Connect with us

Altcoin News

Tokocrypto Market Signal 23 Februari 2022: Pasar Kripto Tertekan Buat BTC & ETH Lemah

Published

on

Ilustrasi daftar 5 aset kripto bullish dan bearish pekan keempat Februari 2022.

Pasar kripto terus alami tekanan pada pekan terakhir bulan Februari 2022. Tampaknya siklus yang menyatakan Februari adalah bulan yang baik untuk market kripto terpatahkan untuk tahun ini.

Dalam jangka pendek, pasar crypto kemungkinan akan dipengaruhi oleh perkembangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina, isyarat dari Federal Reserve AS untuk pengetatan kebijakan moneter hingga stigma kinerja aset yang dianggap terlalu berisiko.

“Penurunan pasar crypto secara keseluruhan saat ini dapat dilihat sebagai reaksi spontan terhadap meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia. Jika ada perang antara dua hub crypto terbesar di dunia, itu bisa meningkatkan tingkat hash Bitcoin, dan ketakutan ini membuat pasar crypto tetap waspada,” kata Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.

Investor masih akan melindungi portofolio aset mereka terhadap penurunan harga lebih lanjut. Investor harus lebih cermat untuk aksi jual-beli mereka. Oleh karena itu, Tokocrypto Market Signal pekan ini hadir untuk memberikan referensi dalam melihat sejumlah kripto yang berpotensi bergerak naik dan juga mengarah sebaliknya.

 

Daftar 5 Aset Kripto Bullish

1. Chromia (CHR)

Ilustrasi Chromia (CHR).

Ilustrasi Chromia (CHR).

Chromia (CHR) adalah token cryptocurrency dan beroperasi pada platform Ethereum. CHR sempat melonjak lebih dari 4.900% pada tahun 2021, didukung oleh melonjaknya popularitas aplikasi terdesentralisasi (DApps), Non-Fungible Token (NFT), dan game play-to-earn berbasis blockchain.

Afid melihat CHR pekan ini akan berpotensi bullish disebabkan oleh proyek RPG Gaming Multiverse, Chain of Alliance telah mengumumkan niatnya untuk meluncurkan public beta di testnet Chromia pada 28 Februari 2022 mendatang.

“Chain of Alliance adalah RPG Gaming Multiverse yang dibangun di atas token Chromia. Baru-baru ini mereka dapat investasi awal $ 2,4 juta dan segera meluncurkan testnet publik yang bisa meningkatkan sentimen positifnya,” kata Afid.

Advertisement

Peringkat CHR di CoinMarketCap saat ini adalah #184, dengan kapitalisasi pasar US$ 222.096.076. Pasokan yang beredar 567.369.439 koin CHR dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin CHR.

 

2. Horizen (ZEN)

Ilustrasi Horizen (ZEN).

Ilustrasi Horizen (ZEN).

Horizen, sebelumnya dikenal sebagai ZenCash, adalah platform terdesentralisasi dan skalabel yang berfokus pada penyediaan bisnis dan pengembang dengan cara yang cepat dan terjangkau untuk membangun blockchain dan DApps mereka sendiri. ZEN adalah aset digital asli Horizen.

Menurut Afid, ZEN berpeluang bullish dipicu oleh developer mereka yang membagikan roadmap update dengan sejumlah kegiatan dan fitur baru untuk diluncurkan pada tahun 2022 ini.

“Terdekat ZEN akan meluncurkan Tokenization Platform V1 pada 28 Februari mendatang. Platform ini akan sangat membantu pengembangan project yang berjalan di atas jaringan ZEN,” ungkap Afid.

Peringkat ZEN di CoinMarketCap saat ini adalah #131, dengan kapitalisasi pasar US$ 423.633.560. Pasokan yang beredar 12.095.263 koin ZEN dan maksimal pasokan 21.000.000 koin ZEN.

Baca juga: 8 Cara Mudah Cuan dari Kripto

3. Polkastarter (POLS)

Ilustrasi Polkastarter (POLS).

Ilustrasi Polkastarter (POLS).

Polkastarter adalah platform blockchain yang dirancang untuk menyediakan landasan peluncuran yang mudah digunakan untuk kumpulan token dan lelang lintas blockchain. Ini paling sering digunakan oleh proyek-proyek blockchain tahap awal yang ingin meningkatkan modal dan dengan mudah mendistribusikan token mereka pada saat yang bersamaan. 

POLS adalah token utilitas asli dari platform Polkastarter dan memainkan sejumlah peran dalam ekosistemnya. POLS berpotensi bullish karena akan melakukan IDO (Initial dex offering) untuk game Mecha Morphing yang menggunakan jaringan POLS.

Advertisement

Game strategi pertempuran, Mecha Morphing sebelumnya telah melakukan testnet ke-2 dan tampaknya sukses. Kemudian, Polkastarter akan melakukan IDO pada 28 Februari sebagai proses dukungan pengembangan game tersebut,” tutur Afid.

Peringkat POLS di CoinMarketCap saat ini adalah #323, dengan kapitalisasi pasar US$ 124.522.098. Pasokan yang beredar 88.221.432 koin POLS dan maksimal pasokan tidak tersedia.

 

4. BitTorrent chain (BTTC)

Ilustrasi BitTorrent Chain (BTTC).

Ilustrasi BitTorrent Chain (BTTC).

BitTorrent Chain (BTTC) adalah protokol interoperabilitas lintas rantai heterogen pertama yang dibangun di atas TRON, dikembangkan bersama oleh tim inti BitTorrent dan TRON. Kripto BTT akan menjadi BTTC setelah redenominasi kripto BitTorrent (BTT) dijadwalkan tuntas pada 12 Februari 2022. Semua pemegang kripto BTT wajib menukarnya menjadi versi baru, kelak bersimbol BTTC.

BTTC akan berpotensi bullish pekan ini akibat peluncuran BTFS 2.0 Mainnet yang dijadwalkan pada 22 Februari 2022. “Informasi mengenai rencana airdrop selama masa transisi dari BTFS 1.0 ke BTFS 2.0 meningkatkan sentimen positif pada BTTC, sehingga investor banyak tertarik untuk meng-hodl token tersebut,” kata Afid.

Peringkat BTTC di CoinMarketCap saat ini adalah #53, dengan kapitalisasi pasar US$ 1.803.194.718. Pasokan yang beredar 932.497.500.000.000 koin BTTC dan maksimal pasokan tidak tersedia.

 

5. Ontology (ONT)

Ilustrasi Ontology (ONT).

Ilustrasi Ontology (ONT).

Ontology (ONT) adalah blockchain open source yang mengkhususkan diri dalam project data digital. Infrastruktur unik Ontology mendukung kolaborasi lintas blockchain yang kuat dan skalabilitas Layer 2. 

Ontology dirancang untuk memecahkan masalah sebagian besar bisnis yang ingin membuat dan melaksanakan smart contract. Perusahaan yang menggunakan teknologi Ontology bisa menghemat waktu dan biaya untuk membuat smart contract dalam skala besar.

Advertisement

“ONT akan melakukan Mainnet upgrade pada 28 februari 2022 untuk meningkatkan transaksi dan pencatatan data di jaringan blockchain. Berita ini disambut baik oleh investor yang memegang ONT, sehingga memberikan sentimen positif dan mungkin menaikan nilainnya,” kata Afid.

Peringkat ONT di CoinMarketCap saat ini adalah #128, dengan kapitalisasi pasar US$ 435.905.982. Pasokan yang beredar 875.249.524 koin ONT dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin ONT.

Baca juga: Digandeng Game Blockchain, Persib Siap Masuk Dunia Crypto

Daftar 5 Aset Kripto Bearish

1. Bitcoin (BTC)

Ilustrasi Bitcoin (BTC).

Ilustrasi Bitcoin (BTC).

Pada pekan ini masih terdapat banyak kripto berkapitalisasi besar atau big cap yang berpotensi bearish, seperti Bitcoin (BTC). Harga Bitcoin telah sempat drop di bawah level support kuatnya di $39.600. Angka ini merupakan penurunan tertinggi sejak November tahun lalu.

Menurut Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, pada pekan ini pergerakan BTC berpotensi menurun setelah terkoreksi di area level harga $37.000-$39.000. Penurunan bisa mencapai 12 persen.

“Bitcoin masih akan terus turun, namun akan sedikit terkoreksi terlebih dahulu. Penurunannya, jika dilihat dari teknikal analisis bisa mencapai 12 persen. Bitcoin berpeluang turun di kisaran harga $ 32.000,” kata Afid.

Peringkat BTC di CoinMarketCap saat ini adalah #1, dengan kapitalisasi pasar US$ 791.730.821.444. Pasokan yang beredar 18.925.843 koin BTC dan maksimal pasokan 21.000.000 koin BTC.

 

Advertisement

2. Ethereum (ETH)

Ilustrasi Ethereum (ETH).

Ilustrasi Ethereum (ETH).

Tidak berbeda jauh dengan Bitcoin, Ethereum juga masih berpotensi bearish. Afid melihat ETH dalam fase pemulihan yang tersendat. ETH sempat menembus dan ditutup di bawah level support kritis di $2,652 pada 20 Februari lalu.

“Tetapi investor tidak dapat memanfaatkan situasi tersebut. Ini menunjukkan pembelian yang kuat di level yang lebih rendah. Harga rebound tajam pada 21 Februari. Pekan ini kemungkinan masih akan turun sekitar 15 persen hingga di kisaran harga $ 2.285,” sebut Afid.

Peringkat ETH di CoinMarketCap saat ini adalah #1, dengan kapitalisasi pasar US$ 791.730.821.444. Pasokan yang beredar 18.925.843 koin ETH dan maksimal pasokan 21.000.000 koin BTC.

 

3. Bitcoin UP (BTCUP)

Ilustrasi Bitcoin UP (BTCUP).

Ilustrasi Bitcoin UP (BTCUP).

Bitcoin UP (BTCUP) berpeluang mengalami penurunan pada pekan terakhir Februari 2022 ini. Menurutnya kondisi market kripto sekarang turut berpengaruh negatif pada BTCUP.

“Pergerakan BTCUP sudah menunjukan pola reverse cup and handle. Grafiknya menunjukkan sinyal bearish yang mengindikasikan tren penurunan harga. Ketika harga BTCUP tembus level bawah dari pegangan cangkir, keadaan ini merupakan sinyal bagi trader untuk keluar dari posisi long dan memasuki posisi short,” kata Afid.

BTCUP bertujuan untuk menghasilkan keuntungan berlipat kali ketika harga Bitcoin naik. Sedangkan BTCDOWN bertujuan memberikan keuntungan berlipat kali ketika harga Bitcoin turun. Jumlah keuntungan yang berlipat kali ini ditetapkan di antara 1,25x dan 4x.

Peringkat BTCUP di CoinMarketCap saat ini adalah #2936, dengan kapitalisasi pasar US$ 4.206.430. Jumlah koin yang beredar dan maksimal pasokannya tidak tersedia.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Faktor yang Buat Harga Aset Kripto Berubah

Advertisement

4. Terra (LUNA)

Ilustrasi Terra (LUNA).

Ilustrasi Terra (LUNA).

Terra adalah sebuah blockchain yang dibangun dengan tujuan menciptakan ekosistem pembayaran digital yang terdesentralisasi menggunakan aset kripto stablecoin, LUNA. Di penghujung tahun 2021, nilai LUNA sempat melonjak hingga mencapai Rp 1,2 juta dan berhasil menyalip Dogecoin. Namun, LUNA pekan ini berpotensi bearish.

“Sama seperti BTCDOWN, LUNA udah menunjukan pola reverse cup and handle. Ada kemungkinan nilai akan terus turun. Penurunannya bisa sekitar 13 persen di kisaran harga $ 48,” kata Afid.

Peringkat LUNA di CoinMarketCap saat ini adalah #9, dengan kapitalisasi pasar US$ 21.678.363.915. Pasokan yang beredar 386.681.821 koin LUNA dan maksimal pasokan tidak tersedia.

 

5. API3 (API3)

Ilustrasi API3 (API3).

Ilustrasi API3 (API3).

API3 adalah token Ethereum yang digunakan untuk mendukung project API3 yang dapat masuk staking untuk menerima reward dan berfungsi sebagai jaminan untuk menjamin keamanan dalam jaringan. 

“Token API3 memiliki sentimen negatif untuk masuk fase bearish. Meski akan sedikit koreksi, tapi ada kemungkinan turun dari nilai sekarang, Selasa (23/2) $ 7 ke $ 5,” kata Afid.

Peringkat API3 di CoinMarketCap saat ini adalah #9, dengan kapitalisasi pasar US$ 291.199.472. Pasokan yang beredar 36.907.810 koin API3 dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Disclaimer:

Konten ini bersifat informatif, bukan ajakan/anjuran membeli dan atau menjual aset kripto. Segala bentuk perdagangan aset kripto ditanggung pelanggan dengan segala risikonya karena merupakan keputusan pribadi. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi, baik keuntungan maupun kerugian dari perdagangan aset kripto.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular