Connect with us

Market

Riset: Kejahatan Kripto Turun Drastis pada Tahun 2023

Published

on

Kejahatan Kripto.

Kejahatan terkait kripto turun pada tahun 2023 karena sebagian besar aset digital tetap sideways dan sebagian besar berada di wilayah pasar bearish. Penipuan dan dana curian menurun, tetapi ada peningkatan ransomware, menurut laporan Chainalysis.

Laporan Tren Kejahatan Kripto 2024 dari perusahaan analisis blockchain Chainalysis memperkirakan bahwa nilai total yang diterima oleh alamat mata uang kripto ilegal turun menjadi $24,2 miliar pada tahun 2023. Selain itu, nilai tersebut hanya mewakili 0,34% dari seluruh volume transaksi mata uang kripto selama setahun terakhir.

Temuan utama dari laporan Chainalysis:

  • Pendapatan penipuan kripto turun 29,2% pada tahun 2023 karena para penipu mengubah taktik mereka ke arah “penipuan romantis” yang lebih personal.
  • Dana yang dicuri melalui peretasan kripto turun 54,3%, sebagian besar disebabkan oleh lebih sedikit keberhasilan peretasan protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi).
  • Pendapatan Ransomware meningkat pada tahun 2023 setelah menurun pada tahun sebelumnya.
  • Pendapatan pasar Darknet juga pulih mendekati level puncak tahun 2021 setelah penutupan Hydra pada tahun 2022, yang pernah menjadi pasar darknet terbesar.
  • Transaksi dengan entitas yang terkena sanksi menyumbang 61,5% dari semua volume kripto ilegal pada tahun 2023.
Total kripto senilai lebih dari $24 miliar diterima melalui alamat terlarang pada tahun 2023. Sumber: Chainalysis.
Total kripto senilai lebih dari $24 miliar diterima melalui alamat terlarang pada tahun 2023. Sumber: Chainalysis.

Baca juga: Harga Bitcoin Akan Capai Level Ini Sebelum Memulai Reli Baru

Laporan tersebut mencatat bahwa angka volume transaksi gelap merupakan perkiraan batas bawah berdasarkan alamat gelap yang diketahui. Lebih banyak alamat sering kali diidentifikasi seiring berjalannya waktu.

Misalnya, laporan tahun 2023 memperkirakan volume transaksi kripto ilegal senilai $39,6 miliar terjadi pada tahun 2022 karena mengidentifikasi alamat terlarang tambahan sejak laporan tahun lalu.

Tren Kejahatan Kripto

Data Chainalysis menunjukkan penurunan keseluruhan kejahatan berbasis cryptocurrency. Namun, laporan tersebut menunjukkan adanya pergeseran berkelanjutan dalam mata uang pilihan dan taktik yang digunakan oleh penjahat dunia maya dan penipu yang memerlukan kewaspadaan berkelanjutan dari penegak hukum dan industri kripto.

Tren kejahatan kripto berkembang untuk menghindari deteksi melalui penipuan percintaan yang dipersonalisasi dan penggunaan yurisdiksi yang diberi sanksi untuk menyembunyikan aktivitas terlarang dalam transaksi yang sah. Selain itu, ancaman ransomware masih tetap kuat.

Advertisement

Oleh karena itu, laporan tersebut mendesak investasi berkelanjutan dalam kemampuan analitik blockchain yang sedang berkembang untuk mengungkap aktivitas kriptografi terlarang di berbagai mata uang kripto dan jenis transaksi.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular