Connect with us

Bitcoin News

Mungkinkah Bitcoin Akan Mencapai Rp 1,5 Miliar Sebelum Halving 2024?

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pasar kripto telah mengalami banyak pasang surut, tetapi tidak ada yang diantisipasi seperti halving Bitcoin. Ini adalah peristiwa yang secara historis memengaruhi harga BTC di masa depan.

Saat peristiwa halving berikutnya pasokan Bitcoin akan berkurang separuhnya pada tahun 2024, spekulasi marak, dengan berbagai pakar industri berbagi perkiraan mereka. Satu sentimen umum menggemakan prediksi bahwa Bitcoin akan mencapai angka US$ 100.000 sebelum peristiwa penting ini. Mungkinkah?

Dikutip BeInCrypto, Riot Platforms, salah satu pemain kunci dalam industri penambangan Bitcoin, memberikan panduan ekspansi setelah tahun 2023. Dengan fasilitas penambangan dan hosting Bitcoin terbesar di Amerika Utara, perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penambangannya menjadi 20,1 EH/s pada pertengahan 2024. Ini juga memproyeksikan ekspansi lebih lanjut menjadi 35,4 EH/s pada akhir tahun yang sama.

“Perjanjian tersebut menyediakan pengiriman penambang baru mulai Desember 2023, dengan penyebaran penambang direncanakan akan dimulai pada Q1 2024. Setelah penyebaran penuh dari 33.280 penambang yang dipesan, yang diperkirakan akan selesai pada pertengahan 2024, hash rate penambangan mandiri Riot kapasitas diharapkan meningkat menjadi 20,1 EH/s,” bunyi pengumuman tersebut.

Jika Platform Riot berhasil, itu akan muncul sebagai perusahaan penambangan Bitcoin teratas, melampaui saingan Marathon Digital Holdings dan CleanSpark.

Tingkat Hash

Nilai Hash Bitcoin. Sumber : Glassnode.
Nilai Hash Bitcoin. Sumber : Glassnode.

Baca juga: Kabar Terkait ETF BTC Bikin Bitcoin Masih Bergerak di Bawah US$ 30K

Tingkat hash jaringan Bitcoin keseluruhan dapat meningkat secara signifikan karena pemain yang lebih besar memperluas kapasitas mereka. Persaingan yang meningkat untuk hadiah blok karena tingkat hash yang lebih tinggi, pada gilirannya, dapat berdampak pada profitabilitas penambang . Terutama pasca-separuh, ketika hadiah blok dipotong setengah.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Seeking Alpha menunjukkan bahwa separuh Bitcoin tahun 2024 akan mendorong biaya operasional rata-rata untuk menambang setiap BTC menjadi antara US$ 30.000 dan US$ 60.000 dan mengurangi pendapatan penambangan sebesar 50%.

Advertisement

Dengan nilai Bitcoin tercatat tertinggi sekitar US$ 69.000, penurunan pendapatan yang signifikan dapat membahayakan banyak penambang Bitcoin.

“Kami tidak melihat cara apa pun di mana sektor Bitcoin bisa keluar tanpa cedera. Bahkan dengan 35 EH/s RIOT yang ambisius, model kami menunjukkan bahwa Bitcoin perlu diperdagangkan di atas $98.000 untuk membenarkan penilaian RIOT saat ini (pasca-separuh),” tulis laporan tersebut.

Prediksi Harga

Banyak pakar industri juga berbagi keyakinan bahwa Bitcoin akan mencapai US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar di antara waktu separuh tahun 2024. Misalnya, Adam Back, CEO Blockstream, berdiri teguh di belakang keyakinan bahwa Bitcoin akan memecahkan rekor sebelumnya.

Dia memperkirakan BTC mencapai harga lebih dari US$ 100.000 sebelum Bitcoin berikutnya berkurang setengahnya. Memang, Back, salah satu dari sedikit orang yang dikutip oleh Satoshi Nakamoto di kertas putih Bitcoin, sangat yakin dengan prediksinya sehingga dia bersedia mempertaruhkan uang untuk hasil ini.

Pertumbuhan Harga Bitcoin per Halving. Sumber: Blockware Solutions.
Pertumbuhan Harga Bitcoin per Halving. Sumber: Blockware Solutions.

Baca juga: Momen Terbaik dalam Seminggu untuk Investasi Bitcoin, Kapan?

“Taruhan aktif: Saya bertaruh Bitcoin mencapai atau melebihi $100rb antara sekarang dan setengahnya dengan [Vikingo] 1 juta sat untuk pemenang,” kata Back.

Dan dia tidak sendirian dalam pandangan bullish ini. Samson Mow, CEO Jan3, berbagi sentimen, mengharapkan rekor harga Bitcoin sebelum halving, bukan setelahnya.

Menambah Standard Chartered prediksi harga BTC, yang telah merevisi prediksi Bitcoin-nya menjadi US$ 120.000 pada akhir tahun 2024. Dasar pemikiran perusahaan perbankan internasional bergantung pada peningkatan profitabilitas penambang per BTC yang ditambang, yang mengakibatkan penurunan penjualan BTC dan lonjakan harga BTC berikutnya.

Advertisement

Perspektif ini menggarisbawahi anggapan bahwa penambang dapat memenuhi biaya dengan menjual lebih sedikit BTC karena harga Bitcoin melonjak. Akibatnya, mempertahankan lebih banyak BTC untuk mengantisipasi kenaikan harga di masa mendatang.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Popular