Connect with us

Bitcoin News

Standard Chartered Yakin Bitcoin Bisa Naik Jadi Rp 1,8 M pada Akhir 2024

Published

on

market kripto bitcoin

Standard Chartered Bank dalam laporan terbarunya menyebutkan harga Bitcoin (BTC) dapat naik menjadi US$ 120.000 atau sekitar Rp 1,8 miliar pada akhir tahun 2024. Bank multinasional Inggris itu yakin potensi jangka panjang Bitcoin di masa depan.

Menurut penelitian terbarunya, Standard Chartered memproyeksikan harga Bitcoin akan terus bergerak naik. Mereka memprediksi BTC akan mencapai harga US$ 50.000 atau sekitar Rp 759 juta pada akhir tahun ini. Kemudian, melonjak dua kali lipat di tahun 2024 mendatang.

Standard Chartered meningkatkan perkiraan harga Bitcoin dari prediksi sebelumnya hanya mencapai US$ 100.000 (Rp 1,5 miliar) pada bulan April 2024. Bank Standard Chartered mengatakan pada saat itu bahwa BTC berpotensi mencapai level tersebut karena beberapa faktor, salah satunya adalah krisis sektor perbankan.

“Kami sekarang berpikir perkiraan ini terlalu konservatif, dan karena itu kami melihat kenaikan target akhir 2024 kami,” kata laporan itu.

Potensi Bitcoin

Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.
Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.

Baca juga: Riset Ungkap Strategi DCA Sering Buat Investor Kripto Bitcoin Untung

Bitcoin telah naik 80% sejak awal tahun dan saat ini diperdagangkan sekitar US$ 30.100. Laporan tersebut mengutip peningkatan profitabilitas penambang Bitcoin sebagai salah satu faktor yang akan mendorong harga saat ini.

“Alasannya di sini adalah selain mempertahankan buku besar bitcoin, penambang memainkan peran kunci dalam menentukan pasokan bersih BTC yang baru ditambang,” tulis Geoff Kendrick, kepala penelitian FX dan aset digital.

Peningkatan profitabilitas penambang per Bitcoin yang ditambang berarti miners dapat menjual lebih sedikit output mereka sambil mempertahankan arus kas masuk, mengurangi pasokan Bitcoin bersih dan dengan demikian mendorong harga lebih tinggi, menurut laporan tersebut.

Advertisement

Mining Bitcoin

Standard Chartered mengatakan kenaikan harga yang diprediksi adalah bahwa penambang yang mencetak 900 bitcoin baru yang diproduksi setiap hari di seluruh dunia akan segera perlu menjual lebih sedikit untuk menutupi biaya mereka – kebanyakan listrik untuk menyalakan komputer super.

Kendrick memperkirakan bahwa penambang baru-baru ini menjual 100% koin baru mereka. Namun, jika harganya mencapai US$ 50.000, mereka mungkin hanya akan menjual 20-30%.

“Ini setara dengan penambang yang mengurangi jumlah bitcoin yang mereka jual per hari menjadi hanya 180-270 dari 900 saat ini.”

Ilustrasi mining aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi mining aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Pasar Kripto dan Bitcoin Sedang Wait and See Jelang Perilisan CPI AS

“Selama setahun, itu akan mengurangi penjualan penambang dari 328.500 menjadi kisaran 65.700-98.550 – pengurangan pasokan BTC bersih sekitar 250.000 Bitcoin per tahun.”

Halving Bitcoin pada April atau Mei 2024 mendatang, jumlah total BTC yang dapat ditambang setiap hari juga akan dikurangi setengahnya karena mekanisme pasokan dan penerbitan bawaan yang secara bertahap membatasi pasokan untuk mempertahankan daya tariknya.

Prediksi valuasi setinggi langit telah menjadi hal biasa selama demonstrasi Bitcoin di masa lalu. Seorang analis Citi mengatakan pada November 2020 bahwa Bitcoin dapat naik setinggi US$ 318.000 pada akhir tahun 2022. Bitcoin ditutup tahun lalu turun sekitar 65% pada US$ 16.500.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular