Connect with us

Academy

Mengenal Aset Kripto Pendle (PENDLE) dan Potensinya

Published

on

Ilustrasi aset kripto Pendle. Sumber: Pendle.

Tokocrypto telah meluncurkan perdagangan untuk Pendle (PENDLE), token kripto asli dari Pendle Finance. Bagaimana potensi ke depannya?

Pendle Finance, sendiri adalah sebuah platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh dan memperdagangkan pendapatan dari aset kripto yang dihasilkan melalui yield farming.

Kehadiran Pandle sempat mencuri perhatian trader dan investor kripto karena potensi proyek yang diklaim menjanjikan. Aset kripto PENDLE sendiri sudah listing di Tokocrypto dengan pairing trading PENDLE/USDT, PENDLE/TUSD & PENDLE/BTC dapat dilakukan mulai tanggal 13 Juli 2023 pukul 15.00 WIB.

Kehadiran PENDLE menjadi memperkuat komitmen Tokocrypto untuk mendukung pertumbuhan dan adopsi proyek keuangan terdesentralisasi. Trader sangat menantikan peluncurannya, mengantisipasi potensi peluang dan nilai yang dibawa Pendle Finance ke pasar kripto.

Sebelum kita mengenal PENDLE, alangkah baiknya kita membahas dulu Pendle Finance yang meluncurkan aset kripto tersebut sebagai token utilitasnya.

Apa Itu Pendle Finance?

Ilustrasi aset kripto Pendle. Sumber: Pendle.
Ilustrasi aset kripto Pendle. Sumber: Pendle.

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Maverick (MAV) dan Potensinya

Pendle Finance merupakan protokol pertama yang memungkinkan perdagangan hasil token masa depan pada sistem Automated Market Maker (AMM) yang diluncurkan pada Juni 2021. Untuk penjelasan lebih lanjut, pertukaran terdesentralisasi berbasis AMM dibangun di atas kumpulan likuiditas aset yang didanai sebelum transaksi terjadi.

Dalam banyak kasus, likuiditas token tertentu disediakan oleh pengguna yang mendapatkan penghasilan pasif dari deposit mereka. Penghasilan ini dihasilkan dari biaya perdagangan.

Advertisement

Jumlah yang diperoleh biasanya didasarkan pada persentase kumpulan likuiditas yang disediakan. Ini sering disebut sebagai pertanian hasil. Disebut demikian karena memungkinkan mereka yang menyediakan likuiditas untuk menumbuhkan crypto mereka sendiri.

Ada tiga komponen yang membentuk sistem Pendle:

  1. Yield tokenization.
  2. Pendle’s Automated Market Maker (AMM).
  3. Governance.

Perlu dicatat bahwa Pendle Finance memang mendapat dukungan dari beberapa pemain besar di ruang kripto. Mechanism Capital, DeFi Alliance, dan Crypto.com semuanya membantu perusahaan mengumpulkan US$ 3,5 juta untuk membantu meluncurkan pasar hasil tokenisasinya. Pendanaan itu dapat membantunya bertahan cukup lama untuk mendapatkan lebih banyak eksposur ke pengguna.

Apa Itu Token PENDLE?

Ilustrasi aset kripto Pendle. Sumber: Pendle.
Ilustrasi aset kripto Pendle. Sumber: Pendle.

Baca juga: Mengenal Pepe (PEPE), Meme Coin yang Listing di Tokocrypto

Pendle (PENDLE) hanyalah token kripto utilitas yang dikeluarkan oleh Pendle Finance. Namun di masa mendatang, token ini akan digunakan sebagai token tata kelola. Rencana untuk itu akan digunakan dalam ketiga cara berikut:

  1. Alokasi insentif likuiditas.
  2. Penggunaan dana perbendaharaan.
  3. Pembuatan pasangan pasar baru (token hasil masa depan dan token kepemilikan).

Pendle akan mengadopsi model inflasi hybrid. Pengembang akan mulai dengan insentif stabil sebesar 1,2 juta PENDLE per minggu selama 26 minggu pertama, setelah itu, insentif likuiditas akan menurun sebesar 1% per minggu hingga minggu ke-260. Pada titik ini, akan ada tingkat inflasi terminal sebesar 2% per tahun berdasarkan pasokan token yang beredar.

Jumlah maksimum token yang beredar pada akhir tahun ke-2 adalah 251.061.124. Setiap kenaikan selanjutnya akan berasal dari insentif likuiditas. Distribusi token juga direncanakan sedemikian rupa sehingga setiap orang dapat memiliki kesempatan yang wajar untuk berpartisipasi dan memiliki persentase dari ekosistem PENDLE.

Peringkat PENDLE di situs CoinMarketCap saat ini adalah #232, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 161.020.694 USD. Ini memiliki persediaan yang beredar sebesar 202.643.672 koin PENDLE dan maks. pasokan 251.061.124 koin PENDLE.

Analisa Harga PENDLE

MAV/USD TF 4H by Fyqieh Fachrur Rossy – Tradingview.com.

Trader External Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan pergerakan harga PENDLE dalam jangka pendek diprediksi akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh FOMO (Fear of Missing Out) setelah Pendle masuk ke Binance Launchpool pada tanggal 3 Juli 2023.

Kegembiraan tersebut menyebabkan harga Pendle naik lebih dari 89% dari US$ 0,95 menjadi US$ 1,74 dalam waktu kurang dari enam jam. Namun, setelah kenaikan yang tinggi tersebut, harga Pendle saat ini mengalami penurunan menjadi US$ 0,8, di bawah harga sebelum Binance mengumumkan adanya Launchpool untuk Pendle.

Hal ini dapat dianggap sebagai tanda kurang baik karena setelah fase akumulasi dan puncak, biasanya ada fase distribusi. Support harga terdekat yang diidentifikasi berada di US$ 0,66, dengan potensi penurunan sebesar -20,26% dari harga saat ini (US$ 0,8) pada tanggal 11 Juli 2023. Harga US$ 0,66 dianggap sebagai area support yang potensial untuk melakukan trading swing.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular