Jangan Panik! Lakukan Tips Ini Saat Harga Bitcoin Anjlok

0
541
Jangan Panik! Lakukan Tips Ini Saat Harga Bitcoin Anjlok

Baru-baru ini, harga Bitcoin anjlok, pasalnya pada minggu terakhir di Bulan Mei 2021 Bitcoin mengalami penguatan sebesar 11,33%, sehingga Bitcoin mengalami kenaikan seharga Rp 522,69 juta. Namun, baru-baru ini Bitcoin justru kembali mengalami penurunan harga. 

Tentunya, turunnya harga Bitcoin membuat sejumlah trader menjadi panik karena hal ini berpengaruh kepada aset kripto yang mereka miliki. Sebelum membahas tips yang dapat Anda lakukan ketika harga kripto anjlok. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui penurunan harga Bitcoin dan DOGE!

Penurunan Harga Bitcoin dan DOGE

Pada hari Selasa (8/6), harga Bitcoin jatuh menuju titik terendah setelah lebih dari seminggu terakhir. Berdasarkan data yang dikutip melalui CoinDesk, harga Bitcoin semula seharga $ 32.825 turun sebanyak 10,49% menjadi seharga $ 32.211, menyusul prospek perubahan kebijakan moneter Amerika Serikat serta pengetatan regulasi aset kripto di China.

Sementara itu, di saat yang bersamaan harga DOGE berada di $ 0,325488 atau turun sebanyak 13,13% jika dibandingkan dengan posisi sehari sebelumnya pada jam yang sama. Aset kripto yang berasal dari sebuah meme ini sempat terjungkal ke level $ 0,316550.

Penurunan Bitcoin dan DOGE: Hal yang Normal atau Tidak?

Terjadinya penurunan harga aset kripto yang terjadi pada Bitcoin dan DOGE baru-baru ini, merupakan hal yang normal terjadi. Pasalnya, penurunan harga aset kripto dapat disebabkan oleh banyak faktor misalnya sentimen dari orang terkenal di dunia seperti yang pernah dilakukan oleh CEO Tesla, Elon Musk pada pertengahan bulan Mei lalu.

Selain itu, beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah setempat terhadap aset kripto juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap pergerakan harga aset kripto di pasar. Penurunan harga akan menjadi semakin parah, apabila banyak trader yang ramai menjual aset kripto mereka lantaran khawatir akan mengalami kerugian yang lebih besar.

Ketika Harga Kripto Turun, Jangan Panik! Lakukan Tips Berikut

Anda tidak perlu panik ketika harga kripto turun, sebisa mungkin untuk membuat diri Anda tetap tenang dan tidak terlalu panik, agar Anda dapat berpikir untuk mencari tahu hal yang menyebabkan harga kripto menjadi turun. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tidak panik ketika harga di market sedang turun, yaitu:

  • Kuatkan Mental dan Psikologis

Ketika harga kripto turun, tentunya Anda akan merasa takut, khawatir, dan gelisah bahwa nilai aset-aset kripto akan jatuh. Sebisa mungkin Anda menguatkan kondisi psikologis setelah dirusak oleh kekhawatiran dan asumsi, maka Anda tidak akan mudah panik dan terbawa emosi. 

  • Cobalah Untuk Menggunakan Logika

Pergunakan logika Anda untuk menganalisa keadaan, Anda harus pandai dalam menyaring berita atau informasi. Hal yang wajar, jika terdapat trader yang kemakan informasi yang salah dan hanya ikut-ikutan saja tanpa menganalisis pergerakan harga aset kripto tersebut.

Ketika Anda melihat berita FUD atau rumor, cobalah untuk menanyakan kepada diri sendiri “apakah kabar ini benar adanya?”, “apakah berita ini akan mempengaruhi pasar secara signifikan?”, “apakah benar dapat terjadi dalam waktu dekat ini?”

  • Tetap pada Rencana

Anda harus tetap disiplin dalam melakukan analisis pribadi, selalu ingat tujuan dan strategi awal Anda. Karena FUD dan FOMO sering kali menjadi penyebab seseorang untuk mengikuti jejak orang lain, hal ini tentunya dapat menghilangkan kedisiplinan. 

  • Buy the Dip

Cobalah untuk melihat dari berbagai sudut pandang, memang betul jika harga kripto turun akan mempengaruhi harga jual aset kripto yang Anda miliki. Namun, di lain sisi justru dapat dijadikan sebagai peluang bagi Anda untuk menambah lagi aset kripto Anda dengan membeli aset kripto yang sedang mengalami penurunan harga. 

Keadaan market yang volatil mengharuskan Anda untuk memiliki pemahaman fundamental serta mindset yang baik, agar Anda tidak gegabah dalam mengambil keputusan serta tetap bisa berpikir rasional.

Suatu ketika, apabila Anda menjumpai harga bitcoin anjlok, Anda dapat menerapkan tips di atas. Jika Anda memilih untuk tetap melakukan Buy the Dip, bermodalkan Rp 50.000 Anda sudah dapat memulai investasi di Tokocrypto, lho. Yuk, mulai investasi di Tokocrypto!