Connect with us

Altcoin News

Altcoin Ethena (ENA) Melonjak Tinggi 170% Dalam 24 Jam Setelah Rilis

Published

on

Ilustrasi Ethena (ENA). Sumber: Binance.

Token ENA dari Ethena Labs memiliki sejarah yang kontroversial, tetapi hal itu tidak menahan miliaran dukungan dari investor dan trader. Ethena Labs baru saja mengumumkan peluncuran token tata kelolanya, ENA, dan perluasan stablecoin token dolar sintetis USDe.

Setelah dimulainya airdrop, ENA naik lebih dari 8% dan diperdagangkan sekitar 64 sen, dengan kapitalisasi pasar mendekati $500 juta, menurut data CoinGecko. Pada Rabu (3/4) pukul 13.00 WIB, harga ENA sudah mencapai $0,820 atau naik sekitar lebih dari 170% dengan market cap sebesar $1,16 miliar.

Debutnya ENA yang menarik banyak perhatian, termasuk pujian dari Arthur Hayes, mantan CEO BitMEX, dan para penggemar kripto lainnya. Namun ia memiliki latar belakang yang kompleks.

Kontroversi ENA

Ethena mengatakan akan menggunakan token baru ini agar lebih terdesentralisasi, mudah diakses, dan aman. Perusahaan juga mengirimkan 5% dari total pasokan $ENA ke semua pemegang USDe dan sUSDe sebagai bagian dari kampanye Musim 2, yang akan berlangsung selama lima bulan.

Namun Ethena terjerat dalam kontroversi ketika siaran pers pada bulan Februari tampaknya menyiratkan bahwa mereka telah mengumpulkan jutaan dana dari investor terkemuka, yang kemudian terungkap tidak terlibat. Dalam tweet yang sekarang sudah dihapus , Ethena mengatakan rilis tersebut tidak akurat, dan tim kemudian mengatakan kepada Coindesk bahwa itu adalah “kesalahan yang jujur.”

Advertisement
ENA/USDT Daily Chart. Sumber: TradingView.
ENA/USDT Daily Chart. Sumber: TradingView.

Baca juga: Alasan Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Turun di Awal April

Sementara itu, pendekatan koin juga dinilai cukup berisiko, apalagi komunitas kripto masih merasakan dampak dari runtuhnya ekosistem Terra. Beberapa ahli menyatakan protokol Ethena sendiri memiliki beberapa kekurangan.

Namun semua kontroversi itu masih belum cukup untuk meredam minat investor. Sejak diluncurkan, koin tersebut mengumpulkan kapitalisasi pasar yang cukup untuk mengklaim tempat sebagai mata uang kripto paling berharga ke-80 di ekosistem dengan total kapitalisasi pasar lebih dari $1,2 miliar menurut Coingecko.

Tentang ENA

ENA adalah token tata kelola Ethena, protokol DeFi di balik stablecoin USDe. Mereka yang memegang $ENA memiliki hak untuk memutuskan masa depan protokol, sama seperti pemegang saham yang menentukan masa depan perusahaan.

Fondasi protokol ini dibangun berdasarkan pencetakan dan penukaran USDe—sebuah proses di mana pengguna mengubah mata uang kripto mereka menjadi stablecoin USDe, yang bertujuan untuk mempertahankan patokan stabil terhadap dolar AS. Proses ini sangat penting untuk memastikan bahwa USDe dapat berfungsi sebagai media pertukaran yang andal di pasar kripto yang bergejolak.

Ethena memanfaatkan Ethereum dan mempertaruhkan Ethereum (versi Ethereum yang dikunci untuk mendukung operasi jaringan, mendapatkan imbalan sebagai imbalannya) sebagai jaminan, memastikan setiap USDe didukung oleh aset berwujud. Namun tidak seperti Tether atau Circle, aset berwujud ini bukanlah dolar nyata disimpan di rekening bank. Sebaliknya, mereka adalah mata uang kripto yang terkunci dalam kumpulan.

Advertisement

Mengingat sifat kripto yang fluktuatif, sistem ini menimbulkan beberapa lapisan risiko—terutama seputar ketergantungan protokol pada nilai Ethereum yang berfluktuasi. Stabilitas protokol bergantung pada strategi yang dikenal sebagai lindung nilai delta—sebuah metode untuk mengurangi, atau melakukan lindung nilai, jumlah uang yang mungkin hilang dari suatu investasi karena perubahan di pasar.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular