Connect with us

Altcoin News

Harga Chainlink (LINK) Melonjak Tinggi, Ini Penyebabnya

Published

on

Ilustrasi Chainlink (LINK). Sumber: Chainlink.

Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC) telah bermitra dengan blockchain oracle Chainlink dan beberapa lembaga perbankan terkemuka di Amerika Serikat untuk melakukan uji coba yang sukses dengan tujuan mempercepat tokenisasi dana.

Kolaborasi ini tidak hanya membuka jalan bagi penerapan teknologi blockchain di sektor manajemen aset tradisional, tetapi juga berdampak signifikan pada harga mata uang kripto asli Chainlink (LINK) yang telah melonjak melewati ambang batas US$14.

DTCC dan Chainlink

Uji coba ini, yang disebut Smart NAV, dikembangkan oleh DTCC untuk mengeksplorasi perluasan Mutual Fund Profile Service I (MFPS I), sebuah platform standar industri yang mengirimkan data “Harga dan Suku Bunga”, yang juga dikenal sebagai “data NAV.”

Dengan memanfaatkan interoperabilitas lintas rantai dan kemampuan abstraksi blockchain Chainlink, uji coba ini bertujuan untuk menyelidiki potensi data harga dan tarif on-chain sebagai pendorong utama untuk inisiatif baru, khususnya di bidang tokenisasi reksa dana.

Untuk mengevaluasi nilai industri dari solusi penyebaran harga dan tarif berbasis DLT, DTCC berkolaborasi dengan manajer aset, penyedia layanan, dan distributor, termasuk American Century Investments, BNY Mellon, Edward Jones, Franklin Templeton, Invesco, JPMorgan, MFS Investment Management, Mid Atlantic Trust, dan State Street.

Advertisement

Tokenisasi Dana

Ilustrasi token Real-World Asset (RWA). Sumber: Chainlink Blog.
Ilustrasi token Real-World Asset (RWA). Sumber: Chainlink Blog.

Baca juga: Kenal Notcoin (NOT): Game Web3 yang Dinamis di Telegram

Berdasarkan pengumuman tersebut, hasil uji cobanya positif. Kolaborasi antara DTCC, lembaga perbankan AS, dan Chainlink menunjukkan bahwa data terstruktur dapat dikirimkan secara on-chain, memungkinkan penyematan data dasar ke dalam beberapa kasus penggunaan on-chain.

Kemampuan ini memiliki implikasi yang luas, termasuk mendukung aplikasi portofolio pialang dan memfasilitasi penyebaran data otomatis secara real-time. Selain itu, Smart NAV bertujuan untuk menyediakan akses bawaan ke data historis dan menyederhanakan penyampaian data harga dan tarif melalui antarmuka baru untuk konsumsi data.

Uji coba ini juga mencapai beberapa tonggak penting, termasuk memvalidasi antarmuka pengguna dan aplikasi yang memanfaatkan data on-chain, membangun otomatisasi perutean data melalui kontrak pintar untuk manajemen data dinamis, dan mencegah fragmentasi di masa depan melalui Cross-Chain Interoperability Protocol (CCIP) Chainlink.

Pada akhirnya, DTCC menyatakan bahwa kemitraan dengan Chainlink telah memainkan peran kunci dalam keberhasilan kasus penggunaan Smart NAV. Dengan menyediakan lapisan abstraksi melalui kemampuan interoperabilitas lintas rantai, Chainlink telah memfasilitasi transmisi data yang “mulus” di berbagai blockchain.

Pendekatan ini menghilangkan kebutuhan DTCC untuk membangun koneksi individual ke setiap blockchain, mengurangi biaya dan kompleksitas operasional, sekaligus memastikan aksesibilitas dan optimalisasi data.

Advertisement

Momentum Bullish untuk LINK

LINK/USDT Daily Chart. Sumber: TradingView.
LINK/USDT Daily Chart. Sumber: TradingView.

Pada saat siaran pers ini dibuat, token LINK telah berhasil melonjak di atas angka US$14,88, mengalami kenaikan harga yang signifikan sebesar 6,8% sejak pengumuman awal pada hari Kamis.

Data dari CoinGecko menunjukkan bahwa volume perdagangan token juga mengalami lonjakan signifikan sebesar 17% dalam beberapa jam terakhir, mencapai angka substansial US$400 juta.

Meskipun LINK menunjukkan tren kenaikan, token ini masih menghadapi dua level resistensi utama sebelum dapat pulih dari kerugian 72% dari level tertinggi sepanjang masa di US$52,70 yang dicapai pada Mei 2021. Level resistensi tersebut terletak di US$15,18 dan US$17,80, sebelum berpotensi bergerak menuju angka US$20. Masih harus dilihat apakah momentum bullish saat ini akan bertahan dan semakin mendorong harga LINK melampaui level tersebut.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular