Connect with us

Market

Alasan Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Turun di Awal April

Published

on

Bitcoin zona merah

Pasar kripto jatuh saat memasuki awal April 2024, karena harga Bitcoin (BTC) turun di bawah $66.500 dan altcoin berkapitalisasi besar mulai banyak melakukan aksi jual. Total kapitalisasi pasar turun 5,20% menjadi $2,40 triliun pada tanggal 2 April, penurunan satu hari terbesar dalam tiga minggu.

Dilaporkan Cointelegraph, Bitcoin (BTC), aset kripto teratas dalam hal kapitalisasi pasar, telah memimpin penurunan dengan jatuh 4,2% menjadi sekitar $66.400 dalam 24 jam terakhir. Ethereum (ETH), kripto terbesar kedua, telah merosot 4,66% menjadi sekitar $3.560 pada periode yang sama.

Mari kita telusuri alasan mengapa pasar kripto sedang lesu saat ini.

Sentimen Risiko Meningkat

Bitcoin dan pasar kripto lainnya telah tenggelam sejak awal April, karena surutnya pertaruhan terhadap kebijakan moneter Federal Reserve yang lebih longgar menyusul data manufaktur AS yang lebih kuat dari perkiraan.

Khususnya, pada tanggal 1 April, Institut Manajemen Pasokan AS melaporkan kenaikan indeks manufaktur sebesar 2,5%, meningkat untuk pertama kalinya sejak tahun 2022. Data tersebut mengikuti penurunan ekspektasi terhadap pelonggaran The Fed, sebagaimana tercermin dalam harga kontrak swap untuk tahun ini, yang turun menjadi sekitar 65 basis poin.

U.S. manufacturing PMI performance. Sumber: Bloomberg.
U.S. manufacturing PMI performance. Sumber: Bloomberg.

Penurunan ekspektasi pelonggaran ini, ditambah dengan keyakinan bahwa suku bunga akan tetap tinggi dalam waktu dekat, mendorong kenaikan signifikan pada imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun, yang melonjak dari 4,18% menjadi 4,33%.

Ketika imbal hasil obligasi meningkat, investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi karena perkiraan inflasi atau kenaikan suku bunga, yang sering kali menandakan perekonomian yang kuat atau kebijakan moneter yang lebih ketat. Hal ini biasanya menyebabkan berkurangnya selera risiko, sehingga mendorong investor menghindari aset berisiko seperti kripto.

Advertisement

Arus keluar ETF Bitcoin

Saat ini, penurunan pasar kripto bertepatan dengan berkurangnya arus masuk ETF Bitcoin spot AS. Khususnya, pada tanggal 1 April, dana ini memproses penarikan senilai $85,7 juta, menurut data yang disediakan oleh Farside Investors.

Bitcoin ETFs daily net flow tracker. Sumber: Farside.
Bitcoin ETFs daily net flow tracker. Sumber: Farside.

Baca juga: Pertumbuhan Signifikan Token RWA dan Stablecoin

Mengurangi arus masuk ETF Bitcoin menunjukkan penurunan selera risiko investor. Dalam kondisi pasar yang tidak menentu atau bearish, investor mungkin lebih memilih memegang uang tunai atau berinvestasi pada aset yang lebih tradisional dan tidak mudah berubah.

Misalnya, sejak rilis data ISM, DXY, yang mengukur kekuatan greenback versus sejumlah mata uang asing utama, telah meningkat 0,59%.

Koreksi Overbought

Penurunan pasar kripto saat ini adalah bagian dari langkah koreksi yang lebih luas yang dimulai pada 14 Maret ketika mencapai puncak lokal sekitar $2,72 triliun.

Penyesuaian ini mengikuti peningkatan Relative Strength Index (RSI) mingguan pasar di atas tanda overbought yaitu 70, menandakan penilaian yang terlalu tinggi dan mengakibatkan berkurangnya minat pedagang. Selain itu, kisaran resistensi historis $2,57-3,02 triliun telah membatasi upaya kenaikan pasar.

Sementara itu, metrik Laba dan Net Unrealized Profit and Loss (NUPL) naik tajam ke wilayah Keyakinan (biru). Kenaikan tersebut terjadi sebelum periode koreksi tajam atau pasar bearish, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Bitcoin NUPL chart. Sumber: Glassnode.
Bitcoin NUPL chart. Sumber: Glassnode.

Secara historis, nilai NUPL di atas 0,6 jarang bertahan sebelum menyebabkan penyesuaian harga yang signifikan. Oleh karena itu, koreksi nyata terlihat pada bulan Maret, dengan pergerakan turun yang lebih luas mungkin sudah dimulai.

Penurunan tajam harga kripto telah memicu serangkaian likuidasi di pasar derivatif, mengejutkan para pedagang yang bullish dan mengarah pada likuidasi posisi buy yang cepat. Dalam beberapa hari terakhir, pasar mata uang kripto telah melihat lebih dari $428 juta posisi dilikuidasi, dengan posisi buy berjumlah sekitar $343 juta.

Advertisement

Likuidasi posisi derivatif panjang seperti itu dapat menyebabkan tekanan ke bawah pada harga aset, terutama ketika momentum pembelian dari volume perdagangan tidak mencukupi.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular