Connect with us

Altcoin News

Kinerja Solana (SOL) Tetap Stabil di Tengah Kontroversi FTX

Published

on

Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.

Solana (SOL), aset kripto terbesar kedelapan berdasarkan kapitalisasi pasar, telah melupakan FTX dan memulai jalur pemulihan yang kuat pada tahun 2023. Apa yang membuat kinerja Solana dinilai baik dan stabil?

Solana terkait erat dengan kekayaan FTX dan jatuhnya bursa kripto tersebut pada tahun lalu menyebabkan konsekuensi serius. Namun, SOL telah melupakan masa lalu dan memulai jalur pemulihan yang kuat pada tahun 2023.

Dilaporkan AMB Crypto, setelah jatuh ke posisi terendah dalam sejarah pada hari-hari setelah keruntuhan, nilai pasar SOL meningkat lebih dari dua kali lipat dalam setahun (year-to-date). YTD), berdasarkan CoinMarketCap.

Pemulihan Solana yang Kuat

Meskipun tidak terkait langsung dengan FTX, SOL didukung secara luas oleh salah satu pendirinya, Sam Bankman-Fried (SBF). Sedemikian rupa sehingga para kritikus berspekulasi bahwa kampanye SBF ikut bertanggung jawab atas kenaikan harga token SOL yang terlihat sebelumnya.

Ilustrasi aset kripto Solana (SOL).
Ilustrasi aset kripto Solana (SOL).

Baca juga: Enam Pertimbangan Penting untuk Harga Ethereum di Q4 2023

Menurut penyedia data pasar kripto Kaiko, perusahaan saudara FTX, Alameda Research, yang berada di pusat kegagalan, memiliki sejumlah besar token SOL di neracanya. Selain SOL, beberapa token kecil lainnya dari ekosistem Solana seperti MAPS dan SRM juga memiliki eksposur terbatas terhadap dana lindung nilai.

Meskipun aset-aset yang kurang populer ini belum pulih ke level sebelum FTX, SOL mengalahkan aset-aset teratas di pasar seperti Ethereum (ETH) dan Ripple (XRP) dalam hal pengembalian investasi dibandingkan dengan risikonya.

Peningkatan Stabil

Khususnya, dengan peningkatan nilai yang stabil pada tahun 2023, kedalaman pasar SOL di bursa juga meningkat. Selain itu, likuiditas kripto dalam unit asli meningkat secara substansial selama Q3 tahun 2023.

Advertisement

Laporan Kaiko mengaitkan pergeseran sentimen pasar dengan kemitraan strategis tingkat tinggi seperti yang terjalin dengan raksasa pembayaran, Visa dan Shopify. Kolaborasi seperti itu dengan ekosistem keuangan tradisional memang membantu memberikan keuntungan bagi Solana.

Platform e-commerce Shopify menjalin kerja sama dengan Solana Labs untuk mengintegrasikan sistem pembayaran Solana Pay. Sumber: Solana.
Platform e-commerce Shopify menjalin kerja sama dengan Solana Labs untuk mengintegrasikan sistem pembayaran Solana Pay. Sumber: Solana.

Baca juga: Pentingnya Keamanan Akun untuk Menghindari Peretasan dan Pencurian

Meski begitu, pemulihan SOL masih dalam proses. Kedalaman pasar saat ini masih jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Ujian terbesar Solana dalam beberapa hari mendatang adalah rencana likuidasi FTX yang akan datang . SOL adalah kepemilikan terbesar FTX , dengan lebih dari 71,8 juta token dalam penyimpanan bursa.

Jika seluruh kepemilikan SOL dibuang ke pasar, harga bisa jatuh ke posisi terendah yang terlihat segera setelah keruntuhan FTX.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular