Connect with us

Bitcoin News

Alasan Mengapa Harga Ethereum Menguat Terhadap Bitcoin

Published

on

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.

Ethereum (ETH) mengabaikan hambatan bearish di pasar kripto dan Bitcoin dengan menunjukkan kekuatan pada level dukungan US$ 2.500. ETH bertahan pada level US$ 2.500 bahkan ketika data menunjukkan likuidasi berjangka meningkat.

Dilaporkan Cointelegraph, menurut data dari sumber pemantauan Coinglass, pada 16 Januari terjadi likuidasi ETH short senilai US$ 15,03 juta dibandingkan likuidasi long ETH senilai US$ 5,3 juta. Hal ini bertepatan dengan kenaikan pasangan ETH/USD ke level tertinggi US$ 2.614, menembus resistance di US$ 2.500.

Data lebih lanjut dari perusahaan analitik on-chain Glassnode menangkap dominasi likuidasi jangka pendek versus likuidasi panjang pada 16 Januari. Sebuah laporan oleh 10xResearch mengungkapkan peningkatan minat terbuka Ether sejak awal tahun.

“Pangsa open interest di masa depan pelaku tetap datar untuk BTC (41,6% pada 1 Januari Vs. 41,1% sekarang), sementara porsi open interest ETH telah meningkat dari 21,8% menjadi 26,5%.”

Apresiasi ETH/BTC Akan Terus Berlanjut

10xResearch juga menyoroti bahwa Bitcoin (BTC) indikator dominasi turun di bawah 50% untuk hari keempat. Hal ini sering kali dilihat sebagai tanda bahwa altcoin secara berkelanjutan dapat berkinerja lebih baik dibandingkan Bitcoin.

Berdasarkan grafik di bawah, dominasi ETH telah naik ke level tertinggi dalam tiga bulan di atas 18%.

Dominasi Bitcoin vs. Ethereum. Sumber: 10xResearch.
Dominasi Bitcoin vs. Ethereum. Sumber: 10xResearch.

Baca juga: Elon Musk Tetap dalam Permainan Kripto: Punya BTC dan DOGE

Data dari penyedia data on-chain Santiment menunjukkan dominasi harga Ethereum melonjak terhadap Bitcoin, menandai peningkatan +22,4% dalam seminggu terakhir.

Advertisement

Periode ini juga menyaksikan terciptanya sekitar 89.400 alamat Ethereum baru per hari, yang semakin menggarisbawahi pertumbuhan daya tarik platform ini. Khususnya, 96.300 dompet dibuat pada 16 Januari saja.

Data tersebut juga menunjukkan pasokan ETH di bursa mendekati titik terendah sepanjang masa di 8,05%. Hal ini menandakan pergerakan menuju self-custody dan staking, yang menyiratkan berkurangnya risiko aksi jual dalam waktu dekat, menghadirkan skenario yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan kekhawatiran yang timbul dari meningkatnya pasokan di bursa.

Metrik on-chain ini menyoroti kekuatan pasar Ether saat ini dan potensinya untuk mengungguli Bitcoin dalam jangka pendek.

Peningkatan Ethereum Dencun

Peningkatan terbaru ke jaringan Ethereum, dengan nama kode “Cancun-Deneb” atau “Dencun,” telah ditayangkan di testnet Goerli, menurut postingan media sosial 17 Januari dari pengembang Ethereum Parithosh Jayanthi.

Inti dari penerapan Dencun di testnet Goerli adalah penerapan EIP-4844, yang diharapkan dapat menurunkan biaya transaksi secara signifikan pada lapisan 2 Ethereum seperti Optimism, Base, Polygon zkEVM, dan lainnya. Ini juga akan membatasi operasi penghancuran diri dan memungkinkan fitur bridge dan staking pool baru.

Menurut peta jalan Ethereum tahun 2024 , momen besar berikutnya dalam jadwal pengujian Dencun adalah pada tanggal 30 Januari, yang dijadwalkan untuk diterapkan di testnet Sepolia.

Testnet Holesky akan menyusul pada 7 Februari. Tim belum mengumumkan tanggal penerapan peningkatan pada mainnet.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular