Connect with us

Altcoin News

Stablecoin Berbasis Cardano Siap Rilis, Harga ADA Bakal Naik?

Published

on

Ilustrasi Cardano. Sumber: Pixabay.

Pengembang stablecoin Djed yang berbasis blockchain Cardano telah mengungkapkan waktu perilisannya yang diperkirakan terjadi pada pekan depan atau awal Februari. Hal ini kabarnya akan meningkatkan harga ADA, benarkah?

Dalam posting blog, perusahaan pengembang Djed, COTI Network mengatakan bahwa stablecoin berbasis Cardano tersebut dijadwalkan meluncur dalam waktu dekat. Menurut para pengembang, satu-satunya hal yang menghalangi peluncuran Djed adalah proses sinkronisasi rantai indeks, yang menurut mereka sudah setengah jalan.

“Kami memulai proses sinkronisasi indeks rantai. Proses ini mungkin memerlukan waktu 14 hari, dan saat kami memulai sinkronisasi seminggu yang lalu, kami berharap dapat menyelesaikannya minggu depan dan siap untuk diluncurkan. Sampai saat ini, ini adalah satu-satunya kendala teknis yang menghambat peluncuran,” jelasnya.

Babak Baru DeFi

Baca juga: Token Kripto Aptos (APT) Capai Harga Tertinggi Sepanjang Masa

Peluncuran Djed disertai dengan ekspektasi yang tinggi karena stablecoin belum ada di ekosistem Cardano sejauh ini. Stablecoin sangat penting untuk menerapkan strategi dengan biaya rendah, terutama di bidang keuangan terdesentralisasi (DeFi). Stablecoin ini diharapkan mendorong pertumbuhan dan kasus penggunaan baru di ruang DeFi yang sedang berkembang di ekosistem Cardano.

Djed juga memasuki pasar kripto di mana stablecoin menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir. Dalam 10 aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, tidak kurang dari tiga stablecoin, Tether (USDT), USD Coin (USDC), dan Binance USD (BUSD), yang dipatok 1:1 terhadap dolar AS dan didukung oleh berbagai bentuk cadangan uang fiat.

Stablecoin berbasis Cardano, di sisi lain, dirancang untuk memastikan stabilitas harganya melalui cadangan di ADA. Awalnya, tim menyebutnya sebagai stablecoin algoritmik tetapi telah menghapus kata-kata itu – mungkin mengingat kenangan buruk tentang Terra Luna dan stablecoin algoritmiknya UST, yang didukung oleh BTC.

Advertisement

COTI menyebut Djed sebagai stablecoin overcollateralized, yang cakupannya di ADA setidaknya empat kali lipat dari yang dikeluarkan Djed. Dengan ini, stablecoin Cardano menunjukkan kesamaan tertentu dengan ekosistem Tron (TRX), di mana stablecoin USDD yang overcollateralized berbasis.

Harga ADA Naik?

Ilustrasi aset kripto Cardano (ADA).

Baca juga: 3 Prediksi Teratas Harga Bitcoin untuk Tahun 2023, Bakal Naik?

Jika konsep Djed berhasil, stablecoin dapat meningkatkan ekosistem DeFi Cardano secara besar-besaran. Namun, Djed harus lulus uji lapangan terlebih dahulu. Selain potensi yang sangat besar, ada juga risiko kegagalan yang mirip dengan UST milik Terra. Ini dapat sangat merusak ekosistem Cardano dan harga ADA.

Tapi jika Djed berhasil, itu bisa memberi dorongan besar bagi ADA. Melihat grafik 1 hari Cardano menunjukkan bahwa harga telah menembus tren turun delapan bulan dan berhasil menangani pengujian ulang pada pertengahan Januari.

Target harga utama berikutnya adalah zona resistance di sekitar US$ 0,41, yang telah berfungsi sebagai support untuk waktu yang lama. Jika resistensi ini turun, US$ 0,75 akan menjadi target berikutnya sebelum US$ 1 dapat diraih.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular