Connect with us

Altcoin News

CEO OpenAI Sam Altman Luncurkan Token Kripto Worldcoin (WLD)

Published

on

Ilustrasi Worldcoin (WLD). Sumber: Altcoin Buzz.

Worldcoin, salah satu proyek paling kontroversial di ruang aset kripto telah mengumumkan peluncuran token WLD. Proyek yang dikembangkan oleh CEO OpenAI, Sam Altman ini berencana untuk mendistribusikan token WLD ke lebih dari dua juta orang di seluruh dunia.

Sebelumnya, Sam Altman mengumpulkan US$ 115 juta untuk proyek kripto Worldcoin-nya. Investasi dipimpin oleh Blockchain Capital, dengan investor lain termasuk a16z, Bain Capital Crypto, dan Distributed Global. Tools for Humanity adalah tim di balik proyek untuk mengembangkan protokol sumber terbuka terdesentralisasi.

Worldcoin telah memelopori penggunaan perangkat pencitraan biometrik baru. Dinamakan Orb, perangkat ini digunakan untuk memverifikasi seseorang dari bot. Sebaliknya, perkembangannya telah menarik perhatian dari industri tentang apa artinya. Namun, banyak yang mempercayai proyek tersebut dengan harapan melindungi privasi pribadi. Sebuah praktik yang vital di era digital.

Token WLD

Saat ini, Worldcoin Orbs tersedia di berbagai kota global, termasuk Berlin, Dubai, London, Mexico City, Miami, New York City, San Francisco, Seoul, dan Tokyo. Selain itu, peluncuran token WLD menandakan penyelesaian proyek migrasi ke jaringan Optimism, solusi penskalaan Ethereum Layer 2. Selanjutnya, ketersediaan Orb akan diperluas secara global.

Grafik harian WLD/USDT. Sumber: CoinMarketCap.
Grafik harian WLD/USDT. Sumber: CoinMarketCap.

Baca juga: Semangat Kolaborasi, Tokocrypto Meriahkan Ulang Tahun ke-2 blu

Tak lama setelah diluncurkan, WLD mengalami lonjakan yang mengesankan sebesar 69%. Menurut data CoinMarketCap, harga WLD dimulai dari titik terendah US$ 1,66 dan melonjak secara signifikan hingga mencapai titik tertinggi US$ 3,30. Namun, pada saat penulisan, aset tersebut mengalami koreksi kecil dan diperdagangkan pada US$ 2,83. Volume perdagangan 24 jam untuk WLD berjumlah US$ 186.948.763.

Peningkatan nilai yang substansial kemungkinan didorong oleh pengumuman daftar ekspansif proyek Worldcoin. Daftar tersebut didukung oleh bursa seperti Huobi, Bybit, dan OKX.

Kontroversi Token WLD

Saat minat terhadap proyek tersebut melonjak, banyak orang yang mencurigai kredibilitasnya. Influencer kripto menyuarakan keprihatinan mereka di Twitter, menyoroti bahwa ada aspek yang dipertanyakan mengenai penilaian pasar aset yang sepenuhnya terdilusi. Mereka menunjukkan bahwa Fully diluted valuation (FDV) aset saat ini bernilai US$ 29 miliar, namun hanya 1,5% dari total pasokan yang tersedia di pasar saat ini.

Advertisement
Seorang operator Orb menunjukkan perangkat tersebut kepada sekelompok wanita di Indonesia. Sumber: Worldcoin.
Seorang operator Orb menunjukkan perangkat tersebut kepada sekelompok wanita di Indonesia. Sumber: Worldcoin.

Baca juga: Mengenal Arkham (ARKM) dan Potensinya di Masa Depan

Penting untuk digarisbawahi bahwa ada banyak kekhawatiran yang muncul ketika proyek tersebut berhasil mengumpulkan US$ 100 juta melalui penjualan token pribadi. Dukungan Andreessen Horowitz dan Khosla Ventures menambah kredibilitas proyek tersebut. Namun, penilaian kesepakatan perusahaan sebesar US$ 3 miliar sangat besar.

Selama putaran pendanaan Seri A pada Oktober 2021, Andreessen Horowitz mengambil peran utama, dan peserta terkenal seperti Digital Currency Group, Coinbase Ventures, dan Multicoin, serta angel investor, seperti pendiri FTX Sam Bankman-Fried dan salah satu pendiri LinkedIn Reid Hoffman, juga terlibat.

Namun, hubungan SBF dengan proyek tersebut dipandang dengan kecurigaan oleh banyak orang. Selain itu, proses pemindaian iris dari proyek Worldcoin juga menimbulkan ketakutan di antara banyak orang.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular