Simak Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan BSC Farm!

0
474
Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan-min
Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan-min

Seperti yang kita tahu, awal tahun 2020 beberapa aset kripto menjadi perbincangan hangat di media sosial khususnya Twitter karena kenaikan harganya yang sangat signifikan. Kenaikan tren bitcoin inilah yang menyebabkan banyaknya pilihan-pilihan baru bermunculan agar Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah. Salah satunya adalah BSC Farm.

Wah, tren apa lagi sih ini? Yuk, simak selengkapnya!

Analogi Sederhana Yield Farming

Selain berinvestasi dan mendapat penghasilan tambahan melalui aset kripto yang sedang mengalami tren kenaikan seperti bitcoin dan ethereum, Anda bisa memperoleh pendapatan pasif melalui Yield Farming.

Sebelum mengenal Yield Farming lebih dalam, mari kita mulai dari analogi sederhana, yuk!

Bank merupakan pihak yang memberi kewenangan untuk memberi pinjaman. Nasabah yang meminjam dana kepada bank diharuskan mengembalikan dana tersebut bersama dengan bunga yang telah ditetapkan.

Lalu sebaliknya, apabila nasabah membuka deposito atau tabungan pada suatu bank, nasabah akan mendapat bunga atau interest dari bank sebagai imbalan.

Nah, konsep ini juga diadaptasi oleh DeFi. Akan tetapi, perbedaan yang mendasarinya adalah DeFi tidak memiliki perantara (contohnya adalah bank). Dalam DeFi, peran bank digantikan oleh teknologi smart contract yang ada di dalam protokol blockchain.

Mengenal Yield Farming

Yield Farming disebut juga sebagai penambangan likuiditas (liquidity mining) yaitu cara untuk menghasilkan rewards atau hadiah dengan kepemilikan aset kripto. Dengan kata lain, Anda bisa mendapat aset kripto dengan aset kripto yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Melalui yield farming Anda bisa mendapat rewards berupa kepemilikan aset kripto menggunakan protokol likuiditas yang bersifat permission less atau tanpa izin. Hal ini tentu membuat siapa saja bisa memperoleh pendapatan pasif menggunakan ekosistem terdesentralisasi yang dibagun di atas jaringan Ethereum.

Cara Kerja Yield Farming

Pertama-tama, dalam Yield Farming terdapat dua pihak, yaitu Liquidity Providers (penyedia likuiditas) dan Liquidity Pools (kumpulan Likuiditas).

Liquidity Providers berperan sebagai pemilik aset kripto yang menyimpan dananya pada Liquidity Pools. Maka, Liquidity Pools sendiri adalah sebuah tempat di mana pengguna dapat meminjamkan asetnya kepada pengguna lain, meminjam aset dari pengguna lain, atau menukarkan aset tersebut kepada token ERC-20 (token yang berjalan di jaringan Ethereum).

Nantinya, peminjam aset akan dikenakan biaya tertentu yang akan dibayarkan kepada Liquidity Providers sesuai dengan bagian yang diberikan pada Liquidity Pools. Bisa disimpulkan, keuntungan yang diperoleh Liquidity Providers berasal dari aset yang mereka pinjamkan kepada Liquidity Pools.

Untuk mengetahui bagaimana menghitung return Yield Farming, silakan baca di sini, ya!

BSC Farm

Nah, kalau BSC Farm itu apa, ya?

Pertama-tama, BSC atau Binance Smart Chain merupakan blockchain yang beroperasi di mainnet (perusahaan blockchain yang memiliki blockchain-nya sendiri dan tidak berjalan di jaringan lain). BSC ini memungkinkan pembuatan smart contract untuk token pada blockchain yang diasosiasikan dengan Binance.

BSC Farm sendiri merupakan proyek Yield Farming pada jaringan BSC yang mempunyai misi khusus yaitu menjadi proyek DeFi yang paling lengkap, akurat, dan terpercaya. BSC Farm juga dapat diartikan sebagai produk yang diciptakan oleh BSC dan memiliki fungsi sebagai penampungan koin dan token-token yang terdapat pada ekosistem BSC.

Nantinya, pengguna dapat melakukan transaksi, menggadaikan aset kripto yang dimilikinya, atau bahkan meminjamkan aset kripto ke berbagai token/koin yang beredar di BSC melalui BSC Farm sebagai pihak terpercaya.

Penghasilan Tambahan dengan BSC Farm

Dapat disimpulkan bahwa, BSC Farm memiliki konsep dasar yang sama dengan yield farming namun berjalan pada jaringan BSC. Jika Anda sebagai pemegang aset kripto yang ingin mengetahui cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan menggunakan aset kripto yang sudah dimiliki, maka BSC Farm ini bisa Anda coba.

Oh iya, jangan lupa untuk mengedukasi diri dan melakukan riset sebelum memutuskan metode dan strategi yang paling tepat untuk Anda, ya!

More Surprise From Tokocrypto!

Yep, sebentar lagi Tokocrypto akan merilis Toko Token yang dibangun di atas Smart Contract BSC (Binance Smart Chain) program lho! Nantikan kejutan dari Tokocrypto dan pantengin instagram Tokocrypto biar gak ketinggalan update terbaru, ya!