Connect with us

Market

Pendiri BlackRock Prediksi Kembali Bangkitnya Pasar Kripto

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Robert Kapito, salah satu pendiri BlackRock mengantisipasi kebangkitan pasar kripto yang dipicu oleh cadangan uang tunai hampir US$9 triliun. Ketika investor mengamati keputusan The Fed, Kapito memperingatkan adanya pergeseran dinamika dan menekankan posisi strategis BlackRock.

Kapito menawarkan prospek pasar yang optimis dan hati-hati, memperkirakan potensi kebangkitan. Dalam penilaiannya, ia menunjuk pada jumlah hampir US$9 triliun yang saat ini disimpan dalam dana pasar uang dan alternatif tunai di bank.

Kumpulan modal yang besar ini, menurut Kapito, berpotensi memberikan pengaruh signifikan terhadap pasar ekuitas sehingga menjadi kekuatan yang harus diwaspadai pada periode-periode mendatang.

Tren Positif

Kapito menyoroti tren penting yang berkontribusi terhadap dinamika pasar ekuitas: Pergeseran preferensi investor terhadap aset kripto. Kecenderungan ini berperan dalam kontraksi pasar ekuitas, sehingga mendorong Kapito untuk menggarisbawahi pentingnya memperhatikan lanskap yang terus berkembang ini.

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Potensi Profit Top Altcoin Minggu Ini Jelang Halving

Selain itu, ia menekankan bahwa keputusan Federal Reserve mengenai suku bunga di masa depan akan memainkan peran penting dalam membentuk perilaku investor, terutama dengan latar belakang pertumbuhan ekonomi AS yang kuat dan tekanan inflasi yang terus-menerus.

Posisi strategis BlackRock

BlackRock, bersama sekelompok pemimpin industri terpilih, mempertahankan posisi yang kuat di arena manajemen aset, menguasai sekitar 75% total aset. Robert Kapito, dalam kapasitasnya sebagai Presiden BlackRock, menggarisbawahi pentingnya strategis dari cadangan uang tunai yang cukup besar yang disimpan di pasar uang.

Dia sebelumnya menyoroti potensi realokasi dana tersebut ke obligasi, yang menunjukkan pendekatan proaktif BlackRock dalam memanfaatkan tren pasar berkembang.

Advertisement

Selain itu, pembaruan terbaru BlackRock pada prospektus Bitcoin ETF mencerminkan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan kemampuan beradaptasi. Dengan memposisikan dirinya sebagai penyedia solusi investasi yang komprehensif, BlackRock bertujuan untuk memenuhi kebutuhan klien institusional yang terus berkembang, termasuk dana pensiun, dana abadi, dan dana kekayaan negara.

Meskipun alternatif-alternatif tersebut saat ini hanya mewakili 3% dari total aset yang dikelola BlackRock, alternatif-alternatif tersebut menyumbang 10% biaya yang jauh lebih tinggi, yang menggarisbawahi kepentingan strategisnya terhadap aliran pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

Popular