Connect with us

NFT

Kenalan dengan Decentraland, Salah Satu Proyek Metaverse

Published

on

logo decentraland

Belakangan ini, kata ‘metaverse’ semakin sering terdengar di berbagai platform, mulai dari digital hingga yang nondigital sekalipun. Sudahkah Anda paham tentang apa itu metaverse? Jika belum, metaverse adalah dunia realitas virtual yang dihuni oleh banyak orang dalam bentuk avatar. Di metaverse, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti halnya dalam dunia nyata, misalnya rapat rutin dengan kolega perusahaan, membeli baju, berinvestasi, dan sebagainya. Salah satu proyek metaverse yang saat ini cukup santer terdengar yaitu Decentraland. 

Lantas, mengapa proyek ini istimewa dibandingkan proyek metaverse lainnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu Decentraland?

getting startend in decentraland

Source: https://www.coindesk.com/learn/getting-started-in-decentraland/

Decentraland adalah platform 3D VR yang berjalan di dalam jaringan blockchain Ethereum. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Sebagai salah satu proyek metaverse yang memungkinkan para penggunanya untuk melangsungkan berbagai kegiatan dalam dunia nyata, seperti membeli lahan, menciptakan identitas virtual, dan sebagainya.

Platform yang mengedepankan konsep desentralisasi ini diluncurkan pada tahun 2015 oleh Esteban Ordano dan Ariel Meilich di bawah naungan The Decentraland Foundation. Seiring perkembangannya, tim di balik proyek ini juga meluncurkan Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang memungkinkan para penggunanya untuk ikut serta dalam “mengatur” proyek metaverse satu ini.

Apa Yang Membuat Decentraland Istimewa?

Sebagai salah satu realisasi proyek metaverse, Decentraland punya tempat istimewa di hati para penggunanya. Selain karena perkembangannya yang semula hanya berupa perdagangan aset real estate virtual dan kini semakin interaktif lewat berbagai fitur yang tersedia bagi pengguna, Menjadikan salah satu platform yang punya track record pertumbuhan cukup mengagumkan.

Mengutip Capital.com, per 6 Desember 2021 lalu, kapitalisasi pasar yang telah mencapai angka 6,8 USD. Pertumbuhan penjualan NFT (Non-fungible Token) selama 30 hari terakhir juga disampaikan berhasil naik sebesar 417 persen menjadi 41,5 juta USD. Jumlah yang mengagumkan, bukan?

Advertisement

Selain pertumbuhan angka transaksi, perkembangan platform ini juga bisa menjadikannya semakin spesial. Pasalnya, proyek ini merupakan platform 3D VR pertama yang memungkinkan para pemilik lahan untuk menjalin komunikasi dengan calon pembeli atau pemilik lahan berikutnya yang menjadikan proyek metaverse ini semakin interaktif.

Bagaimana cara kerja Decentraland?

Sebagai pengguna, Anda bisa mulai dengan membuat identitas virtual lewat avatar, membeli pakaian yang sesuai, sebelum akhirnya berwisata di dunia virtual ini. Anda bisa membeli sepetak lahan (LAND) sebagai permulaan dan mendapatkan hak sepenuhnya atas tanah tersebut. Sama seperti di kehidupan sebenarnya, lahan yang sudah Anda beli pun bisa didirikan bangunan. Anda pun bisa lho memiliki beberapa LAND yang disebut dengan ESTATE.

pembuatan avatar

Source: https://www.coindesk.com/learn/getting-started-in-decentraland/

Dari sana, Anda bisa mengadakan konser musik atau pameran kesenian dengan menjual tiketnya dalam platform yang sama. Umumnya, para pengguna berlomba-lomba mempercantik LAND miliknya agar bisa mengundang banyak pengunjung. 

Namun, jika Anda ingin menjual atau menyewakan LAND kepemain lain, juga bisa kok! Dengan demikian, Anda dapat menghasilkan uang seperti ketika Anda bekerja di dunia nyata. Bedanya, alat jual-belinya menggunakan aset kripto yang lebih dikenal dengan sebutan “MANA”. 

Baca juga: 5 Kripto Metaverse Terbesar Saat Ini

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, Decentraland pun dibagi ke dalam beberapa wilayah, yaitu: 

  1. LAND

Pertama, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di LAND. LAND adalah tempat Anda melakukan berbagai macam aktivitas. Anda bisa membeli lahan, berkomunikasi dengan para pemilik lahan, mengadakan konser musik, dan sebagainya. LAND yang tersedia  pun terbatas jumlahnya, yaitu hanya 90.601 saja. Mengutip Business Insider, harga LAND termurah saat ini senilai 11000 USD.

  1. Distrik

Sementara itu, terdapat pula wilayah yang disebut distrik. Distrik adalah wilayah yang menggandeng para seniman dari berbagai bidang, untuk membangun toko baju, acara peragaan busana, dan sebagainya. Mudahnya, distrik adalah beberapa LAND yang bergerak sesuai dengan industri dan temanya masing-masing, mulai dari Vegas City, Dragon City, hingga Fashion Street. Fashion Street menjadi salah satu distrik terlaris.

  1. Plaza

Selain itu, Decentraland juga memiliki sebuah tempat berupa LAND yang tidak diperjualbelikan dan dijadikan tempat bagi para pemain untuk berkumpul yang dikenal dengan sebutan Plaza. Dikarenakan berperan sebagai main lobby, Plaza memang ada bukan untuk dijual, dibeli, hingga dihilangkan dari platform.

  1. DAO

Terakhir, ada DAO, manajemen yang memungkinkan pengguna untuk memiliki hak suara guna mengembangkan platform ini. Menariknya, DAO telah dipersenjatai dengan teknologi smart contract, sama seperti berbagai items yang dijual dalam jaringan blockchain. Syarat yang harus Anda penuhi adalah Anda mengantongi sejumlah koin wMANA untuk satu hak suara, atau memiliki LAND dan ESTATE untuk 2.000 unit hak suara.

Lalu, bagaimana cara jual-beli aset Decentraland?

Advertisement

Bagaimana Cara Jual-Beli Aset di Decentraland?

Jangan khawatir, karena Anda bisa menjual dan membeli aset dalam game dengan mengunjungi marketplace resmi Decentraland. Selayaknya marketplace NFT pada umumnya, di marketplace ini Anda bisa menjual, membeli, hingga bertukar aset. Mulai dari LAND, kostum untuk avatar, username, hingga peralatan serta perabotan yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik LAND yang Anda punya. Perlu diingat, setiap aset yang Anda miliki merupakan NFT, ya, jadi Anda adalah pemilik aset tersebut seutuhnya.

decentraland marketplace

Source: https://market.decentraland.org/

Baca juga: Apa itu The Sandbox Game? Simak Selengkapnya Disini

Manfaat token MANA

token mana

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Decentraland dijalankan dengan menggunakan koin MANA atau yang juga dikenal dengan sebutan utility token. Jadi, jika Anda tertarik bergabung, pastikan Anda memiliki sejumlah token MANA terlebih dahulu di wallet Anda, ya. Sebab, Anda hanya bisa melakukan transaksi jual beli dalam dunia realitas virtual Decentraland ini menggunakan MANA. 

Selain menjadi koin yang dipakai untuk bertransaksi disini, koin MANA juga bisa menjadi salah satu aset investasi Anda. Pasalnya, harga koin ini juga pernah mengalami kenaikan hingga 500 persen beberapa saat setelah Facebook mulai mengganti nama perusahaannya menjadi Meta.

Per tanggal 13 Mei 2022, tercatat harga MANA per kepingnya adalah 1.11 USD atau sekitar Rp16.255,95. Volume perdagangan yang dicatat oleh MANA dalam 24 jam terakhir sebesar 1,139,199,575. Angka ini menunjukkan tren positif setelah seminggu ke belakang MANA sedang kembali bangkit dari keterpurukannya.

Jadi, itulah penjelasan mengenai Decentraland, proyek Metaverse yang menarik dan sangat potensial. Anda bisa mulai mencoba bergabung di dunia realitas virtual ini dengan membeli koin MANA di Tokocrypto, ya. Jika Anda masih ingin menyelami seluk-beluk dunia NFT, Anda bisa langsung gabung di TokoMall. Ikuti juga informasi selengkapnya seputar NFT di komunitas TokoMall di Discord dan Telegram!

Popular