Connect with us

Market

Javier Milei Menangkan Pemilu Argentina, Bitcoin Tembus US$ 37.000

Published

on

Javier Milei dengan gemilang memenangkan pemilihan presiden Argentina. Sumber: Natacha Pisarenko/AP.

Javier Milei, seorang calon presiden yang mendukung Bitcoin, akhirnya berhasil memenangkan pemilihan umum (Pemilu) di Argentina. Kabar ini ternyata berpengaruh terhadap harga Bitcoin yang kembali tembus level US$ 37.000.

Masyarakat Argentina telah memilih kandidat libertarian, Javier Milei sebagai presiden barunya. Milei dipandang radikal untuk memperbaiki perekonomian yang terguncang oleh inflasi tiga digit, resesi yang akan datang, dan meningkatnya kemiskinan.

Milei dikenal sebagai pendukung setia Bitcoin. Mengenai Bitcoin, Milei berbicara positif tentang BTC, dengan mengatakan bahwa Bitcoin “mewakili pengembalian uang ke sektor swasta, yang merupakan pemilik sebenarnya.”

Selama kebangkitan setelah terpilihnya Milei sebagai presiden, posisi short senilai US$ 13 juta dilikuidasi.

Pasar Kripto dan Bitcoin Naik

Ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin US$ 45.000 pada Akhir Tahun 2023

Diperdagangkan dengan tenang sepanjang akhir pekan, Bitcoin (BTC) mulai naik pada Senin (20/11) pagi karena berita positif terkait kemenangan Milei di pemilu Argetina. Bitcoin hampir naik hampir 3% selama 24 jam terakhir menjadi US$ 37.350. Total kapitalisasi pasar kripto pun kembali tembus US$ 1,42 triliun dalam sehari terakhir.

Milei lebih berhati-hati dibandingkan penguasa El Salvador yang mencintai Bitcoin, Nayib Bukele. Meskipun Bukele menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi, Milei tidak memiliki niat seperti itu. Sebaliknya, ia ingin mengganti Peso Argentina dengan dolar AS, yang akan meningkatkan kekuatan Federal Reserve dan Bank for International Settlements.

Hasil resmi belum diumumkan, namun saingannya, Menteri Ekonomi Sergio Massa, dalam pidatonya mengakui bahwa ia kalah dalam pemilu. Pencalonan Massa terhambat oleh krisis ekonomi terburuk di negara itu dalam dua dekade ketika ia masih menjabat.

Advertisement

Milei menjanjikan terapi kejutan ekonomi. Rencananya termasuk menutup bank sentral, menghapus peso dari peredaran dan memotong pengeluaran. Reformasi ini selaras dengan kemarahan para pemilih terhadap buruknya perekonomian dan takut akan terjadinya penghematan pada negara lain.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular