Connect with us

Bitcoin News

Mengapa Harga BTC Tidak Naik Meskipun Ada ETF Bitcoin Spot?

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Pada awal tahun 2024, komunitas kripto dengan penuh harap-harap cemas menyambut kehadiran Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot. Namun, setelah mendapatkan persetujuan resmi dari Securities and Exchange Commission (SEC), banyak yang bertanya-tanya: mengapa harga Bitcoin (BTC) tidak mengalami lonjakan, meskipun ada minat dari investor tradisional di Amerika Serikat?

Salah satu analis terkemuka, Peter Schiff, telah berbicara tentang tren harga Bitcoin baru-baru ini. Menurut Schiff, salah satu alasan mengapa harga BTC tidak mengalami kenaikan yang signifikan adalah arus keluar dana dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang jumlahnya lebih besar daripada aliran masuk ke sepuluh ETF Bitcoin spot lainnya.

Dikutip Bitcoinsistemi, Schiff yang dikenal sebagai pendukung emas sejati, mencatat bahwa permintaan terhadap Bitcoin Spot ETF mengalami penurunan, dan ini bisa menjadi salah satu penyebab kurangnya pergerakan positif dalam harga Bitcoin.

Sebelum persetujuan ETF, banyak yang berharap bahwa produk-produk baru ini akan menarik minat pembeli. Namun, keinginan tersebut sepertinya redup karena sejumlah besar investor memilih untuk menjual aset mereka di GBTC.

Selain itu, Schiff memperingatkan bahwa ada kemungkinan pengenalan peraturan ketat dalam pasar mata uang kripto. Dia mengatakan, “Karena Gary Gensler [Ketua SEC] terdesak untuk menyetujui Bitcoin ETF, saya berharap dia akan segera mengenalkan regulasi baru yang ketat, yang mungkin akan meningkatkan biaya transaksi Bitcoin secara signifikan. Ini dapat melemahkan argumen penggunaan Bitcoin dan berpotensi menyebabkan penurunan harga yang tajam.”

Pasar kripto terus berkembang dan berubah, dengan banyak faktor yang memengaruhi pergerakan harga aset digital. Meskipun ETF Bitcoin spot telah menjadi titik fokus dalam industri ini, efeknya terhadap harga Bitcoin sepertinya belum sepenuhnya terwujud, dan para pemangku kepentingan terus memantau perkembangan di pasar ini dengan cermat.

Volume ETF Bitcoin Lampaui $10 Miliar

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Solana Berencana Luncurkan Ponsel Baru, Akankah Harga SOL Naik?

Volume ETF Bitcoin tidak meninggalkan keraguan tentang masa depan meskipun ada rintangan harga BTC selama seminggu terakhir.

Advertisement

Data dari analis Bloomberg Intelligence James Seyffart yang diunggah ke X (sebelumnya Twitter) menunjukkan bahwa pada 16 Januari, volume spot ETF telah melampaui $10 miliar.

ETF terbaru Bitcoin telah menimbulkan kontroversi sejak debutnya pada 11 Januari, dengan aktivitas perdagangan yang hingar-bingar hanya memiliki sedikit dampak nyata terhadap pertumbuhan harga BTC.

Meskipun beberapa pihak merasa was-was dengan dampaknya, rekan analis Bloomberg, Eric Balchunas berpendapat bahwa angka-angka mentah sudah membuktikannya.

“Izinkan saya menjelaskan betapa gilanya volume $10 miliar dalam 3 hari pertama,” komentarnya di postingan Seyffart.

“Ada 500 ETF yang diluncurkan pada tahun 2023. Hari ini, mereka menghasilkan volume gabungan sebesar $450 juta. Yang terbaik menghasilkan $45 juta. Dan banyak yang memiliki waktu berbulan-bulan untuk memulainya. $IBIT sendiri melihat lebih banyak aktivitas daripada keseluruhan ETF lainnya.”

Namun, sementara itu, hanya sedikit yang mengantisipasi lonjakan harga BTC di luar kisaran perdagangan yang sudah ada sejak awal Desember 2023.

Meskipun beberapa pihak tetap percaya diri dengan kekuatan pasar pada level $43.000 saat ini, masih ada keraguan mengenai kemampuan Bitcoin untuk menghindari kapitulasi baru.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular