Connect with us

Market

Inflasi AS Diumumkan Tetap Tinggi, Ini Reaksi Pasar Kripto dan Bitcoin

Published

on

market kripto bitcoin

Biro Statistik Tenaga Kerja AS telah merilis data CPI terbaru yang menunjukkan bahwa inflasi AS naik 3,7% pada bulan September, lebih besar dari perkiraan pasar. Harga Bitcoin (BTC) tetap berada di zona US$ 26.800 setelah data CPI untuk bulan September rilis.

Sementara itu, pasar keuangan global akhir-akhir ini sangat bergejolak akibat meningkatnya kekhawatiran terhadap perang Israel-Hamas dan peristiwa makroekonomi lainnya. Khususnya, industri kripto telah berjuang untuk tetap berada di wilayah positif, karena investor masih wait and see.

Para investor sangat menantikan data ekonomi utama, sebagai isyarat mengenai arah perekonomian yang akan datang. Sementara itu, data PPI terbaru , metrik inti inflasi lainnya, dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Rabu (11/10).

Data inflasi AS guncang pasar, Bitcoin dan Ethereum jatuh. Foto: Reuters.
Data inflasi AS guncang pasar, Bitcoin dan Ethereum jatuh. Foto: Reuters.

Baca juga: Dominasi Bitcoin Meningkat Lagi, Migrasi dari Altcoin ke BTC Naik!

Data PPI menunjukkan bahwa inflasi, meskipun melambat dibandingkan bulan Agustus, lebih tinggi dari perkiraan. Hal ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor, karena hal ini akan memberikan lebih banyak ruang bagi The Fed untuk mengumumkan kenaikan suku bunga lebih lanjut pada pertemuan mendatang.

Sebagian besar pejabat Fed cenderung menaikkan suku bunga lagi di akhir tahun untuk mendukung suku bunga tinggi hingga inflasi tahunan stabil di angka 2%.

Menyusul data CPI, Indeks Dolar AS naik 0,21% menjadi 105,790 pada hari Kamis. Di sisi lain, Yield Obligasi AS tenor 10 tahun di waktu yang sama menguat 0,17% menjadi 4,601.

Khususnya, CME Fed Watch Tool sekarang menunjukkan kemungkinan 92,5% bahwa The Fed akan menghentikan sementara kenaikan suku bunganya pada akhir pertemuan mendatang pada tanggal 1 November.

Advertisement

Kinerja Pasar Kripto

Pasar kripto telah berjuang untuk mempertahankan momentum positif minggu ini. Sementara itu, setelah rilis data CPI, pasar terus melanjutkan momentum penurunannya, yang menunjukkan bahwa kekhawatiran yang ada mengurangi selera taruhan risiko investor. Khususnya, Fear and Greed Index pasar kripto berada di angka 40, menunjukkan sentimen “ketakutan” atau Fear di antara para pelaku pasar.

Ilustrasi Bitcoin Fear and Greed Index pada Jumat, 13 Oktober 2023. Sumber: Alternative.me.
Ilustrasi Bitcoin Fear and Greed Index pada Jumat, 13 Oktober 2023. Sumber: Alternative.me.

Baca juga: Standard Charted Ramal Ethereum Capai Rp 125 Juta pada Tahun 2026

Pada saat penulisan, kapitalisasi pasar kripto global kehilangan 1,28% dan bertahan di US$ 1,05 triliun, sementara volumenya selama 24 jam terakhir turun 3,05% menjadi US$ 25,25 miliar. Selama 24 jam terakhir, dominasi Bitcoin anjlok 0,05% menjadi 49,99%.

Kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin memimpin kerugian di pasar yang lebih luas. Harga Bitcoin merosot 1,51% menjadi US$ 26,802.12 pada Jumat (13/10) pukul 10.00 WIB, sementara volumenya naik 1,32% menjadi US$ 12,24 miliar dari kemarin.

Di sisi lain, harga Ethereum turun 1,50% menjadi US$ 1.548.35 pada saat penulisan, dengan volumenya turun 11,96% menjadi US$ 5,05 miliar. Pada saat yang sama, harga XRP juga mengalami penurunan sebesar 1,67% menjadi US$ 0,4791, dan volume satu harinya melonjak 4,92% menjadi US$ 799,02 juta.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Advertisement

Popular