Connect with us

Business

Elon Musk Siapkan Media Sosial Berbasis Blockchain, Bayar Pakai DOGE

Published

on

Elon Musk usul Twitter dan Tesla terima pembayaran pakai Dogecoin. Foto: PCmag.

Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, baru-baru ini mengungkapkan rincian tentang keterlibatannya dalam proyek Dogecoin (DOGE) dan ide untuk meluncurkan platform media sosial berdasarkan blockchain.

Musk dilaporkan tertarik dalam mengembangkan Dogecoin, aset kripto yang semula diciptakan sebagai lelucon mengenai Bitcoin. Tidak hanya itu, ia juga sedang mempertimbangkan untuk menciptakan platform media sosial baru yang berbasis blockchain dengan fitur pembayaran.

Rencananya terkait platform media sosial ini terungkap dalam sebuah biografi yang dijadwalkan akan diterbitkan pada tanggal 12 September. Buku tersebut, juga menyebutkan upaya gagal mantan raja kripto Sam Bankman-Fried untuk membantu Musk mengakuisisi Twitter.

Media Sosial Basis Blockchain

Pandangan Musk terhadap Twitter melibatkan transformasinya menjadi platform pembayaran di mana pengguna dapat melakukan transfer uang, memberikan tip kepada pembuat konten, dan bahkan membayar untuk beragam konten seperti artikel, musik, dan video.

Dalam upaya untuk mengatasi masalah spam dan mencari sumber pendapatan baru, Musk mengusulkan penerapan biaya kecil sekitar US$ 2 per bulan kepada pengguna agar mereka dapat memverifikasi akun mereka.

Elon Musk ganti nama dan logo Twitter jadi X. Sumber: Getty Images.
Elon Musk ganti nama dan logo Twitter jadi X. Sumber: Getty Images.

Baca juga: 4 Kripto yang Diprediksi Capai ATH Baru di Bulan September 2023

Musk telah lama menjadi pendukung kebebasan berbicara di platform media sosial dan telah mengkritik upaya Twitter dalam mengatur apa yang dapat diungkapkan oleh penggunanya. Menurutnya, demokrasi akan lebih baik jika Twitter tidak mencoba membatasi kebebasan berbicara penggunanya.

Ide untuk memulai platform media sosial berbasis blockchain muncul dari saran saudara Elon, Kimbal Musk. Musk tertarik dengan konsep tersebut dan bahkan menyuarakan agar platform ini menggunakan Dogecoin sebagai sistem pembayaran.

Advertisement

Seorang bankir dari Morgan Stanley yang bekerja dengan Musk juga mendorongnya untuk berbicara dengan Sam Bankman-Fried, pendiri bursa kripto FTX, yang berniat menginvestasikan 5 miliar dolar AS (sekitar Rp 60 triliun) dalam proyek tersebut. Namun, Musk menolak tawaran ini karena ia merasa bahwa membangun jaringan sosial berbasis blockchain akan terlalu lambat untuk mendukung kecepatan posting di Twitter.

Dukung DOGE

Musk diam-diam mendanai pengembangan Dogecoin, menurut biografi baru pemilik Spacex dan Tesla yang akan diterbitkan pada 12 September. Aset kripto, yang dimulai sebagai lelucon satu dekade lalu, berhutang banyak pada popularitasnya di mata Musk yang juga memantapkan dirinya sebagai influencer kripto.

Komentar Elon Musk tentang Dogecoin (DOGE) diduga menggerakkan pasarnya. Dalam gugatan class action yang melibatkan koin meme awal tahun ini, penggugat menuduhnya melakukan perdagangan orang dalam dan menaikkan harga kripto. Pada akhir Maret, Musk berusaha untuk mengakhiri gugatan senilai US$ 258 miliar, bersikeras bahwa tweet yang mendukung dogecoin tidak melanggar hukum.

Ilustrasi Dogecoin (DOGE). Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Dogecoin (DOGE). Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Smartphone Ethereum Pertama Terjual Habis Dalam 24 Jam

Miliarder itu menjuluki dirinya sendiri “The Dogefather” dalam tweet yang mempromosikan penampilan Saturday Night Live pada Mei 2021 sementara tahun ini ia mengubah logo burung biru Twitter menjadi logo Dogecoin Shiba Inu. Dia membeli layanan mikroblog dan jejaring sosial seharga US$ 44 miliar tahun lalu dan baru-baru ini mengganti namanya menjadi X.

Ketertarikannya terhadap teknologi blockchain bukan hal baru, karena sebelumnya ia telah menunjukkan dukungannya terhadap Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Selain itu, Musk juga mengungkapkan bahwa ia memiliki sejumlah Bitcoin dan Dogecoin yang ditujukan sebagai hadiah untuk anak-anaknya.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular