Connect with us

Market

Pasar Kripto Diprediksi Pulih pada Bulan Mei; Ini Yang Perlu Diketahui

Published

on

Ilustrasi bear market

Beberapa hari terakhir telah memberikan sedikit harapan bagi pasar kripto, tetapi apakah ini akan berlanjut hingga akhir bulan, seperti yang terjadi pada Maret?

Kami telah memasuki bulan baru setelah April yang buruk bagi pasar kripto. Memang, ada sedikit tanda-tanda pemulihan, tetapi masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa kita akan kembali ke kondisi Maret. Kapitalisasi pasar global saat ini hanya sebesar $2,36 triliun, dengan volume perdagangan mencapai US$72,72 miliar.

Mari kita bahas kemungkinan pemulihan pasar kripto dan tanggal-tanggal penting yang dapat mempengaruhinya.

Mengapa Pasar Crypto Menurun?

April telah menjadi bulan terburuk bagi pasar kripto dalam setahun terakhir, dengan sebagian besar mata uang digital mengalami kerugian besar setelah periode keuntungan yang cukup lama sebelumnya. Para analis meyakini bahwa masalah inflasi yang meningkat dan tingginya tingkat pengangguran telah berdampak negatif pada ekonomi AS, yang kemudian memengaruhi pasar kripto secara keseluruhan.

Ilustrasi bear market. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi bear market. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin Jangka Pendek: Akankah BTC Kembali ke $70.000?

Salah satu faktor tambahan adalah kinerja buruk ETF spot Bitcoin selama bulan April. Arus keluar Bitcoin jauh lebih tinggi dibandingkan dengan arus masuk, yang tentu saja merupakan hal yang mengkhawatirkan.

Advertisement

Namun, ada perubahan positif pada bulan Mei. Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) misalnya, mengalami arus masuk sebesar US$65 juta, dengan total arus masuk mencapai sekitar $378,3 juta.

Pemulihan Pasar Crypto

Kemungkinan Dimulai Pada 15 Mei Daniel Yan, pendiri Kryptanium Capital, telah membagikan prediksinya mengenai pemulihan pasar kripto. Menurut analisisnya, pasar mungkin akan tetap tidak stabil hingga pertengahan Mei, setelah itu kita mungkin akan melihat lebih banyak stabilitas. Data Indeks Harga Konsumen (CPI) yang akan dirilis dalam 15 hari ke depan diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang arah pasar kripto.

Pernyataan Federal Reserve juga memberikan harapan. Kebijakan penarikan uang dari perekonomian bisa memberikan dorongan positif bagi semua jenis perdagangan, termasuk mata uang kripto.

Lebih penting lagi, pemulihan harga Bitcoin menjadi indikator utama bagi stabilitas pasar. Saat ini, Bitcoin diperdagangkan sekitar $64.125,78 dengan volume perdagangan mencapai $28,387,536,640 setelah mengalami lonjakan 29% dari hari sebelumnya. Meskipun sempat turun hingga level terendah $56,6K, Bitcoin telah pulih secara signifikan dalam beberapa hari terakhir. Ethereum juga mengalami pemulihan harga, saat ini diperdagangkan sekitar $3100. Bitcoin dan Ethereum, sebagai dua aset kripto terbesar, memiliki pengaruh besar terhadap pasar secara keseluruhan.

Kesimpulan Pada akhir Mei, hasil Ethereum Spot ETF oleh SEC akan menjadi sorotan. Jika regulator AS memberikan hasil positif, kita mungkin akan melihat reli yang signifikan dalam pasar Ethereum, yang juga akan berdampak pada pasar kripto secara keseluruhan.

Advertisement

Meskipun belum ada indikasi pasti tentang keputusan SEC, pasar kripto tetap optimis. Untuk saat ini, kita harus tetap waspada dan melihat bagaimana pasar bereaksi dalam beberapa minggu ke depan, terutama setelah tanggal 15 Mei.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular