Connect with us

Bitcoin News

Yuk, Intip 4 Kiat Mencapai Financial Freedom di Usia Muda!

Published

on

4 Kiat Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Jika dibandingkan dengan zaman dulu, kini kehadiran teknologi digital semakin memudahkan penyampaian informasi, termasuk mengenai finansial.

Anak muda saat ini mendapatkan begitu banyak dukungan informasi dan aplikasi untuk mulai memerhatikan kondisi keuangannya sendiri. Melihat hal ini, akan mudah bagi mereka mencapai financial freedom atau kebebasan finansial. 

Dilansir dari Kompas.com, Head of Investment Communication & Fund Development dari sebuah perusahaan asuransi swasta di Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi, mengatakan bahwa financial freedom akan lebih cepat dicapai dengan melakukan perencanaan keuangan yang tepat, yaitu dengan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang sedang dialami.

Namun, sebenarnya apa itu financial freedom?

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Dia Perbedaan Menabung dan Investasi

Apa itu Financial Freedom?

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang sudah memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhan dasar, seperti makanan atau pakaian, tanpa harus bekerja aktif.

Orang yang sudah mencapai kebebasan finansial akan menghasilkan lebih banyak uang daripada biaya hidupnya melalui aset yang mereka miliki.

Advertisement

Selain itu, financial freedom juga berarti seseorang bebas melakukan apa pun yang ia inginkan tanpa harus memikirkan segi keuangannya karena ia pasti akan bisa mencukupi keinginannya.

Tahapan financial freedom 

Untuk mencapai kebebasan finansial, setidaknya ada tiga tahapan yang harus Anda lewati terlebih dulu. Berikut penjelasannya:

1. Financial stability

Tahapan pertama adalah kestabilan finansial, di mana Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar, bebas dari utang, dan memiliki dana darurat setidaknya sebesar 3-6 bulan penghasilan. Jika kondisi finansial Anda stabil, Anda pun bisa mulai berinvestasi.

2. Financial Independency

Pada tahap ini, Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk mulai berinvestasi. Investasi harus dilakukan dengan uang dingin, yang berarti uang tersebut bukanlah uang yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biaya sewa, sekolah, makan, dan lain sebagainya. 

3. Financial freedom

Tahap terakhir adalah tahap di mana akhirnya Anda mencapai financial freedom. Anda tidak lagi mengkhawatirkan pendapatan ketika Anda membutuhkan sesuatu. Anda juga tidak lagi berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Anda bisa melakukan apa pun yang diinginkan tanpa mengkhawatirkan biaya.

Advertisement

4 Tips Mencapai Financial Freedom

tips mencapai financial freedomSemua orang tentu ingin bebas secara finansial. Agar bisa mencapai financial freedom, hal terpenting adalah melakukannya sedini mungkin. Selain itu, Anda juga bisa coba melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Pahami kondisi keuangan Anda saat ini

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memahami kondisi keuangan Anda terlebih dulu, terlepas dari umur dan jumlah pendapatan Anda.

Kebebasan finansial tidak diukur dari jumlah pendapatan, melainkan apakah pendapatan Anda bisa mencukupi segala kebutuhan Anda.

Kondisi keuangan bisa dipahami dengan mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan Anda. Anda perlu melihat apakah pendapatan Anda sudah mampu membayar segala kebutuhan hidup.

2. Buat tujuan keuangan

Sebelum membuat agenda untuk jalan-jalan, tentunya Anda akan menentukkan terlebih dahulu ke mana Anda akan pergi.

Begitu pula dengan mencapai financial freedom. Sebelum Anda menyusun strategi keuangan, tentukan dulu tujuan keuangan Anda. Misalnya, bulan depan Anda harus menambah 40% pendapatan Anda.

Advertisement

Setelah menetapkan tujuan tersebut, Anda bisa menyusun strategi bagaimana agar pendapatan Anda bisa bertambah sebesar 40%.

3. Passive Income

Salah satu kunci dari financial freedom adalah memiliki aset yang mampu menghasilkan pendapatan tambahan atau passive income. Anda tidak perlu bekerja keras lagi karena aset Anda akan mengalirkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk mendapatkan passive income, Anda bisa coba membuka bisnis. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial atau internet untuk berjualan online dan menambah pemasukan.

4. Investasi 

Dunia terus mengalami inflasi. Uang yang Anda miliki saat ini tidak akan sama lagi nilainya di masa depan. Artinya, nilai uang yang Anda tabung di bank terus berkurang mengingat tingkat bunga bank umumnya lebih rendah dari nilai inflasi.

Sebagai solusi, Anda bisa mulai untuk berinvestasi. Dibandingkan bunga bank, potensi return investasi cenderung lebih tinggi dan bahkan melebihi nilai inflasi.

Advertisement

Lantas, Anda harus berinvestasi pada instrumen apa, ya? Nah, salah satu instrumen yang sedang populer saat ini dan bisa Anda coba adalah investasi aset kripto.

Nilai uang resmi atau uang fiat yang terus inflasi menyebabkan banyak orang akhirnya memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto. Apalagi aset kripto dinilai sebagai salah satu aset safe haven.

Hal ini bisa dilihat saat awal Pandemi COVID-19 di mana semua instrumen investasi melonjak turun, harga aset kripto tetap bertahan dan diprediksi semua mata uang kripto akan naik jelang akhir tahun 2021. 

Yuk lakukan investasi aset kripto yang mudah dan aman guna mencapai financial freedom hanya platform terpercaya seperti Tokocrypto.

Tokocrypto merupakan sebuah platform pertukaran aset kripto yang memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan menabung berbagai jenis aset  kripto. Yuk, kunjungi website resmi Tokocrypto dan dapatkan berbagai informasi menarik. 

Masih bingung dengan investasi/trading kripto? Gabung dengan Group Telegram Tokocrypto! Anda juga bisa mengunjungi Instagram dan Twitter resmi Tokocrypto untuk dapatkan informasi promo menarik!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular