Connect with us

Market Analysis

Pasar Kripto Bergantung pada Inflasi AS dan Pembicaraan Batas Utang AS

Published

on

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Pekan ini adalah minggu yang sibuk untuk pasar kripto, termasuk Bitcoin (BTC), dengan pembicaraan plafon utang AS dan indikator ekonomi untuk mempengaruhi sentimen terhadap keputusan suku bunga bulan Juni oleh The Fed. Indikator ekonomi AS dan pembicaraan plafon utang menjadi fokus utama pergerakan market kripto yang terus tertekan pada pekan ini. 

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, mengatakan Harga Bitcoin terus turun karena fokus investor beralih ke dolar AS, yang telah melonjak ke level tertinggi dua bulan. Dolar AS menguat terhadap sejumlah mata uang utama lainnya untuk sesi keempat berturut-turut pada pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), di tengah kekhawatiran berkelanjutan atas kemungkinan gagal bayar utang AS dan data ekonomi makro dan pasar tenaga kerja AS yang optimis. Indeks dolar AS (DXY) naik 0,34 persen menjadi 104,24 pada akhir perdagangan.

Anggota parlemen AS diketahui meninggalkan Washington untuk liburan panjang akhir pekan pada Kamis (25/5) tanpa kesepakatan untuk menaikkan plafon utang. Namun, ada laporan positif soal kemajuan menuju peningkatan plafon utang AS, meskipun investor kripto tetap berhati-hati, dengan pembicaraan yang terhenti sebelumnya.

Indikator Ekonomi

Sementara dari indikator ekonomi AS memicu taruhan kenaikan suku bunga Fed 25 basis poin pada bulan Juni. Menurut metrik CME FedWatch Tool, kemungkinan kenaikan suku bunga Fed 25 basis poin pada bulan Juni melonjak dari 36,4% menjadi 52,2% pada hari Kamis. Pasar tenaga kerja dan angka PDB yang lebih baik dari perkiraan mendukung pergeseran sentimen pada angka inflasi bulan Mei.

“Ke depan sentimen terkait plafon utang AS akan tetap menjadi pendorong utama. pasar kripto Ancaman default AS kemungkinan akan membatasi ekspektasi pasar dari kenaikan suku bunga The Fed bulan Juni dan dapat menekan aset berisiko,” kata Fyqieh.

Perubahan dalam nilai DXY dapat memberikan petunjuk tentang keadaan ekonomi AS dan juga dapat mempengaruhi harga komoditas, saham, dan aset-aset lainnya secara global. Dolar AS mengalami penguatan semenjak 9 mei hingga 26 mei. Penguatan ini disebabkan adanya penurunan suku bunga acuan serta data inflasi yang mengalami turun serta CPI yang menunjukan baik. Akibat penguatan USD ini maka harga Bitcoin sebagai salah satu komoditas mengalami pelemahan selama bulan Mei ini. Diprediksi USD akan koreksi pada bulan Juni akibat adanya isu plafon utang AS.

Fear & Greed Bitcoin Index by Alternative.me

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Bitcoin dan Ethereum Jika AS Gagal Bayar Utang?

Indeks Fear and Greed Bitcoin menunjukkan angka 49, yang menandakan bahwa sentimen terhadap Bitcoin saat ini berada dalam kondisi netral hingga bearish. Pada minggu sebelumnya, indeks Fear and Greed Bitcoin menunjukkan angka 48 yang juga mengindikasikan kondisi netral hingga bearish. Hal ini menunjukkan adanya konsistensi dalam sentimen yang diperlihatkan oleh indeks tersebut, yaitu adanya potensi penurunan harga Bitcoin. 

Advertisement

Namun, penting untuk diingat bahwa indeks Fear and Greed hanyalah satu faktor dalam menganalisis pasar kripto. Pergerakan harga Bitcoin juga dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya, seperti berita dan peristiwa terkait kripto secara keseluruhan, adopsi institusional, sentimen pasar global, serta teknikal dan fundamental lainnya.

Coinglass.com.

Berdasarkan kapitalisasi pasarnya, aset kripto mengalami penurunan sebesar US$ 51 Miliar. Awalnya berada di US$ 1.102 Triliun. Penurunan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk berita dan ketidakpastian dalam aspek makro ekonomi. Salah satu faktor yang disebutkan adalah Debt Ceiling AS yang terbatas, yang kemudian akan menghadapi jatuh tempo obligasi pemerintah pada 1 Juni. Hal ini menciptakan ketakutan dan kekhawatiran bagi para investor kripto terhadap platfon utang AS.

Analisis Pergerakan Harga

Bitcoin (BTC) Terkonfirmasi Koreksi

BTC/USDT Index by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Menurut Fyqieh, pergerakan harga Bitcoin dalam waktu dekat kemungkinan akan mengalami tekanan bearish dan berpotensi menuju retest garis support di sekitar harga US$ 25.000. Ada indikasi bearish engulfing pada timeframe harian yang berpotensi penurunan ini. Saat ini, Bitcoin sedang menguji kembali area resisten yang sebelumnya berperan sebagai support pada moving average 100 hari. Secara keseluruhan, dari perspektif makro ekonomi, terdapat kemungkinan Bitcoin akan turun di bawah harga US$ 26.000 dalam minggu mendatang.

“Jika Bitcoin menguat di atas harga US$ 28.000, ada potensi untuk melanjutkan kenaikan harganya ke level lebih dari US$ 30.000 dalam beberapa bulan mendatang. Tetaplah berhati-hati dalam melakukan analisis dan keputusan investasi,” analisa Fyqieh.

Beta Finance (BETA) Terkonfirmasi Breakout, Bullish segera

BETA/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pergerakan Beta Finance memiliki potensi bullish setelah terjadi breakout dengan candlestick hijau yang kuat dan diiringi oleh volume transaksi yang signifikan. Dalam analisis teknikal, terdapat kemungkinan bahwa pergerakan Beta Finance akan mengalami peningkatan dalam beberapa hari mendatang, dengan potensi keuntungan sekitar 18,71% jika harga Beta mencapai level US$ 0,119. Estimasi ini dapat tercapai, jika ada kekuatan bullish yang kuat dan berkelanjutan dalam beberapa hari ke depan.

Namun, perlu diingat bahwa dalam perdagangan kripto, pergerakan harga sangatlah dinamis dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Resistensi penting yang perlu diperhatikan berada di sekitar level harga US$ 0,1113, sedangkan support harga terletak di sekitar level US$ 0,1. Level resisten dan support ini dapat mempengaruhi pergerakan harga Beta Finance dan menjadi area yang signifikan untuk dipantau.

Binance Coin (BNB) Potensi Bearish

BNB/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Aset Kripto?

BNB (Binance Coin) adalah mata uang kripto asli dari Binance, salah satu bursa kripto terbesar dan terpopuler di dunia. BNB digunakan untuk membayar biaya transaksi di Binance dan memiliki utilitas tambahan dalam ekosistem Binance serta di luar bursa tersebut. BNB juga memiliki nilai investasi dan fitur pembakaran yang dapat meningkatkan nilai pasar.

Pergerakan harga BNB diprediksi akan mengalami koreksi yang cukup tinggi yaitu sekitar 5,6% dalam beberapa hari kedepan. Hal ini diakibatkan karena adanya penurunan kapitalisasi pasar seluruhnya baik altcoin maupun Bitcoin. Efek ini membawa altcoin lainnya ikut terkoreksi. Potensi penurunan ini hingga mencapai US$ 294 dan saat ini BNB diperdagangkan di harga US$ 301. Pergerakan bullish bisa saja terjadi ketika BNB melewati resisten terdekat nya pada area harga US$ 306 dan akan menuju resisten selanjutnya di harga US$ 318

“Potensi bullish untuk BNB saat ini sangat kecil karena launchpad yang biasanya diadakan, sekarang sedang dalam keadaan yang kurang baik sehingga belum tahu kapan Binance akan melanjutkan launchpad-nya. Biasanya jika terhjadi launchpad, BNB bisa menguat 2-6% setelah pengumuman launchpad proyeknya,” pungkas Fyqieh.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular