Connect with us

Academy

Apa Itu NFT dan Kenapa Kian Populer

Published

on

Ilustrasi NFT bisa dorong ekonomi digital RI.

NFT yang merupakan singkatan dari non-fungible token menjadi salah satu instrumen investasi yang kian diminati. Popularitas kripto di beragam belahan dunia turut mendorong hadirnya NFT menjadi sebuah aset unik yang memiliki nilai yang tinggi.

Sebelum melangkah jauh, kita harus memahami apa itu NFT dan bagaimana jenis aset ini berpotensi mendatangkan cuan bagi kita.

Sudah disebutkan di atas bahwa NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Kunci dari NFT terdapat pada kata non-fungible. Fungible memiliki arti nilai suatu aset bisa tergantikan dengan benda lain yang memiliki satuan yang sama.

Berbeda dengan aset seperti mata uang atau aset kripto lainnya seperti Bitcoin dan Etherum yang semuanya bersifat fungible, alias bisa digantikan dengan aset lain dengan nilai satuan yang sama.

Baca Juga: Jangan Kaget! Ini 5 NFT Termahal Yang Pernah Ada

Yuk kita ambil contoh, satu unit iPhone 12 Pro Max semisal dijual di e-commerce dengan harga Rp 30 juta. Untuk membelinya kita bisa membayarkannya dengan mata uang rupiah, bisa juga dengan aset kripto. Katakan pada artikel ini ditulis Rp 30 juta setara dengan 0,047 bitcoin.

Advertisement

Sementara nilai 1 aset NFT yang dibeli dengan harga Rp 30 juta tidak bisa disamakan dengan sebuah iPhone 12 Pro Max dengan harga yang sama. Kenapa? karena sifat NFT yang merupakan non-fungible, alias tidak bisa tergantikan.

Baca Juga: Tokocrypto Agresif Dukung Pengembangan Industri Digital Kreatif di Indonesia melalui NFT Marketplace, TokoMall

Unik dan Ekslusif

Setiap NFT memiliki keunikan dan mengandung detail informasi kepemilikan. Oleh sebabnya saat ini banyak NFT baru bisa digunakan dalam benda-benda yang biasa dimiliki oleh manusia. Seperti lukisan, kartu, benda langka atau benda-benda digital.

Tentunya kita masih ingat bahwa tweet pertama dari pendiri Twitter Jack Dorsey dibuat dalam bentuk NFT dan laku dijual dengan nilai US$ 2,5 juta.

Salah satu keunikan dari NFT adalah untuk satu aset hanya akan ada satu di dunia. Sisi eksklusif ini tentunya memiliki daya tarik khusus bagi para kolektor. Persis seperti barang-barang unik yang biasa dicari dan direbutkan oleh para kolektor.

Saat ini mekanisme pembelian aset NFT umumnya dilakukan dengan cara melelangnya di sebuah website. Cara ini disebut sebagai suatu cara yang paling efektif untuk memiliki aset digital tersebut.

Advertisement

Kebanyakan NFT dibangun di atas Ethereum blockchain, sehingga menjamin bukti kepemilikan, riwayat perpindahan NFT akan selamanya tercatat di Blockchain.

Pelajari juga tentang sejarah NFT, smart contract dan teknologi NFT dalam video ini:

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular