Connect with us

Bitcoin News

4 Narasi Kunci yang Membentuk Pemulihan Harga Bitcoin

Published

on

analisa harga bitcoin

Harga Bitcoin mungkin telah menemukan dukungan di level US$54.450, namun pemulihannya sangat bergantung pada empat faktor utama di pasar: Peluncuran ETF Ethereum, pembayaran kembali Mt. Gox, aksi jual pemerintah Jerman, dan kebijakan Fed.

Mari kita telusuri bagaimana masing-masing faktor ini berperan dalam pemulihan harga Bitcoin.

1. Peluncuran ETF Ethereum

Peluncuran ETF Ethereum Spot diharapkan dapat meningkatkan sentimen pasar secara keseluruhan. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menerima Formulir S-1 final dari calon penerbit ETF ETH pada hari Senin, yang menunjukkan adanya kemajuan dalam proses persetujuan.

Matrixport, sebuah platform layanan keuangan kripto, memperkirakan bahwa peluncuran ETF Ethereum ini dapat memicu kenaikan harga Ethereum sebesar 12% menjadi US$3.400. Jika ETF ini disetujui, dampak positifnya juga diharapkan meluas ke Bitcoin, yang mendukung pemulihan harga BTC.

2. Dampak Pembayaran Kembali Mt. Gox

Ketakutan mengenai pembayaran kembali Mt. Gox tampaknya sudah mulai mereda. Wali Amanat Rehabilitasi Mt. Gox telah memulai pembayaran dalam bentuk Bitcoin dan Bitcoin Cash (BCH). Bursa seperti Bitstamp telah berkomitmen untuk memastikan para investor menerima kompensasi secepat mungkin, dengan jangka waktu distribusi token sekitar 60 hari.

Advertisement

Dengan proses penggantian yang terus berlangsung, optimisme pasar mulai pulih. Ini bisa menjadi pertanda baik bagi harga Bitcoin, terutama jika kreditor memutuskan untuk tidak menjual Bitcoin yang mereka terima.

Ilustrasi Mt. Gox dan Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Mt. Gox dan Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Prediksi Peluncuran Resmi ETF Ethereum: Dua Minggu Lagi!

3. Penjualan Bitcoin oleh Pemerintah Jerman

Sejak 19 Juni, pemerintah Jerman telah memindahkan lebih dari 10.000 BTC, yang memicu aksi jual Bitcoin karena investor mengantisipasi guncangan pasokan. Namun, berdasarkan data dari Arkham, saldo token di cadangan pemerintah mulai menipis.

Ada spekulasi bahwa pemerintah Jerman akan memperlambat penjualan Bitcoin mereka, yang dapat memberikan dampak positif bagi harga aset kripto ini. Anggota parlemen Jerman, Joana Cotar, yang juga seorang aktivis kripto, menyatakan bahwa media lokal telah menangkap seruan tersebut dan investor di negara itu mulai mengungkapkan kekhawatiran mereka.

4. Sentimen Ketua The Fed

Inflasi di AS terus menurun, dan ekonomi negara itu menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang kuat. Data penggajian positif pada 5 Juli menunjukkan kemungkinan terjadinya “soft landing” untuk ekonomi. Namun, proyeksi terbaru The Fed membuat investor berhati-hati. Ketidakpastian mengenai pemangkasan suku bunga dan tekanan dari ketidakpastian politik di Eropa serta penguatan USD menambah tekanan pada aset berisiko seperti Bitcoin.

Minggu ini sangat penting karena Ketua Fed, Jerome Powell, akan memberikan kesaksian di hadapan Kongres pada 9 dan 10 Juli, yang dapat memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai arah kebijakan moneter di masa depan.

Advertisement

Sebagai bagian dari pidato setengah tahunannya kepada Kongres mengenai kebijakan moneter, Ketua The Fed, Jerome Powell berbicara kepada Komite Perbankan Senat pada hari Selasa (9/7). Sebelum pidato ini, para pembuat kebijakan telah meminta lebih banyak bukti bahwa inflasi kembali ke target 2%. Oleh karena itu, beberapa dari mereka menantikan pidato Powell, mencermati dengan saksama petunjuk tentang apa yang diperlukan untuk memulai pelonggaran.

Untuk saat ini, yang dikatakan oleh ketua bank sentral AS hanyalah bahwa ia dan rekan-rekannya “ingin lebih yakin bahwa inflasi bergerak turun secara berkelanjutan menuju 2% sebelum kita memulai proses pengurangan atau pelonggaran kebijakan.” Kesaksian Powell akan dilanjutkan pada hari Rabu (10/7) di hadapan Komite Layanan Keuangan DPR.

Dengan memperhatikan empat narasi ini, investor dan pedagang kripto dapat lebih memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin dan mengatur strategi mereka dengan lebih baik dalam menghadapi volatilitas pasar.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular