Connect with us

Bitcoin News

Harga Bitcoin Konsolidasi Kuat di US$ 30K, Setelah Sempat Jatuh

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Harga Bitcoin akhirnya merosot ke posisi terendah sejak akhir Juni, jatuh di bawah US$ 29.700 pada Selasa (18/7) dinihari, namun kembali bangkit beberapa jam kemudian. Saat euforia investor atas Bitcoin mereda, hambatan regulasi dan ekonomi makro muncul kembali untuk berdampak negatif pada harga BTC.

Dikutip Coindesk, Bitcoin tenggelam ke level US$ 29.769 pada satu titik pada hari Selasa, level terendah sejak akhir Juni. Tetapi BTC mampu mendapatkan kembali beberapa kerugiannya hingga akhirnya diperdagangkan di atas US$ 30.000.

Sebelumnya, Bitcoin melonjak melewati US$ 31.700 pada Kamis (13/7) lalu setelah Pengadilan Federal AS di Distrik Selatan New York memutuskan bahwa penjualan token Ripple (XRP) di bursa dan melalui algoritme bukan merupakan kontrak investasi.

Sementara, Ethereum (ETH) baru-baru ini berpindah tangan pada US$ 1.913, turun hampir setengah poin persentase dari hari Minggu (16/7), waktu yang sama dan jauh dari ketinggiannya minggu lalu di atas US$ 2.000.

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum. Foto: Jaap Arriens | NurPhoto | Getty Images.

Baca juga: Harga Kripto 1INCH Melonjak Lebih dari 90% Seminggu, Ini Analisisnya

Kripto besar lainnya, yang juga melonjak minggu lalu, merosot pada hari Senin (17/7) sebelum sedikit rebound. XRP dan ADA, token dari platform smart contract Cardano, baru-baru ini turun masing-masing 1,5% dan 0,6%, sementara SOL, kripto asli dari blockchain Solana turun lebih dari 2,8%.

Volatilitas Bitcoin

Analis telah menyarankan bahwa Bitcoin dapat terus mengalami penurunan di bawah ambang batas ini sampai SEC memutuskan apakah akan menyetujui salah satu dari beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot yang diajukan oleh raksasa jasa keuangan, termasuk BlackRock, bulan lalu.

Edward Moya, analis pasar senior di Oanda, mengatakan pengajuan tersebut mendorong peningkatan tajam pada pertengahan Juni di BTC dan kripto lainnya yang merindukan katalis harga. Tetapi SEC, yang telah menolak sejumlah aplikasi BTC spot selama dua tahun terakhir, tidak mungkin bergerak selama berbulan-bulan, mengingat keputusan sebelumnya yang tidak tergesa-gesa. Agensi masih mengumpulkan informasi tentang proposal tersebut.

Advertisement

“Ada fokus berkelanjutan hanya pada AS (ETF),” kata Moya. “Orang-orang tidak akan optimis sampai kami mendapatkan pembaruan lebih lanjut bahwa kami akan menyelesaikan ETF itu di Amerika Serikat.”

Analisis Harga Bitcoin

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Pasar Kripto Kembali Lesu Setelah Reli Kuat Pekan Lalu, Kenapa?

Moya memprediksi pergerakan harga Bitcoin akan ada dikisaran US$ 29.500-US$ 31.500 dan dapat bertahan sampai mendapatkan sentimen positif dari berita utama kripto utama.

Sementara, analisis menyeluruh dari grafik harian Bitcoin mengungkapkan pembentukan pola double-top bearish yang jelas di dekat wilayah resistensi utama US$ 30K. Selain itu, harga menghadapi resistensi dinamis yang signifikan dari garis tren tengah saluran naik. Perlu dicatat bahwa tingkat dinamis yang kuat ini telah menghambat apresiasi harga lebih lanjut selama beberapa bulan.

Selain itu, perbedaan mencolok antara harga dan indikator RSI mengindikasikan pergeseran kondisi pasar dari kondisi tren naik ke kemungkinan tren turun. Jika tekanan jual mendominasi pasar, target Bitcoin selanjutnya adalah rata-rata pergerakan 100 hari yang terletak di sekitar level US$ 28K.

Meskipun demikian, tampaknya penolakan dari resistensi substansial pada US$ 30K sudah dekat berdasarkan aksi harga Bitcoin baru-baru ini.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular