak bulan tetap ini biasanya diperdagangkan dengan sedikit premi ke pasar spot, menunjukkan bahwa penjual meminta lebih banyak uang untuk menunda penyelesaian.

Akibatnya, kontrak berjangka ETH di pasar yang sehat harus diperdagangkan dengan premi tahunan 5 hingga 10% — situasi yang dikenal sebagai contango, yang tidak unik untuk pasar kripto.

Trader profesional Ether telah menghindari leverage long (taruhan bullish) sejak awal April. Selain itu, premi berjangka ETH 1% saat ini hampir menjadi negatif, yang dikenal sebagai keterbelakangan — jika terkonfirmasi, ini adalah tanda bahaya yang mengkhawatirkan, karena permintaan bearish mendominasi situasi.

Singkatnya, ketiga indikator ini — yaitu, TVL yang berkurang, pangsa pasar DEX yang mencapai rekor terendah, dan kurangnya permintaan beli leverage — menandakan resistensi US$ 1.900 akan sulit ditembus dalam jangka pendek. Untuk saat ini, bearish Ether memegang kendali, mendukung peluang koreksi harga.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular