Yuk, Kenalan dengan Karya Seni NFT yang Populer!

0
1069
karya karya seni nft yang populer

Popularitas aset NFT (Non-Fungible Token) semakin meroket. Hal ini dapat menjadi angin segar bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia seni, terutama para seniman digital. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang kepopuleran NFT di dalam dunia seni pada tahun 2021 dan karya seni NFT yang populer. Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Kepopuleran NFT di Dunia Seni 2021

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) adalah cara terbaru untuk memperdagangkan barang koleksi yang mencakup bentuk seni mulai dari seni digital seperti GIF, tweet, video pendek, gambar objek fisik, skin video game, kartu perdagangan virtual hingga real estate virtual.

Standarisasi yang rinci melalui smart contract membuat NFT memiliki kode otentik, hal tersebut membuat kepemilikan barang dapat terhindar dari penipuan dan pemalsuan. Inovasi NFT juga memberikan kebutuhan dalam melindungi hak konten dan pendapatan kepada para seniman.

NFT juga membuat seniman tidak lagi harus mengandalkan galeri atau balai lelang untuk menjual karya seninya. Seniman dapat menjualnya langsung ke konsumen menggunakan NFT, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Selain itu, seniman dapat memprogram royalti, sehingga mereka akan menerima persentase penjualan setiap kali karya seni mereka dijual kepada pemilik baru.

NFT merupakan sebuah teknologi yang sangat membantu bagi seluruh seniman, karena seniman umumnya tidak akan menerima pendapatan lebih setelah karya seni mereka laku terjual.

Karya Seni NFT yang Populer yang Telah Dibuat

Kepemilikan aset digital masa kini memang tengah menjadi tren di kalangan investor. Seiring populernya NFT (Non-Fungible Token) tentunya membuat Anda penasaran bukan? Kira-kira apa saja karya seni NFT yang populer? 

Berikut beberapa karya seni NFT populer di dunia yang pernah dibuat, yaitu

  • Kevin McCoy – Quantum

Karya seni NFT Quantum merupakan karya seni NFT yang pertama kali dibuat, yaitu pada tahun 2014. Karya seni tersebut merupakan buatan seniman yang bernama Kevin McCoy. 

Karya seni tersebut menggambarkan literal quantum tentang konsep NFT, hanya satu set simbol dolar yang berputar di dalam bingkai foto tradisional. Belum lama ini McCoy memasang karya tersebut untuk dijual, harganya diperkirakan lebih dari 7 juta USD.

  • Beeple – Everydays: The First 5000 Days

Pada bulan Maret lalu, Mike Winkelmann atau yang lebih dikenal dengan “Beeple” berhasil menggemparkan dunia. Pasalnya, karya seni miliknya yang berjudul “Everydays: The First 5000 Days” laku terjual seharga 69,3 juta USD, sehingga karya tersebut menjadikan karya seni NFT termahal sejauh ini.

Karya tersebut merupakan karya cinta sejati, yaitu kolase yang dibuat oleh Beeple dengan menyusun 1 (satu) karya seni sehari selama 5.000 sejak tahun 2007. Beeple melanjutnya project tersebut hingga hari ini, menggunakan beberapa aplikasi seperti Octane dan Cinema 4D.

  • Krista Kim – Mars House

Mars House merupakan bagian dari real estat digital yang dijual sebagai NFT dengan harga 500.000 USD. Mars House yang diciptakan oleh Krista Kim merupakan rumah digital pertama di dunia. Rumah tersebut terbuat dari kaca 3D yang menghadap ke pegunungan Mars. Karya tersebut dilengkapi dengan VR (virtual reality) serta soundtrack yang dibuat oleh Jeff Schroeder.

  • Trevor Jones and Jose Delbo – Genesis

Karya seni ini merupakan hasil kolaborasi antara seniman komik Jose Delbo (terkenal melalui karyanya di Wonder Woman) dan Trevor Jones yang merupakan seniman kontemporer. Karya seni Genesis merupakan satu dari lima karya yang berjudul Genesis yang terjual pada tahun 2020 seharga 111.377 USD. 

Seniman Indonesia yang Karya NFTnya Terkenal

Ternyata Indonesia juga memiliki seniman yang karyanya terkenal di Indonesia bahkan mendunia, lho! Berikut deretan seniman Indonesia yang karya seni NFT-nya sudah terkenal, yaitu

  • Galam Zulkifli – A Portrait of Denny JA

A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas merupakan sebuah karya seni berupa lukisan yang menggambarkan dua wajah Denny JA. Lukisan tersebut diciptakan melalui penyusunan 102 buah sampul buku yang pernah ditulis oleh Denny JA. Karya seni tersebut merupakan karya seni NFT pertama Indonesia yang dilelang di OpenSea dan laku terjual seharga 1 miliar rupiah. 

  • Luna Maya

Luna Maya baru-baru ini mengumumkan dirinya melakukan kerjasama dengan Tokau sebuah perusahaan asal Jepang untuk meluncurkan NFT. Gushcloud International turut ikut serta mendukung kerjasama tersebut, nantinya Luna Maya akan merilis NFT yang diproduksi oleh Tokau dengan jumlah yang sangat terbatas, yaitu sebanyak 10 buah.

Melalui akun Instagram pribadinya, Luna Maya mengatakan bahwa NFT yang diproduksi sebagai hasil kerjasama dengan Tokau nantinya akan dirilis di Bakery Swap.

Itulah beberapa karya seni NFT yang populer, apakah Anda berminat untuk membeli NFT?Yuk, segera minting karya seni Anda dalam bentuk NFT di NFT Marketplace sekarang! Anda tidak perlu khawatir, Tokocrypto sudah terdaftar secara resmi di BAPPEBTI.