Connect with us

Market

Altcoin Berkinerja Baik Pasca Dua Bulan Bitcoin Halving 2024

Published

on

investasi aset kripto altcoin

Dua bulan setelah halving Bitcoin pada tahun 2024, pasar altcoin telah menunjukkan pergerakan harga yang signifikan. Namun, koreksi terbaru telah mengikis sebagian besar keuntungan yang dipicu oleh halving di pasar altcoin.

Halving Bitcoin sering kali menjadi isyarat bullish untuk pasar yang lebih luas, termasuk altcoin. Pelaku pasar sering membeli altcoin setelah peristiwa halving atau mendiversifikasi kepemilikan mereka dengan menuangkan keuntungan dari Bitcoin ke altcoin.

Pembelian besar-besaran ini membantu mendorong reli pasar secara keseluruhan, meskipun beberapa token sering kali mengungguli yang lain.

PEPE Coin Memimpin

Ya, banyak yang terkejut dengan masuknya koin PEPE ke dalam daftar. Sebagian besar altcoin memperoleh keuntungan besar setelah peristiwa halving Bitcoin. Namun, banyak token mengalami koreksi karena profit booking atau koreksi pasar yang lebih luas.

Di antara 50 token kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, koin PEPE tetap menjadi pemenang dalam hal keuntungan pasca-halving Bitcoin. Misalnya, Bitcoin Cash, koin yang lahir dari fork Bitcoin, turun hampir 22% sejak Bitcoin halving pada 20 April.

Advertisement
Grafik harga harian PEPE/USD dengan RSI. Sumber: Tradingview.com.
Grafik harga harian PEPE/USD dengan RSI. Sumber: Tradingview.com.

Sejak Bitcoin halving, harga koin PEPE telah meningkat sebesar 148%, mencapai level tertinggi harian di dekat US$0,0000124 pada 17 Juni. Kenaikan ini mengesankan mengingat token tersebut telah berada dalam tren turun sejak 28 Mei.

Meskipun token sedang dalam tren naik, pedagang sebaiknya berhati-hati sebelum berinvestasi dalam koin PEPE. Token ini adalah memecoin yang mengandalkan hype media sosial untuk isyarat bullishnya, menjadikannya pilihan investasi yang sangat fluktuatif.

Ethereum (ETH)

Tidak mengejutkan, mengingat posisi Ethereum sebagai kripto terbesar kedua di dunia setelah Bitcoin. Ketika harga BTC mencapai ATH baru setelah peluncuran ETF Bitcoin awal tahun ini, pelaku pasar mengharapkan ETH untuk mengikuti.

Harga ETH naik ke level tertinggi tahun 2024 di dekat US$4.080 sebelum jatuh, mencapai level terendah harian di dekat US$3.020 pada hari Bitcoin halving.

Grafik harga harian ETH/USDT dengan RSI. Sumber: Tradingview.com.
Grafik harga harian ETH/USDT dengan RSI. Sumber: Tradingview.com.

Baca juga: Analis Sarankan Hold Altcoin, Meskipun Terjadi Tekanan Jual

Namun, hype tentang ETF Ethereum spot membantu mengangkat harga ETH menjelang akhir Mei 2024, yang mengakibatkan token hampir menembus di atas US$4.000 sebelum terkoreksi lagi. Persetujuan ETF sudah cukup untuk memastikan harga ETH naik hampir 20% sejak peristiwa halving Bitcoin.

Dalam periode yang sama, altcoin besar lainnya mencatatkan keuntungan yang dapat diabaikan, seperti Solana yang turun ke US$140 pada 17 Juni dan menghapus semua kenaikannya sejak 20 April.

Advertisement

Selain itu, token seperti AVAX, ADA, MATIC, dan lainnya dari daftar 20 token kripto teratas (berdasarkan kapitalisasi pasar) diperdagangkan dengan kerugian dibandingkan dengan harga pada 20 April.

Toncoin (TON)

Toncoin dari Jaringan Terbuka menjadi pemenang lainnya dalam perlombaan pasca-halving Bitcoin. Harga TON telah mencapai level tertinggi yang lebih tinggi sejak Maret 2024. Harga token ini terdorong oleh halving Bitcoin dan masuknya pembeli berikutnya.

Selain itu, akumulasi paus juga membantu kenaikan harga TON, dengan jumlah alamat yang menyimpan antara 100.000 dan 1 juta TON token terus meningkat pada awal Juni.

Sejak 20 April, harga TON telah melonjak lebih dari 35%, mencapai level tertinggi harian di dekat US$8 pada 17 Juni. Token ini sedang terkoreksi, tetapi tampaknya berada di jalur menuju target harga US$9 pada bulan Juni.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular