Connect with us

Bitcoin News

Riset Ungkap Strategi DCA Sering Buat Investor Kripto Bitcoin Untung

Published

on

Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Sebuah riset terbaru mengungkap strategi DCA (dollar cost average) telah membuat banyak keuntungan untuk investor aset kripto Bitcoin. Jika Anda secara konsisten mengakumulasi Bitcoin melalui pembelian berulang harian hingga hari ini, selamat! Investasi Anda secara resmi menghasilkan keuntungan, menurut analisis baru.

Dikutip Decrypt, sebuah tweet oleh Bitcoiner @w_s_bitcoin (juga dikenal sebagai “Wicked”) pada hari Senin (3/7) menyoroti grafik “biaya rata-rata tertimbang dari Bitcoin yang dibeli” yang menunjukkan bahwa investor yang terus melakukan “dolar cost average” (DCA) ke dalam aset kripto terbesar, Bitcoin sekarang telah mendapatkan keuntungan yang signifikan, tidak peduli kapan mereka mulai berinvestasi.

DCA adalah strategi di mana investor memasukkan sejumlah uang tetap ke dalam saham atau aset kripto pada interval waktu reguler, terlepas dari perubahan harga aset. Praktik ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan dan kompleksitas yang terkait dengan penentuan waktu pasar yang sangat tidak stabil, dan sering kali didorong oleh para Bitcoiner terkemuka sebagai alternatif yang lebih bijak untuk perdagangan aktif.

Investor Bitcoin Untung

Grafik biaya rata-rata tertimbang dari Bitcoin yang dibeli. Sumber: Wicked.
Grafik biaya rata-rata tertimbang dari Bitcoin yang dibeli. Sumber: Wicked.

Baca juga: Data The Fed Menunjukkan Kripto Dapat Membantu Inklusi Keuangan

Menurut grafik, biaya rata-rata tertimbang dari pembelian Bitcoin mencapai US$ 31.233 per 3 Juli—harga tertinggi sejak Juni 2022.

“Saat seluruh garis oranye berada di bawah garis putus-putus putih, saat itulah SEMUA pengguna DCA harian mendapat untung,” jelas Wicked.

Ini tidak berarti bahwa semua pemegang Bitcoin berada di zona hijau, dan tentunya bukan mereka yang membeli seharga US$ 69.000 pada November 2021 dan tidak melakukan apa-apa setelahnya. Namun, mereka yang terus melakukan pembelian berulang sejak saat itu hingga sekarang telah menebus kerugian mereka dengan juga membeli selama posisi terendah, kata Wicked, seperti ketika Bitcoin jatuh di bawah US$ 16.000 setelah FTX turun.

“Akumulasi yang dilakukan secara reguler menguntungkan bagi semua orang bahkan ketika Bitcoin turun 55% dari atas,” cuit penulis buku Bitcoin Standard, Saifedean Ammous pada hari Senin (3/7). “Sebuah bukti menakjubkan tentang kekuatan Bitcoin sebagai teknologi penyelamat.”

Advertisement

Akumulasi Jadi Kunci

Nabung kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Nabung kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Investor Tim Draper Prediksi Harga Bitcoin Capai Rp 3,7 M di Tahun 2025

Namun, kesimpulan Wicked diperdebatkan. Menurut platform intelijen pasar kripto, CryptoQuant, mereka yang memulai pembelian DCA setiap hari selama pasar bullish terakhir masih berada dalam kerugian, dengan asumsi harga Bitcoin saat ini US$ 31.400.

“Jadi mereka yang memulai DCA pada pertengahan Juni 2020 hingga Sep 2021 tidak untung,” tulis Hochan Chung, Kepala Pemasaran CryptoQuant, kepada Decrypt. Biaya rata-rata tertimbang per koin mereka “berkisar dari US$ 31,4k hingga US$ 35,3K,” jelasnya.

Dilaporkan Bitcoin telah naik 85,4% tahun ini, didukung oleh berkurangnya kepercayaan pada sistem perbankan pada bulan Maret, dan meningkatnya kepercayaan pada kemungkinan ETF spot Bitcoin disetujui di Amerika Serikat sejak pengajuan BlackRock pada bulan Juni.

Keuntungan aset juga menempatkan MicroStrategy kembali ke zona keuntungan. Perusahaan ini adalah salah satu pemegang perusahaan Bitcoin terbesar, memiliki total 152.333 BTC , yang diperoleh secara kolektif melalui serangkaian pembelian berulang sejak Agustus 2020. Ketua Eksekutif perusahaan Michael Saylor dikenal karena menasihati para pengikutnya untuk tidak pernah menjual Bitcoin mereka.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular