Tertarik Investasi Jangka Panjang? Pilihlah Aset Kripto!

0
450
investasi jangka panjang aset crypto

Berbagai pilihan instrumen investasi memang terkadang membingungkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menentukan jenis investasi apa yang akan dipilih, tujuan Anda dalam berinvestasi, dan juga jangka waktu yang ditetapkan. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai investasi jangka panjang, khususnya pada aset kripto! Penasaran dengan informasinya? Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Investasi Jangka Panjang?

Sebelumnya mari simak terlebih dahulu pengertian investasi jangka panjang. Investasi ini adalah investasi dimana daya yang digunakan akan dijalankan terus menerus dan baru bisa dicairkan ketika jangka waktu tersebut telah jatuh tempo, minimal satu tahun. Karena jangka waktu yang diperlukan terbilang lama, maka Anda harus bersedia untuk bersabar. Tapi, jangan salah! Potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa terbilang tinggi, lho!

Adapun tujuan dari berinvestasi ini antara lain mendapatkan penghasilan pasif dalam setiap periode (seperti bunga, dividen, atau bunga sewa). Selain itu, investasi ini cocok bagi Anda yang ingin meminimalisir risiko dalam berinvestasi. Terakhir, investasi ini juga dapat membantu Anda ketika sedang mengarahkan dana khusus untuk keperluan yang spesifik, seperti biaya pendidikan Anak di masa mendatang ataupun dana pensiun. 

Aset Kripto Sebagai Pilihan Investasi Jangka Panjang

Salah satu instrumen investasi yang patut Anda pilih ketika ingin memilih berinvestasi jangka panjang adalah aset kripto. Pada investasi ini maksudnya, Anda bisa membeli aset kripto dan kemudian menyimpannya sesuai dengan periode waktu yang diinginkan, minimal dalam jangka waktu satu tahun. Menjatuhkan pilihan pada aset kripto terjadi bukan tanpa alasan.

Pertama, dapat dilihat harga aset kripto sejak kemunculannya hingga sekarang mengalami pergerakan yang cenderung naik. Misalnya pada Bitcoin, ia mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat melalui harga bitcoin pada 1 Januari 2020 yang hanya sebesar Rp 99 juta per btc, sedangkan di awal tahun 2021, harganya mampu naik berkali-kali lipat, bahkan menembus Rp 408 juta per btcnya! Jadi jika Anda membelinya tahun ini dan menjualnya di tahun yang akan mendatang, bisa jadi Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda. 

Namun, satu hal yang perlu ditekankan adalah Anda harus tetap mengatur emosi (tidak FOMO) dan diperlukan manajemen risiko yang baik agar tidak terpengaruh dengan adanya perubahan pada harga bitcoin maupun aset kripto lainnya

Selanjutnya, telah banyak orang yang akhirnya melakukan investasi jangka panjangnya dengan aset kripto atau aset digital karena investasi ini dinilai lebih mudah dan tidak perlu memperhatikan pasar setiap waktu. Banyak investor yang telah percaya jika aset kripto ini pasti memiliki harga jual yang tinggi di masa depan. 

Rekomendasi Koin untuk Investasi Jangka Panjang

Inilah beberapa koin yang bisa Anda beli saat ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang lama:

  • Bitcoin 

Berbicara koin manakah yang cocok untuk investasi jangka panjang tentunya tidak akan lepas dari Bitcoin. Siapa sih yang tak kenal dengan Bitcoin? Aset kripto yang dijuluki sebagai king of cryptocurrency ini memang sudah dikenal banyak orang, tak tanggung-tanggung Bitcoin dipakai insitusi maupun perusahaan yang ada di dunia, seperti Microsoft dan Tesla. 

Koin yang pertama kali diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 ini memiliki persediaan yang terbatas, yakni hanya 21 juta koin yang tersebar di seluruh dunia! Karena jumlahnya yang terbatas dan berpotensi mengalami kelangkaan, maka harga Bitcoin di masa depan diprediksi akan menjadi sangat tinggi. 

  • Ethereum

Koin yang launching pada 30 Juli 2015 silam ini memiliki persediaan sebanyak 72 juta koin di awal peluncurannya. Ethereum memiliki kelebihan, yakni ia menduduki posisi top 3 yang memiliki market cap besar di antara semua aset kripto yang ada di dunia. Selain itu, kini ethereum sedang mengembangkan ethereum 2.0 yang akan diluncurkan di beberapa tahun kedepan pun digadang-gadang akan lebih baik dibanding ethereum sebelumnya.

  • BNB

Koin ketiga adalah BNB, koin ini merupakan koin utama yang dijalankan oleh Binance, yang merupakan exchange terbesar di dunia. Koin yang digadang-gadangkan sebagai koin pengganti ethereum oleh penciptanya ini memiliki kelebihan biaya transaksi yang murah. Koin ini bisa Anda pilih jika dirasa koin sebelumnya memiliki harga yang terlalu mahal bagi Anda. 

Tunggu apa lagi? Kini sudah saatnya untuk memilih aset kripto sebagai investasi jangka panjang Anda! Daftarkan segera diri Anda dengan berinvestasi aset kripto yang aman, terpercaya, dan mudah hanya di Tokocrypto!