Connect with us

Bitcoin News

Pakar: Bitcoin Akan Selamat dari Kegagalan Perusahaan Kripto Manapun

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Runtuhnya FTX telah memicu penurunan harga Bitcoin yang mencolok, tetapi itu sama sekali tidak berarti bahwa BTC dapat dihancurkan oleh perusahaan kripto yang gagal.

Pendukung Bitcoin dan CEO JAN3, Samson Mow melihat industri aset kripto masih melihat gelombang penularan FTX, dan kemungkinan akan menghadapi lebih banyak crash serupa dalam waktu dekat.

Menurut Mow, penularan FTX dapat menjadi bagian dari keruntuhan ekosistem Terra, yang menyebabkan efek domino pada industri termasuk pemberi pinjaman kripto besar seperti Celcius dan Voyager.

“Lebih banyak hal seperti ini akan terus terjadi di ruang crypto karena semua proyek ini adalah rumah kartu yang tidak berharga,” prediksi Mow dalam sebuah wawancara dengan Cointelegraph. Dia menambahkan bahwa kegagalan FTX “mudah dilihat” karena hubungan FTX dengan Alameda.

Iustrasi aset kripto Bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Drama Krisis FTX dan Genesis ke Market Kripto

Kredibilitas Perusahaan kripto

Mow juga berpendapat bahwa upaya industri untuk membuktikan kredibilitas -termasuk exchange yang semakin banyak mengeluarkan bukti cadangan- tidak berarti banyak kecuali mereka membuktikan kewajiban. “Sistem apa pun yang dapat dimainkan, akan dimainkan,” dinyatakan, mengacu pada pemain yang memalsukan cadangan mereka dengan mengocok dana satu sama lain sebelum memberikan bukti.

“Maka Anda harus mempertimbangkan sisi fiat –yang memerlukan audit, tetapi itu mungkin juga tidak berguna karena FTX juga memiliki auditor,” katanya.

Karena penularan FTX terus menyebar ke seluruh industri, orang dapat mengharapkan skenario terburuk untuk beberapa perusahaan kripto terbesar di dunia.

Advertisement
bentuk koin bitcoin
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: JP Morgan Resmi Daftarkan Merek Dagang untuk Layanan Wallet Kripto

Bitcoin Kuat

Menanggapi pertanyaan apakah Bitcoin akan selamat dari peristiwa hipotetis di mana raksasa kripto seperti Tether atau Binance runtuh, Mow menyatakan keyakinannya bahwa Bitcoin dirancang untuk mengatasi masalah apa pun, dengan menyatakan:

“Bitcoin akan mengatasi masalah apa pun hanya karena desainnya dan kebutuhan uang sehat yang tak terbantahkan dalam peradaban manusia. Kegagalan raksasa manapun hanya akan menjadi kemunduran sementara, sama seperti dampak Mt.Gox tidak lagi relevan,” ungkapnya.

Meskipun kemungkinan membuat industri crypto mundur beberapa tahun, keruntuhan FTX telah melakukan “keajaiban” bagi industri Bitcoin dalam hal adopsi yang berkembang dari self-custody dan hardware wallets.

Popular