Connect with us

Bitcoin News

Cara Menukarkan Mata Uang Malaysia dengan ATM Bitcoin

Published

on

Ilustrasi pembayaran kripto. Sumber: Shutterstock.

Tahukah Anda bahwa di Malaysia bisa menukarkan mata uang malaysia dengan bitcoin secara langsung di ATM khusus bitcoin? Yuk simak selengkapnya! 

Regulasi Aset Kripto di Malaysia

Perdagangan aset kripto di Negeri Jiran diatur secara khusus dan dilegalkan oleh pemerintah pada tahun 2019. Dilansir dari Kompas, Kementerian Keuangan Malaysia mengatakan bahwa pemerintah tidak akan melarang dan mendukung perdagangan bitcoin serta mata uang digital lainnya.

Menteri Keuangan Malaysia, Johari Abdul menyatakan jika pemerintah Malaysia melarang perdagangan bitcoin, maka hal tersebut akan merusak inovasi layanan keuangan berbasis teknologi.

Pertukaran Cryptocurrency Berlisensi

Di Malaysia, Pertukaran Cryptocurrency dikenal sebagai Pertukaran Aset Digital (DAX). DAX adalah platform yang dapat digunakan untuk menukar mata uang malaysia yaitu Ringgit Malaysia (RM) ke dalam aset kripto. 

Jika di Indonesia aset kripto diatur oleh BAPPEBTI, di Malaysia aktivitas Pertukaran Cryptocurrency diatur oleh Komisi Sekuritas Malaysia. Dimana terdapat 3 platform exchange yang sudah berlisensi dengan proses yang rumit, yaitu Luno, Tokenize Exchange, dan Sinegy. 

Advertisement

Kemudian, aset kripto yang diperbolehkan Komisi Sekuritas Malaysia untuk beredar ada beberapa, yaitu Bitcoin, Ether, XRP, dan Bitcoin Cash.

Tata Cara Membeli Bitcoin di Exchange Malaysia

Jika Anda ingin melakukan trading pada salah satu dari 3 platform exchange tersebut, secara umum Anda bisa melakukan tahapan di bawah ini:

  1. Buat akun di platform exchange dan selesaikan tahap verifiaksi 
  2. Tunggu verifikasi akun dalam 1×24 jam
  3. Depositkan Ringgit Malaysia ke dalam akun 
  4. Masukkan jumlah uang yang ingin Anda gunakan untuk membeli bitcoin dan kripto lainnya
  5. Beli bitcoin
  6. Tunggu bitcoin sampai di wallet
  7. Selamat! Bitcoin telah menjadi milik Anda sekarang!

ATM Bitcoin di Malaysia

Selain membeli di platform exchange, Anda bisa membeli bitcoin di Malaysia melalui ATM khusus bitcoin. Sama seperti mesin ATM pada umumnya, ATM bitcoin merupakan mesin yang didesain khusus agar Anda bisa membeli dan menjual bitcoin menggunakan uang tunai atau cash.

Kalau Anda sibuk dan ingin membeli serta menjual bitcoin dalam waktu yang singkat, ATM bitcoin adalah pilihan yang tepat. Ini dikarenakan, Anda tidak memerlukan proses verifikasi identitas sehingga proses transaksi berlangsung cepat.

Anda bisa menemukan lokasi ATM Bitcoin di Kuala Lumpur, Penang, Ipoh, Langkawi, dan Sungai Petani.

Kekurangan dari ATM Bitcoin

Advertisement

Walaupun Anda bisa melakukan transaksi dengan cepat, kekurangan dari ATM Bitcoin terletak pada biaya transaksinya. ATM Bitcoin memiliki biaya transaksi yang cukup tinggi, bahkan ada ATM Bitcoin yang mengenakan biaya transaksi hingga 10%.

Cara Menukarkan Uang Fiat dengan ATM Bitcoin

Berikut adalah tahapan umum yang bisa Anda lakukan jika ingin menukarkan RM melalui ATM Bitcoin:

  • Verifikasi Data

Proses verifikasi pada ATM Bitcoin tidak selalu menjadi persyaratan umum. Lalu verifikasi di sini tidak membutuhkan waktu yang lama seperti verifikasi pada platform exchange. Anda bisa memasukkan nomor HP yang aktif dan memindai kartu identitas.

  • Masukkan Bitcoin Address

Bitcoin address sama fungsinya dengan rekening bank. Jadi, Anda harus memasukkan bitcoin address yang Anda miliki sehingga bitcoin bisa langsung tersimpan otomatis di bitcoin address tersebut.

  • Masukkan Uang Fiat

Masukkan sejumlah uang fiat yang Anda akan gunakan untuk membeli bitcoin

  • Konfirmasi Ulang

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi jumlah uang fiat yang Anda masukkan dan juga bitcoin. Kemudian klik “buy” dan “confirm”.

  • Bitcoin Sukses Dibeli!

Transaksi selesai dan bitcoin akan otomatis terkirim ke bitcoin address Anda.

Ternyata menarik sekali, ya, melihat mekanisme transaksi bitcoin menggunakan uang fiat atau mata yang malaysia. Nah, kalau Anda ingin mendapatkan berita terkini terkait perkembangan aset kripto, ikuti terus website News Tokocrypto dan media sosial kami @Tokocrypto. Salam to the Moon!

 

 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular