Connect with us

Bitcoin News

Apakah Data Inflasi AS Juli 2023 Bisa Dorong Sinyal Bullish Bitcoin?

Published

on

market kripto bitcoin

Kenaikan Bitcoin (BTC) diharapkan segera terwujud dengan dirilisnya data inflasi AS bulan Juli pada Kamis (10/8) malam. Biro Statistik Tenaga Kerja AS akan merilis laporan Consumer Price Index (CPI) Juli yang akan menggambarkan situasi ekonomi makro di Amerika Serikat sejauh ini.

Banyak ekonom memperkirakan inflasi akan mengalami kenaikan 0,2% setiap bulan, hal yang sama seperti terlihat di bulan Juni. Pertumbuhan tahun-ke-tahun diperkirakan sebesar 3,3%, naik dari 3% pada bulan Juni. Inflasi utama, yang tidak disesuaikan dengan faktor musiman dan mencakup harga pangan dan energi sering bergejolak, memuncak pada 9,1% pada Juni 2022 dan melaju pada laju 8,5% pada Juli tahun lalu.

CPI Inti, yang menghapus biaya makanan dan energi yang lebih fluktuatif, diperkirakan akan mencapai 0,2% pada bulan Juli, sesuai dengan angka bulan Juni. Kecepatan CPI inti tahunan diperkirakan turun menjadi 4,7% dari 4,8%. IHK Inti mencapai puncaknya di 6,5% pada Maret 2022, dan satu tahun lalu di bulan Juli, tingkat tahunannya adalah 5,9%.

Nasib Bitcoin

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Momen Terbaik dalam Seminggu untuk Investasi Bitcoin, Kapan?

Meskipun sulit membayangkan data CPI Juli, tetapi dapat mengubah kalkulus Bitcoin bullish sehubungan dengan kebijakan bank sentral, kejutan negatif — yaitu, CPI datang secara signifikan lebih tinggi dari yang diharapkan — dapat mengirim BTC lebih rendah karena kekhawatiran bahwa suku bunga akan naik lebih tinggi lagi.

Setelah rilis data CPI, pasar Bitcoin dan kripto akan bersiap merespons. Dengan pasar tradisional dan bank sentral memantau dengan cermat metrik inflasi, efek riak pada pasar aset digital bisa sangat besar.

Wall Street bersiap untuk data IHK Juli, dengan ekspektasi bahwa indeks utama dan inti akan naik 0,2% dari Juni. Hal ini akan menyesuaikan IHK inti 12 bulan menjadi 4,7% dari 4,8% bulan Juni, sementara indeks headline (YoY) diperkirakan naik menjadi 3,3% dari 3,0% bulan Juni.

Proyeksi JP Morgan juga menandakan percepatan kembali dalam CPI AS, dengan Juli, Agustus, dan September diperkirakan masing-masing mencatatkan 3,33%, 3,46%, dan 3,32% YoY.

Advertisement

Kripto Mendapat Kejutan?

Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.
Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.

Baca juga: Tokocrypto Kuasai Pasar Kripto Sebagai Exchange No. 1 di Indonesia

Analisis mendalam Fundstrat baru-baru ini menunjukkan potensi kejutan positif untuk pasar keuangan. “Tim ilmu data kami mengharapkan CPI Inti mencapai +0,15% atau MoM yang lebih baik,” kata laporan tersebut. Ini terutama di bawah perkiraan konsensus +0,22%.

Oleh karena itu, jika data IHK sejalan dengan prediksi Fundstrat, hal itu dapat menyebabkan sikap Federal Reserve yang lebih dovish. Ini, pada gilirannya, dapat melemahkan dolar AS, memberikan dorongan potensial untuk Bitcoin dan kripto.

pasar menilai peluang 85% tidak ada kenaikan suku bunga pada pertemuan September berikutnya menurut alat FedWatch. Akan menarik untuk melihat apakah laporan CPI hari ini mengubahnya.

Perilisan data inflasi mengisyaratkan potensi pergerakan harga yang cepat di pasar kripto. Area di US$ 29.000 ke bawah dan US$ 30.000 ke atas tetap menjadi area utama support dan resistance saat ini. Pada saat ini, harga Bitcoin mencapai US$ 29.565.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular