Connect with us

Market

Pemilik Kripto Global Lampaui Setengah Miliar pada Tahun 2023

Published

on

Ilustrasi aset kripto.

Laporan penelitian dari Crypto.com memperkirakan jumlah pemilik kripto di seluruh dunia melonjak menjadi 580 juta orang pada tahun 2023. Artinya, lebih dari setengah miliar orang telah menjadi pengguna atau pemilik kripto.

Pemilik kripto tumbuh dari 432 juta pada bulan Januari menjadi 580 juta pada Desember 2023. Pemegang Bitcoin tumbuh 33% menjadi 296 juta pada bulan Desember dari 222 juta pada awal tahun. Secara keseluruhan, pemegang Bitcoin mendominasi 51% dari seluruh pemegang aset kripto.

Katalis utama di balik pertumbuhan adopsi BTC adalah pengembangan ETF Bitcoin dan pengenalan protokol Bitcoin Ordinals. Minat yang kuat dari investor institusi juga berkontribusi. terhadap peningkatan adopsi BTC. Laporan tersebut mencatat bahwa peningkatan 34% dalam basis pengguna cryptocurrency global terjadi di tengah kondisi pasar yang bearish dan berkepanjangan.

“Adopsi kripto pada tahun 2023 mencapai tonggak sejarah baru, meskipun terdapat hambatan makro, yaitu pengetatan moneter lebih lanjut oleh bank sentral Barat untuk mencoba mengendalikan inflasi, konflik kinetik yang berkepanjangan di Eropa dan Timur Tengah, serta konsekuensi jangka panjang dari krisis ini. pandemi ini,” kutipan dari catatan laporan tersebut.

Peningkatan Kripto

Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Prediksi Kripto Pekan Ini: Aset-aset yang Bakal Melesat Tinggi

Data statistik, Crypto.com mengungkapkan bahwa kepemilikan Ethereum (ETH) telah meningkat dari 89 juta pengguna menjadi 124 juta. Pemilik Ether meningkat 39% menjadi 124 juta pada akhir tahun dan mencakup 21% dari basis pemilik kripto di seluruh dunia.

Dokumen tersebut menambahkan bahwa peningkatan Ethereum di Shanghai berperan dalam peningkatan aktivitas jaringan dan kenaikan nilai ETH berikutnya. Sementara itu, pengaruh fungsionalitas token nonfungible yang masuk ke blockchain Bitcoin pada tahun 2023 melalui munculnya token BRC-20 dan Bitcoin Ordinal juga mendorong permintaan yang kuat akan ruang blok Bitcoin.

Meningkatnya pembicaraan tentang persetujuan akhir dari beberapa pengajuan ETF Bitcoin di Amerika Serikat juga menyebabkan peningkatan akuisisi dan dompet Bitcoin pada tahun 2023. Laporan tersebut menyoroti lonjakan adopsi BTC pada Q4 tahun 2023 sebagai hasilnya.

Advertisement

Crypto.com menyertakan data dari 23 bursa kripto dalam ekstraksi data on-chainnya. Laporan tersebut juga mencatat bahwa 40% pemilik Bitcoin juga memiliki ETH, sementara 42% pengguna cryptocurrency tidak memiliki BTC atau ETH dalam portofolio mereka.

Laporan sebelumnya dari Bitfinex pada bulan Desember 2023 memperkirakan bahwa basis pengguna kripto global akan meningkat hingga sekitar 950 juta orang pada akhir tahun 2024.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular