Connect with us

Altcoin News

Pertumbuhan Signifikan Token RWA dan Stablecoin

Published

on

Token Real World Assets (RWA). Sumber: Wealth Mastery.

Token Real World Assets (RWA) dalam ekosistem kripto telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dikutip dari laporan terbaru yang dibagikan oleh CoinGecko. Sejarah panjangnya dimulai dengan munculnya stablecoin yang didukung fiat seperti Tether (USDT).

Namun, sejak diperkenalkannya DeFi pada tahun 2020 dan masa pasar bearish pada tahun 2022, variasi RWA yang lebih beragam telah diberi token untuk memenuhi kebutuhan investor on-chain. Menurut CoinGecko, meskipun banyak RWA masih berkonsentrasi pada utang/kredit, aset lain seperti real estat, seni, dan barang koleksi juga menarik minat investor.

Proyek ARWA, sebagai contoh, berada di persimpangan antara dunia nyata dan blockchain, serta antara penerbit dan investor. Keberhasilan mereka sebagai perantara efektif di titik-titik persimpangan ini sangatlah penting. Walaupun ketergantungan pada pihak ketiga seperti oracle, kustodian, dan penilai kredit adalah hal yang pasti, pengelolaan efektif terhadap pihak ketiga tersebut tetap krusial untuk kelangsungan operasi mereka.

Tentang RWA

Berikut adalah sorotan laporan RWA CoinGecko 2024:

  • Aset Dunia Nyata yang Dipatok USD Mendominasi Stablecoin yang didukung Fiat, Mencakup 99% dari Semua Stablecoin.
  • Token yang Didukung Komoditas Mencapai $1.1 Miliar dalam Kapitalisasi Pasar, dengan Emas Tetap Menjadi Komoditas Paling Populer.
  • Produk Treasury yang Diberi Token Meningkat 641% pada tahun 2023, dan Kini Bernilai Lebih dari $861 Juta.
  • Permintaan Kredit Swasta Sebagian Besar Terkonsentrasi Pada Sektor Otomotif, Mencakup 42% dari Seluruh Pinjaman.

Laporan CoinGecko menjelaskan bahwa Real World Assets (RWA) dalam kripto mengacu pada tokenisasi aset berwujud yang ada di dunia fisik, yang ditransaksikan secara berantai. Ini termasuk peningkatan produk pasar modal on-chain, di mana sekuritas digital diberi token dan ditawarkan kepada pelanggan ritel. Contoh-contoh termasuk real estate, seni, komoditas, dan bahkan saham yang dapat dibeli pengguna melalui platform yang berizin.

Stablecoin dan Real World Assets

Daftar token Real World Assets (RWA) Sumber: CoinGecko.
Daftar token Real World Assets (RWA) Sumber: CoinGecko.

Baca juga: Potensi Profit Tinggi dengan Altcoin Teratas di Bulan April 2024!

Stablecoin adalah salah satu bentuk awal RWA yang ada. Keberadaannya sebagai versi mata uang fiat yang diberi token memungkinkan adanya unit pertukaran yang stabil di lingkungan yang bergejolak. Sejak tahun 2014, perusahaan seperti Tether dan Circle telah menerbitkan aset stabil yang diberi token yang didukung oleh jaminan dunia nyata seperti deposito bank, surat utang jangka pendek, dan bahkan emas fisik.

Pada tahun 2021 dan 2022, munculnya pasar kredit swasta melalui platform pinjaman tanpa jaminan seperti Maple, Goldfinch, dan Clearpool memungkinkan lembaga-lembaga mapan untuk meminjam dana berdasarkan kelayakan kredit mereka. Namun, laporan CoinGecko mencatat bahwa protokol-protokol ini terpengaruh oleh runtuhnya Luna, 3AC, dan FTX, serta mengalami default yang signifikan.

Saat imbal hasil DeFi menurun pada tahun 2023, obligasi Treasury yang diberi token mengalami pertumbuhan eksplosif karena pengguna berbondong-bondong mencari paparan terhadap kenaikan tarif T-bill AS. Penyedia seperti Ondo Finance, Franklin Templeton, dan OpenEden mengalami arus masuk besar-besaran karena TVL dari tokenized treasury melonjak 641% dari $114 juta pada Januari 2023 menjadi $845 juta pada akhir tahun.

Advertisement

Dari total $470,3 juta pinjaman terutang yang dibuat melalui protokol kredit swasta, 42% atau $196,0 juta digunakan untuk pinjaman mobil. Sektor fintech dan real estate masing-masing hanya sebesar 19% dan 9%. Penjelasan dari CoinGecko juga menyatakan bahwa mayoritas perusahaan peminjam berasal dari pasar negara berkembang.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular