Connect with us

Market

Bursa Kripto KuCoin Didakwa Pelanggaran Pencucian Uang di AS

Published

on

Ilustrasi bursa kripto Kucoin. Sumber: Shutterstock.

Crypto exchange atau bursa kripto KuCoin dan dua pendirinya didakwa melanggar undang-undang anti pencucian uang oleh jaksa federal AS. Agen Khusus Investigasi Keamanan Dalam Negeri Darren McCormack menyebut perusahaan sebagai “dugaan konspirasi kriminal bernilai miliaran dolar.”

Dilaporkan Coindesk, Jaksa federal AS mendakwa bursa kripto KuCoin dan dua pendirinya melanggar undang-undang anti pencucian uang pada hari Selasa (26/3), dengan mengatakan bursa tersebut beroperasi di AS, berbohong kepada setidaknya salah satu investornya tentang beroperasi di AS dan menjalankan program anti pencucian uang.

Departemen Kehakiman AS mengatakan dalam dakwaan bahwa KuCoin dan pendirinya Chun Gan dan Ke Tang mengoperasikan bursa kripto ini sebagai bisnis pengiriman uang dengan lebih dari 30 juta pelanggan tetapi tidak menerapkan program Know Your Costumer (KYC) atau AML hingga tahun 2023 – itupun program KYC-nya tidak berlaku untuk pelanggan lama. Baik Gan maupun Tang tidak ditangkap, kata DOJ dalam siaran persnya.

Karena tidak menerapkan program KYC atau AML apa pun, KuCoin “menyediakan dirinya untuk digunakan, dan bahkan digunakan, sebagai sarana untuk mencuci hasil aktivitas mencurigakan dan kriminal, termasuk hasil dari pelanggaran sanksi, pasar darknet, dan malware, ransomware, dan skema penipuan,” kata dakwaan tersebut.

Gugatan Kucoin

Ilustrasi bursa kripto Kucoin. Sumber: Kucoin.
Ilustrasi bursa kripto Kucoin. Sumber: Kucoin.

Baca juga: Harga Token RWA Polymesh (POLYX) Melonjak 230% Dalam Seminggu

Dakwaan tersebut menunjuk pada tuduhan bahwa KuCoin “secara tidak langsung menerima total cryptocurrency senilai lebih dari $3,2 juta dari Tornado Cash,” sebuah entitas perusahaan kripto yang terkena sanksi. KuCoin disebutkan dalam tuntutan pidana terhadap dua pengembang Tornado Cash, Alexei Pertsev.

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi juga mengajukan gugatan terhadap KuCoin pada hari Selasa (26/3), menuduh perusahaan tersebut, yang menawarkan layanan perdagangan spot dan berjangka, tidak mendaftar sebagai pedagang komisi berjangka, fasilitas eksekusi swap, atau pasar kontrak yang ditunjuk. Gugatannya juga menuduh bahwa bursa kripto tidak menerapkan program KYC yang setara dengan CFTC.

CFTC mengupayakan sanksi moneter, larangan perdagangan dan pendaftaran, serta perintah pengadilan, sementara DOJ mengupayakan penyitaan di samping hukuman pidana.

Advertisement

Jaksa AS Damien Williams mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa KuCoin secara aktif berusaha menyembunyikan bahwa “sejumlah besar pengguna AS melakukan perdagangan” di platformnya.

“Memang benar, KuCoin diduga memanfaatkan basis pelanggan AS yang cukup besar untuk menjadi salah satu derivatif mata uang kripto dan bursa spot terbesar di dunia, dengan perdagangan harian miliaran dolar dan volume perdagangan tahunan triliunan dolar,” katanya.

Jamin Dana Pengguna

CEO KuCoin Johnny Lyu mengatakan tuntutan pidana AS terhadap bursa tidak akan mempengaruhi stabilitas operasional platform dan meyakinkan pengguna bahwa dana mereka tetap aman .

Lyu membuat pernyataan tersebut di media sosial setelah Departemen Kehakiman AS (DOJ) mengumumkan akan menjatuhkan tuntutan pidana terhadap bursa karena melanggar undang-undang anti pencucian uang (AML).

Lu berkata: “Aset Anda aman dan sehat bersama kami. Tim kami dan saya akan memberikan pembaruan tepat waktu tentang kemajuannya.”

KuCoin juga membuat pernyataan resmi mengenai tuduhan tersebut dan mengatakan pengacaranya sedang menyelidiki detailnya. Pertukaran tersebut juga meyakinkan pengguna bahwa dana “benar-benar aman.”

Token asli KuCoin (KCS) turun 5% setelah pengumuman tersebut. Harga Bitcoin (BTC) turun 1% tetapi bergejolak sepanjang hari dan diperdagangkan sekitar $70.000.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular