Altcoin News

Tokocrypto Market Signal 16 Februari 2022: Nasib BTC, DOGE & SOL

Published

on

Market kripto akan dihadapi dengan volatilitas pergerakan harga yang cenderung kurang stabil dibanding pekan lalu. Salah satu penyebabnya adalah pemberitaan ketegangan Rusia-Ukraina.

Sebagian besar investor mencoba melakukan pembelian komoditas aset berwujud dibandingkan kripto, jika terjadi serangan militer Rusia ke Ukraina. Langkah tersebut juga sebagai antisipasi tingginya laju inflasi di Amerika Serikat, karena muncul lagi seruan untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve AS yang lebih cepat.

Dalam situasi market kripto yang volatil ini, sekali lagi investor harus lebih cermat untuk melakukan aksi investasi mereka. Oleh karena itu, Tokocrypto Market Signal pekan ini hadir sebagai referensi investor dalam melihat sejumlah kripto yang berpotensi bergerak positif dan juga mengarah sebaliknya.

Daftar 5 Aset Kripto Bullish

1. Mina (MINA)

Ilustrasi Mina (MINA).

Banyak para analis menilai Mina Protocol (MINA) adalah salah satu kripto yang paling canggih di pasar, karena dibangun di atas pondas teknologi blockchain yang kuat dan cocok untuk investasi jangka panjang. MINA mirip dengan Bitcoin, selain dari cara menangani transaksi, karena berfungsi sebagai koin utilitas dan alat tukar.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan kripto MINA berpotensi bullish pada pekan ini. Terhitung 15 Februari 2022, pergerakan nilai MINA sudah naik sekitar 19 persen.

“Untuk MINA masih akan ada potensi kenaikan minggu ini ya, karena sudah listing dan bisa diperdagangkan di FTX Exchange per 15 februari 2022,” kata Afid.

Peringkat MINA di CoinMarketCap saat ini adalah #84, dengan kapitalisasi pasar US$ 1.042.129.174. Pasokan yang beredar 378.332.077 koin MINA dan maksimal pasokan tidak tersedia.

2. Alpaca Finance (ALPACA)

Ilustrasi Alpaca Finance (ALPACA).

Alpaca Finance adalah protokol peminjaman di Binance Smart Chain untuk farming hasil leverage. ALPACA adalah token asli dari platform Alpaca Finance dan memainkan peran penting dalam menjaga dan mempertahankan ekosistem, karena token tata kelola dan utilitas.

Alpaca Finance kemungkinan besar akan mengalami bullish, karena resmi meluncur di Blockchain Fantom sebagai bagian dari ekosistemnya pada 15 Februari 2022. Afid melihat ini merupakan sentimen positif sehingga dapat mendorong ketertarikan terhadap token ALPACA untuk naik.

Token ini bergerak di Binance Smart Chain, namun melihat pertumbuhan Fantom, kerja sama ini nampaknya adalah langkah strategis untuk menambah jumlah pengguna,” ungkap Afid.

Peringkat ALPACA di CoinMarketCap saat ini adalah #531, dengan kapitalisasi pasar US$ 56.103.706. Pasokan yang beredar 141.603.872 koin ALPACA dan maksimal pasokan 188.000.000 koin ALPACA.

3. Filecoin (FIL)

Ilustrasi Filecoin (FIL).

Filecoin adalah sebuah jaringan peer-to-peer yang bergerak di bidang penyimpanan data dengan sistem yang terdesentralisasi. Melalui jaringan ini, pengguna dapat menyimpan file di internet menggunakan blockchain dan perlu membayar pada storage miners.

Afid mengungkap acara AMA (Ask Me Anything) yang akan diadakan Filecoin pada 17 Februari 2022 akan membuat pergerakan tokennya mengarah positif. Investor akan mulai tertarik melihat potensi FIL pada acara tersebut.

Baca juga: Daftar Token Kripto yang Menarik di Dunia Metaverse

“Acara AMA Filecoin nanti bisa mendatangkan peluang untuk menarik ketertarikan investor pada token FIL ini,” kata Afid.

Peringkat FIL di CoinMarketCap saat ini adalah #43, dengan kapitalisasi pasar US$ 268.277.225. Pasokan yang beredar 746.113.681 koin FIL dan maksimal pasokan 1.152.997.575 koin FIL.

4. Fetch.ai (FET)

Ilustrasi Fetch.ai (FET).

Fetch.ai adalah jaringan berbasis blockchain untuk pembelajaran mesin terdesentralisasi (decentralized machine learning) dengan akses terbuka. Dalam hal variasi kasus penggunaan, tim pengembang Fetch.ai menegaskan bahwa jaringan bisa merevolusi kebanyakan industri dan sektor.

Fetch.ai masuk dalam daftar kripto bullish pekan ini karena akan melakukan acara serta publikasi terkait ekosistem jaringannya yang akan meningkat. Menurut Afid, banyak investor menanti acara tersebut yang digelar 17 Februari mendatang.

“Harapannya di acara tersebut ada beberapa kabar yang dapat mendorong harga FET untuk naik secara signifikan. Seperti, ekosistem FET yang akan meningkatkan volume transaksinya akibat kebutuhan terhadap biaya transaksi saat menggunakan jaringannya,” tutur Afid.

Peringkat FET di CoinMarketCap saat ini adalah #185, dengan kapitalisasi pasar US$ 56.103.706. Pasokan yang beredar 141.603.872 koin FET dan maksimal pasokan 188.000.000 koin FET.

5. Harmony (ONE)

Ilustrasi Harmony (ONE).

Harmony (ONE) masih berpotensi bullish pekan ini. Afid menjelaskan sentimen positif ONE berkelanjutan, pasca peluncuran Ethereum bridge. Jembatan blockchain ini akan memperluas ekosistem Harmony yang sebelumnya hanya Binance Smart Chain dan Bitcoin.

Hype sentimen positif ONE masih terus berlangsung. Ethereum bidge dapat meningkatkan volume transaksi yang terjadi pada blockchain Harmony akibat bisa menerima banyak token,” kata Afid.

Harmony sendiri adalah aset kripto yang bertujuan untuk menawarkan kemampuan pengaplikasian teknologi blockchain yang cepat dan terbuka untuk aplikasi terdesentralisasi. Harmony Mainnet dilaporkan dapat mendukung ribuan node dalam beberapa pecahan, menghasilkan blok dalam beberapa detik dengan finalitas instan.

Peringkat ONE di CoinMarketCap saat ini adalah #51, dengan kapitalisasi pasar US$ 2.296.426.491. Pasokan yang beredar 11.707.162.383 koin ONE dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Daftar 5 Aset Kripto Bearish

1. Dogecoin (DOGE)

Ilustrasi Dogecoin (DOGE).

Dogecoin masih menjadi salah satu kripto yang populer di tengah masyarakat. Namun, sayangnya pada pekan ini DOGE berpotensi bearish karena ada sentimen negatif yang menerpanya.

Menurut Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, iklan DOGE di acara olahraga terbesar di Amerika Serikat, Super Bowl pada awal pekan ini memberi sentimen kurang baik. Walaupun ada peningkatan volume perdagangan mencapai 20%, tapi DOGE telah bergerak menurun. 

“DOGE memang sempat mendapatkan kenaikan volume perdagangan capai 20%, namun ada kemungkinan akan turun hingga 17% pada pekan ini,” kata Afid.

Peringkat DOGE di CoinMarketCap saat ini adalah #11, dengan kapitalisasi pasar US$ 19.925.018.352. Pasokan yang beredar 132.670.764.300 koin DOGE dan maksimal pasokan tidak tersedia.

2. Injective (INJ)

Ilustrasi Injective (INJ).

Injective Protocol merupakan proyek blockchain yang memiliki ide revolusioner. Ini bertujuan untuk membuat pertukaran mata uang sepenuhnya terdesentralisasi atau jaringan yang dioperasikan publik. Artinya, pertukaran hanya dioperasikan oleh orang-orang yang memegang token INJ.

Meski memiliki fundamental yang baik, INJ pada pekan ini masuk dalam kripto berpotensi bearish. Afid melihat walaupun sempat terjadi kenaikan nilai hampir 100% pada pekan lalu, tapi pekan ini INJ mengarah ke penurunan.

Baca juga: Daftar Kripto Diklaim Punya Fundamental yang Aman

“INJ selama dua hari pekan lalu itu naik hampir 100% dalam dua, saat ini tengah mengalami koreksi. Akibatnya berpotensi turun hingga 24%,” ungkapnya.

Peringkat INJ di CoinMarketCap saat ini adalah #175, dengan kapitalisasi pasar US$ 304.471.105. Pasokan yang beredar 48.653.971 koin INJ dan maksimal pasokan 100.000.000 koin INJ.

3. Bitcoin (BTC)

Ilustrasi Bitcoin (BTC).

Pekan ini secara mengejutkan terdapat banyak kripto berkapitalisasi besar atau big cap yang berpotensi bearish, seperti Bitcoin (BTC). Harga Bitcoin telah terjadi pembalikan akhir pekan lalu, setelah beberapa hari terjadi kenaikan yang kuat.

Namun, menurut Afid pergerakan BTC berpotensi menurun setelah terkoreksi di area level harga $45.000. Penurunan bisa mencapai 10 persen.

Bitcoin sudah pullback dan masuk fase koreksi. Tapi mungkin akan sedikit konsolidasi, baru koreksi. Minggu-minggu ini harus sudah koreksi jika dilihat dari analisisnya,” kata Afid.

Peringkat BTC di CoinMarketCap saat ini adalah #1, dengan kapitalisasi pasar US$ 839.802.392.661. Pasokan yang beredar 18.959.037 koin BTC dan maksimal pasokan 21.000.000 koin BTC.

4. Solana (SOL)

Ilustrasi Solana (SOL).

Satu lagi kripto big cap yang berpeluang bearish pekan ini adalah Solana (SOL). Solana adalah proyek open source yang menggunakan teknologi blockchain permissionless, untuk menyediakan sebuah solusi decentralized finance (DeFi). Protokol Solana dirancang untuk memfasilitasi pembuatan decentralized app (DApp).

“Solana masuk ke dalam daftar bearish karena ada kemungkinan akan masuk zona merah dengan penurunan capai 15 persen,” jelas Afid.

Peringkat SOL di CoinMarketCap saat ini adalah #8, dengan kapitalisasi pasar US$ 32.760.361.575. Pasokan yang beredar 319.054.325 koin SOL dan maksimal pasokan tidak tersedia.

5. Smooth Love Potion (SLP)

Ilustrasi Smooth Love Potion (SLP).

Smooth Love Potion (SLP) adalah jenis uang digital yang terdapat dalam game Metaverse, Axie Infinity. Token ini menggunakan jaringan Ethereum dan melalui likuiditas Uniswap.

Koin SLP sangat berbeda dengan aset kripto lain yang digunakan dalam game. Pemain diharuskan membeli token untuk menyelesaikan misi tertentu, sehingga mereka bisa berkembang dan dijual kembali.

“SLP akan berpeluang bearish dengan penurunan sekitar 16 persen. Alasan mendasar kenapa SLP terus mengalami penurunan, karena orang yang biasanya kalo sudah dikasih reward, mereka akan jual untuk dijadikan aset pribadi dan dikonversi ke koin yang lebih bagus lagi,” kata Afid.

Peringkat SLP di CoinMarketCap saat ini adalah #316, dengan kapitalisasi pasar US$ 154.142.969. Pasokan yang beredar 5.098.203.666 koin SLP dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Baca juga: Tips Cari Cuan Investasi Aset Kripto di Kala Market Anjlok

Disclaimer:

Konten ini bersifat informatif, bukan ajakan/anjuran membeli dan atau menjual aset kripto. Segala bentuk perdagangan aset kripto ditanggung pelanggan dengan segala risikonya karena merupakan keputusan pribadi. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi, baik keuntungan maupun kerugian dari perdagangan aset kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version