Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Diprediksi Akan Menjadi Mata Uang untuk Kecerdasan Buatan

Published

on

Bitcoin Diprediksi Akan Menjadi Mata Uang untuk Kecerdasan Buatan.

Bitcoin diprediksi akan menjadi mata uang pilihan untuk AI (artificial intelligence) karena sifatnya yang digital dan otomatis. Arthur Hayes, nama terkenal di pasar kripto, telah membuat prediksi yang berani mengenai masa depan kecerdasan buatan dan kripto.

Menurut Hayes, Bitcoin akan menjadi mata uang pilihan untuk kecerdasan buatan di masa depan, seperti Dikutip BeInCrypto. Argumennya mengacu pada karakteristik yang melekat pada Bitcoin. Idealnya sesuai dengan potensi kebutuhan dan mekanisme operasional AI.

Inti dari argumen Hayes adalah kebutuhan entitas AI untuk berinteraksi dengan ekosistem ekonomi. Ini adalah konsep yang dia perkenalkan melalui “PoetAI” hipotetis, sebuah entitas yang menciptakan puisi indah dari petunjuk bahasa alami.

Model ini menghabiskan banyak data dan energi dari puisi masa lalu untuk belajar dan berkembang dan membebankan biaya untuk layanannya. Oleh karena itu, timbul kebutuhan akan sistem pembayaran yang efisien, efektif, dan andal .

Keunggulan Bitcoin

Pasokan Peredaran Bitcoin. Sumber: Statista.
Pasokan Peredaran Bitcoin. Sumber: Statista.

Baca juga: Robert Kiyosaki: Harga Bitcoin Bakal Meledak di 2024 dan Dolar AS Turun

Persyaratan sistem pembayaran semacam itu sangat ketat. Misalnya, harus digital, otomatis, dan tersedia sepanjang waktu, tanpa batasan geografi atau jam perbankan. Menurut Hayes, sistem perbankan tradisional gagal memenuhi kebutuhan tersebut, seperti halnya lapisan digital seperti PayPal karena ketergantungannya pada bank dan kerentanan terhadap penyensoran.

Hayes menegaskan bahwa hanya sistem berbasis blockchain, yang kebal terhadap perubahan aturan yang mendadak dan deplatforming, sudah cukup membuat aman. Di antara mata uang bertenaga blockchain lain, dia semakin mempersempit pilihan ke Bitcoin, mengutip sifat intrinsiknya seperti resistensi sensor, kelangkaan, dan sifat digital.

Keberlangsungan entitas AI bergantung pada dua sumber daya penting: Data dan daya komputasi, yang keduanya pada akhirnya menghasilkan konsumsi listrik.

Advertisement

Bitcoin Pilihan Tepat

Hayes menunjukkan bahwa AI juga harus menghasilkan lebih banyak nilai daripada energi yang dikonsumsinya. Dengan demikian, mata uang yang akan diterima AI harus mempertahankan daya belinya relatif terhadap biaya listrik.

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Hasan Fawzi Terpilih Jadi DK OJK Pengawas Kripto, Ini 7 Pilar Strateginya

Argumen Hayes untuk Bitcoin sebagai mata uang AI bergantung pada tiga parameter: kelangkaan, resistensi sensor digital, dan daya beli energi. Bitcoin mengungguli emas dan fiat dalam hal kelangkaan dan ketahanan sensor.

Dalam hal daya beli energi, nilai Bitcoin secara intrinsik terkait dengan biaya listrik, tidak seperti emas atau mata uang fiat. Hipotetis AI juga menunjukan Bitcoin muncul sebagai pilihan yang jelas . Memang, itu memenuhi kriteria tahan sensor digital, mempertahankan nilai relatif terhadap listrik, dan terbukti langka.

Dengan umur yang berpotensi bertahan lebih lama dari peradaban manusia, AI akan membutuhkan mata uang dengan umur panjang yang terbukti tidak bergantung pada institusi manusia.

Hayes percaya bahwa semangat investasi pertumbuhan dapat mencapai puncaknya antara tahun 2025 dan 2026. Model prediktifnya menguraikan hasil potensial dari harga Bitcoin, terutama ditentukan oleh ukuran ekonomi AI.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular