Connect with us

Market

Bitcoin Kembali di Atas Rp 400 Juta Setelah Rilis Data Inflasi CPI AS

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Harga Bitcoin (BTC) terpantau naik pada Kamis (14/9) pagi dan diperdagangkan di atas US$ 26.000 atau sekitar Rp 400 juta mengikuti rilisnya data inflasi AS terbaru bulan Agustus 2023. Aset kripto terbesar di dunia ini memperoleh kembali level dukungan US$ 26.000 pada Rabu (13/9) sore dan menyentuh level tertinggi harian di atas US$ 26.370 pada Kamis pagi dini hari.

Meskipun berhasil merebut kembali batas utama US$ 26.000, momentum Bitcoin tampaknya telah melemah pada hari Selasa (12/9), namun “masih cukup kuat untuk mempertahankan sebagian besar dari apa yang diperoleh kembali setelah pemantulan,” Keith Alan, Co-founder Material Indicators dikutip Forkast News.

Bitcoin masih menghadapi berbagai resistensi teknis, termasuk “death cross” antara rata-rata pergerakan sederhana 50 hari dan 200 hari – yang saat ini berada di US$ 27.444 dan US$ 27.670. Serta rata-rata pergerakan 100 hari pada US$ 28.292 yang menguraikan batas atas kisaran, menurut Alan.

Grafik 1 jam BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik 1 jam BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Ini Jumlah Bitcoin yang Dibutuhkan untuk Beli iPhone 15 Baru

Sementara, Ethereum (ETH) juga naik untuk mendapatkan kembali level US$ 1.600 atau sekitar Rp 24 juta, tetapi masih diperdagangkan 1,64% lebih rendah dalam tujuh hari terakhir. Kripto teratas kedua mencapai level tertinggi 24 jam di US$ 1.619.11 pada Selasa malam.

Semua 10 token kripto non-stablecoin teratas lainnya naik, dengan Solana (SOL) menjadi ujung tombak para pemenang dengan kenaikan 24 jam lebih dari 2%.

Data Inflasi AS

Reli ‘tipis’ pasar kripto tersebut mengikuti rilis indeks harga konsumen (CPI) AS pada hari Rabu (13/9), yang menunjukkan percepatan tingkat inflasi tahunan pada bulan Agustus, sementara CPI inti yang tidak termasuk harga pangan dan energi menunjukkan perlambatan. Saham berjangka AS diperdagangkan lebih tinggi, setelah Wall Street ditutup bervariasi pada hari Rabu.

(CPI) bulan Agustus naik 0,6%, sejalan dengan ekspektasi ekonom sebesar 0,6% dan naik dari 0,2% di bulan Juli. Pada basis tahun-ke-tahun, inflasi CPI naik menjadi 3,7% dibandingkan perkiraan sebesar 3,6% dan dari 3,2% pada bulan sebelumnya.

Advertisement

CPI inti – yang tidak termasuk biaya pangan dan energi – naik 0,3% dibandingkan ekspektasi ekonom sebesar 0,2% dan dibandingkan 0,2% pada bulan sebelumnya. Pada basis tahun-ke-tahun, CPI inti turun menjadi 4,3%, sejalan dengan perkiraan ekonom dan turun dari 4,7% pada bulan Juli.

Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.
Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.

Baca juga: Bagaimana Teknologi Blockchain Akan Mengubah Industri Perbankan

The Fed menggunakan CPI, Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi, dan data tenaga kerja AS untuk menginformasikan keputusan kebijakan suku bunganya. Bank sentral akan bertemu minggu depan untuk memutuskan apakah akan menaikkan suku bunga untuk mengembalikan inflasi tahunan menjadi 2%.

Sentimen FTX

Harga Bitcoin dan Ether sempat anjlok pada Kamis pagi waktu setempat di Asia setelah bursa kripto FTX yang bangkrut menerima persetujuan pengadilan untuk menjual aset kripto senilai US$ 3,4 miliar. Penjualannya dibatasi hingga US$ 100 juta per minggu, yang dapat diperpanjang hingga US$ 200 juta.

Kepemilikan kripto FTX saat ini termasuk US$ 1,16 miliar dalam SOL Solana dan US$ 560 juta dalam Bitcoin, menurut pengajuan pengadilan pada hari Senin.

Meskipun ada likuidasi FTX, harga kripto sebagian besar tetap stabil. Semua 10 kripto non-stablecoin teratas lainnya membukukan keuntungan dalam 24 jam terakhir. SOL memimpin kenaikan, yang naik 2,70% menjadi US$ 18,43 tetapi kehilangan 6,70% untuk minggu ini.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular