Cara Praktis Agar Transaksi Cryptocurrency Tidak Gagal

0
60
cara transaksi crypto

Seperti yang sudah anda ketahui, cryptocurrency atau aset kripto menggunakan blockchain yang terdesentralisasi agar pengguna dapat melakukan transaksi dan menyimpannya secara aman dan cepat tanpa menggunakan pihak ketiga seperti bank. Setiap transaksi akan dicatat oleh sebuah buku besar publik secara digital atau biasa disebut dengan Public Ledgers

Public Ledgers merupakan tempat penyimpanan semua transaksi cryptocurrency yang dikonfirmasi sejak dimulainya pembuatan identitas kepemilikan coin crypto. Buku besar ini juga akan memastikan bahwa dompet-dompet crypto dapat menghitung saldo dari setiap transaksi cryptocurrency.

Jenis Transaksi Cryptocurrency

Dalam melakukan transaksi cryptocurrency ada dua jenis cara transaksi crypto yang bisa anda lakukan, yang pertama adalah dengan mengirimkannya langsung ke alamat wallet pribadi penerima atau bisa disebut dengan Pay To Address (P2A). Kedua, anda bisa mengirimnya menggunakan platform exchange (bursa) crypto. untuk mengetahui secara detail bagaimana dua jenis transaksi tersebut berjalan mari kita bahas.

1. Pay To Address (P2A)

Pay To Address atau sering juga dikenal dengan nama Pay to Public Key Hash (P2PKH) adalah metode transaksi bitcoin yang banyak dilakukan. transaksi P2A merupakan metode pembayaran cryptocurrency yang ditujukan kepada sesama alamat crypto sehingga tidak ada perantara atau peer to peer.

Untuk menggunakan transaksi jenis ini, yang akan menerima bitcoin harus memberikan alamat cryptocurrency-nya kepada orang yang akan memberikan. Hal ini sederhananya sama seperti kita meminta nomor rekening untuk melakukan pengiriman uang melalui bank.

2. Melalui Platform Exchange

Jenis transaksi melalui platform exchange merupakan transaksi yang paling sering digunakan. Khususnya untuk para investor dan trader yang memiliki aset crypto. Platform exchange aset kripto merupakan bursa aset kripto. Anda dapat menjual dan membeli berbagai jenis cryptocurrency di platform exchange tersebut. Salah satu platform exchange yang terpercaya dan legal di Indonesia adalah TokoCrypto.

Untuk melakukan transaksi baik menjual ataupun membeli, sebelumnya anda harus mempunyai akun pada platform exchange tersebut. Setelah mempunyai akun, anda baru bisa bertransaksi pada platform exchange tersebut.

Cara Transaksi Cryptocurrency di Platform Exchange Agar Tidak Gagal

Transaksi menggunakan platform exchange saat ini banyak dilakukan oleh para trader dan investor untuk mendapatkan keuntungan di bursa aset kripto. Pertumbuhan aset kripto yang terus naik membuat ketertarikan para pengguna bitcoin untuk membeli dan menjualnya di platform exchange crypto.

Namun, karena menggunakan platform exchange ada beberapa hal yang harus diketahui agar transaksi crypto bisa berjalan dengan cepat dan aman. Inilah beberapa cara transaksi crypto agar tidak gagal.

1. Pastikan akun sudah di verifikasi dan sudah deposit

Kedua hal ini penting dilakukan sebelum anda melakukan pengiriman aset crypto. Sebab ketika anda belum terverifikasi dan deposit, anda tidak bisa bertransaksi pada aset crypto anda di platform exchange tersebut

2. Waktu Pengiriman

Meski dikatakan cepat, bertransaksi crypto dengan teknologi blockchain juga memerlukan waktu untuk memproses data tersebut. Biasanya waktu yang wajar dalam pengiriman cryptocurrency adalah 5-10 menit. Namun, untuk Bitcoin waktu yang wajar dalam mengirimkan aset bitcoin adalah 30 menit paling lama.

3. Kirim Sesuai Wallet Crypto-nya

Cara transaksi crypto agar tidak gagal yang ketiga adalah kirimkan jenis crypto sesuai dengan wallet crypto-nya. Dalam pengiriman crypto, jenis dan wallet harus anda perhatikan, apakah crypto tersebut berada dalam satu platform yang sama atau tidak.

Contohnya seperti jenis cryptocurrency rupiah token (IDRT), tether (USDT) dan Ethereum (ETH) berada pada satu wallet platform sehingga bisa saling mengirim. Namun, hal ini kembali lagi pada kebijakan masing-masing platform exchange.

Nah itulah beberapa cara agar transaksi crypto di platform exchange tidak gagal, sehingga anda dapat bisa bertransaksi dengan nyaman. Jika masih menemui kendala, anda bisa menghubungi layanan konsumen platform exchange tersebut. Jika anda mencari platform exchange yang terpercaya dan sudah mendapatkan izin resmi dari pemerintah Indonesia, Tokocyrpto-lah jawabanya!