Connect with us

Market

FTX Dapat Restu Pengadilan Jual Aset Kripto, Bitcoin Kok Malah Naik?

Published

on

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Bursa kripto yang bangkrut, FTX, telah menerima izin pengadilan AS pada hari Rabu (13/9) untuk melikuidasi aset kripto yang dimilikinya. Ini adalah sebuah langkah yang menurut perusahaan akan memungkinkannya membayar pelanggan dalam dolar AS dan meminimalkan risiko terkait volatilitas harga di pasar kripto.

Hakim John Dorsey menyetujui proposal FTX pada sidang pengadilan di Wilmington, Delaware, mengizinkan FTX untuk menjual aset kripto hingga US$ 100 juta per minggu dan mengadakan perjanjian lindung nilai dan staking yang akan memungkinkan FTX meminimalkan risiko volatilitas harga, serta mendapatkan keuntungan pasif pendapatan dari aset kripto yang lebih umum seperti Bitcoin dan Rter.

Permintaan FTX didukung oleh komite resmi yang ditunjuk untuk mewakili pelanggannya dalam kebangkrutan, dan oleh komite ad hoc yang mewakili pelanggan non-AS yang memiliki simpanan di bursa internasional FTX.com.

Dampak ke Pasar Kripto

Selama sidang, Dorsey mengesampingkan kekhawatiran yang diajukan oleh dua pelanggan FTX yang mengatakan penjualan FTX dapat menyebabkan jatuhnya harga kripto dan bahwa FTX mungkin tidak memiliki semua kripto yang disimpan di akunnya.

market aset kripto
Ilustrasi market aset kripto.

Baca juga: Bitcoin Kembali di Atas Rp 400 Juta Setelah Rilis Data Inflasi CPI AS

FTX mengatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa mereka sangat menyadari risiko bahwa upayanya untuk melikuidasi koin dapat menggerakkan pasar kripto. Dikatakan bahwa pihaknya telah mempekerjakan perusahaan kripto AS, Galaxy sebagai penasihat investasi untuk mengelola risiko bahwa “kebocoran informasi” akan menyebabkan aktivitas short-selling dan penurunan tajam harga kripto.

Dorsey mengizinkan FTX untuk meningkatkan kecepatan likuidasi hingga US$ 200 juta per minggu, jika kedua komite kreditur setuju.

FTX mengatakan dalam pengajuan pengadilan hari Senin (11/9) bahwa mereka memiliki US$ 3,4 miliar dalam kripto, termasuk US$ 1,16 miliar dalam Solana, US$ 560 juta dalam Bitcoin, dan US$ 192 juta dalam Ethereum.

Advertisement

FTX mengajukan kebangkrutan pada November 2022 setelah adanya klaim bahwa mereka menyalahgunakan dan kehilangan simpanan kripto pelanggan senilai miliaran dolar. FTX telah memulihkan lebih dari US$ 7 miliar aset untuk membayar kembali pelanggan.

Harga Bitcoin Naik

Grafik 1 jam BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik 1 jam BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Dua Kripto Ini Bakal Naik di Atas 10% pada Pekan Ini, Simak Analisisnya

Sebelum keputusan ini resmi keluar, investor kripto memulai minggu ini dengan gelisah tentang kehancuran pasar yang akan segera terjadi karena FTX melepaskan kepemilikan kripto senilai US$ 3,4 miliar. Tapi para analis mengatakan kekhawatiran tersebut kemungkinan besar berlebihan.

Dilaporkan CoinDesk, Kepala Riset FalconX, David Lawant menunjukkan bahwa simpanan kripto FTX adalah investasi ventura dengan penguncian yang mencegah penjualan aset, dan juga akan ada batasan pada penjualan aset, sehingga mengurangi dampak pasar. “Kemungkinan besar reaksi terhadap potensi penjualan FTX dilebih-lebihkan dan pasar menjadi tenang sejak saat itu,” ujar Lawant.

Jeff Dorman, kepala investasi di perusahaan investasi aset digital Arca, mengatakan bahwa pelaku pasar pada awalnya bereaksi berlebihan terhadap potensi dampak penjualan. “Cara pembuat pasar dan pedagang kripto menjalankan pasokan FTX menunjukkan kesalahpahaman total tentang cara kerja proses penjualan sindikasi,” kata Dorman.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular